gta007Avatar border
TS
gta007
Kisah Ali Mohamed Zaki Penemu Virus Corona
Hallooo cuy! kalian pasti udah dengar banyak tentang virus korona yang berawal dari sebuah pasar di Wuhan,Cina sampai-sampai kota berpenduduk sekitar 11juta itu diisolasi. Tapi kalau ane baca artikel dari CNN Indonesia ini virus corona awal mulanya justru terjadi di Arab Saudi. Dan penemunya  Ali Mohamed Zaki sampai dipecat gara-gara ini. Begini kisahnya.


Virus Corona 2019-nCoV dikabarkan pertama kali diidentifikasioleh ahli mikrobiologi Ali Mohamed Zaki yang bekerja sebagai dokter di Rumah Sakit Dr. Soliman Fakeeh, Arab Saudi, pada September 2019.



Jadi pada bulan tersebut Ali diminta oleh seorang dokter untuk mengidentifikasi virus di dalam tubuh seorang pasien berusia 60 tahunyang tengah dirawat karena mengalami pneumonia parah di RS Dr. Soliman Fakeeh, Juni 2019.

Dalam tes laboratorium pertama kali, Ali gagal mengidentifikasi virus tersebut. Sehingga, dia mengirim sampel virus yang dimilikinya ke laboratorium virologi Erasmus Medical Centre di Rotterdam, Belanda.

Sambil menunggu hasil EMC memeriksa, Ali mencoba kembali tes laboratorium terhadap virus itu dan hasilnya positif. Penelitian menyebut bahwa pasien terinfeksi patogen yang disebut virus Corona, sejenis SARS.

Mengetahui hal itu, Zaki lantas mengirim email ke EMC untuk mengumumkan bawah ada sebuah virus bernama Corona yang belum pernah diketahui sebelumnya.

Zaki juga mengunggah temuannya di proMED, sistem pelaporan internet yang dirancang untuk secara cepat berbagi rincian penyakit menular dan wabah untuk mengingatkan ilmuan lain. Nah inilah penyebab ia dipecat.

Karena langkah yang dilakukan oleh Zaki dianggap merugikan pemerintah Arab Saudi. Zaki dipecat dari RS tempatnya bekerja karena intervensi Kementerian Kesehatan Arab Saudi.

Quote:


Pemecatan Zaki berdampak terhadap pasien yang diambil sampel dahaknya untuk diteliti. Pasien itu meninggal 11 hari kemudian akibat gangguan pernapasan hingga kerja ginjal dan organ lainnya.emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)

Dia mendukung keputusannya untuk mengumumkan situasi bahaya kepada dunia, meskipun ada keberatan dari pejabat kesehatan Saudi. "Aku tidak yakin pada saat itu apa yang sedang terjadi. Aku tidak tahu apa yang ada di tanganku," kata Zaki.




Lebih lanjut, virus Corona meningkat sejak virus terungkap pada September 2019. Arab Saudi menyebut ada 15 orang yang terjangkit Corona di mana satu di antaranya meninggal pekan ini.

Jumlah kasus di Arab Saudi memang belum mengkhawatirkan. Namun, fakta virus Corona yang menyebar ke berbagai wilayah memicu adanya kemungkinan terburuk.


Quote:



Melansir Nature, otoritas Arab Saudi mengklaim Zaki melakukan penelitian ilegal, termasuk saat mengirim sampel virus ke Belanda. Wakil Menteri Kesehatan Arab Saudi, Ziad Memish menegaskan bahwa prosedur nasional mewajibkan untuk melaporkan potensi patogen baru.

Dia juga menekankan bahwa di bawah Peraturan Kesehatan Internasional WHO memerintahkan semua negara anggota harus melaporkan kepada organisasi setiap kasus penyakit parah yang tidak biasa dan tidak teridentifikasi yang dapat menjadi perhatian internasional.

Terkait hal itu, Zaki mengklaim telah mematuhi prosedur dengan mengirimkan sampel virus dan data klinis terkait ke Kemenkes Saudi pada 18 Juni 2019. Namun, dia menyebut kementerian tidak cukup menindaklanjutinya karena alasan sampel dikirim tanpa bendera merah yang memadai.

Zaki menambahkan dirinya berhak hanya memberi tahu pihak berwenang tentang perkembangan selanjutnya lewat ProMED.


Quote:



Ane jadi nangkepnya virus ini sebenarnya berawal dari Arab Saudi dan entah gimana ceritanya sampai ke Wuhan,Cina? Kasihan juga pasien tersebut sampai harus meninggalemoticon-Berduka (S) Lagi-lagi ini karena ada birokrasi yang dilanggar yang menyebabkan si penemu Ali harus kehilangan pekerjaannya, tapi saat ini dia sudah bekerja di Universitas Ain Shams di Kairo.

Semoga virus ini cepat ada obatnya dan tidak sampai meluas ke Indonesia 


Spoiler for sumur:


anasabila
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 41 lainnya memberi reputasi
14
17.6K
113
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.