Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Tanaman
  • Bukan Khayalan! Ada Pohon yang Bisa Hasilkan 40 Jenis Buah Loh!

rarirurerorAvatar border
TS
rarirureror
Bukan Khayalan! Ada Pohon yang Bisa Hasilkan 40 Jenis Buah Loh!


Agan Sista!

Pasti kalian suka buah kan?
Buah apa sih yang menjadi favorit kalian?

Persik?
Plum?
Aprikot?
Apel?
Ceri?
Almond?

Demi bisa memakan buah favorit kalian tanpa harus repot-repot membelinya, lebih baik kalian menanam pohon buah tersebut di halaman rumahmu kan? Nah, tapi bagaimana jika kalian memiliki banyak buah favorit namun lahan untuk menanam pohon sangatlah terbatas? Pasti kalian pernah berpikir dan berkhayal kan bisa mendapatkan semua buah kesukaan kalian hanya dengan menanam satu pohon saja.



Mungkin kalian akan berpikir kalau semua itu hanya ada dalam khayalan saja. Bagaimana tidak? Satu buah aja ada banyak jenisnya yang masing-masing jenis memiliki pohon yang berbeda. Lalu bagaimana dengan beraneka ragam buah bisa dihasilkan hanya dengan satu pohon aja? Sepertinya tidak mungkin.

Eits kata siapa? Nyatanya ada kok satu pohon yang bisa menghasilkan 40 jenis buah yang berbeda-beda. Pohon “ajaib” ini merupakan pohon hasil eksperimen Pak Sam Van Aken, seorang profesor Universitas Syracuse di Amerika Serikat yang juga seorang seniman. Melalui eksperimennya Pak Sam menciptakan sebuah pohon yang menghasilkan buah-buahan yang termasuk ke dalam kategori stone fruit. Ia mengumpulkan beberapa sample stone fruit seperti apel, ceri, plum, persik, hingga aprikot yang kemudian digabungkannya 40 jenis buah tersebu.



Pasti banyak di antara Agan dan Sista yang bingung kan bagaimana cara Pak Sam menggabungkan ke-40 jenis buah tersebut dalam satu pohon? Ternyata cara yang digunakan Pak Sam merupakan cara bercocok tanam yang umum digunakan, yaitu dengan cara mencangkok. Awalnya, Pak Sam akan memilih pohon utama terlebih dahulu. Pohon Plum yang kokoh pun jatuh sebagai pilihannya. Kemudian, Pak Sam akan mencari batang-batang pohon lain yang inging ia gabungkan dan kemudian direkatkan pada batang pohon utama, pohon plum. Ketika digabungkan, jaringan pembuluh antara pohon plum dan pohon yang ingin digabungkan akan berhubungan, sehingga pohon tersebut bisa menghasilkan variasi buah yang berbeda.

Buah yang dihasilkan oleh pohon ini bisa banyak variasinya, bahkan setiap musim buah yang dihasilkan pun berbeda-beda loh. Pohon yang diciptakan oleh Pak Sam tak hanya menghasilkan variasi buah saja, GanSis. Bentuk daun, warna, dan bungan yang dihasilkan oleh pohon ini pun beraneka ragam, GanSis. Unik dan keren ya? Ane jadi penasaran pengen lihat langsung si pohon penghasil 40 jenis buah ini.



SUMBER
tata604
rykenpb
lina.wh
lina.wh dan 4 lainnya memberi reputasi
5
3.6K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Tanaman
TanamanKASKUS Official
3.9KThread2.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.