Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

wwolfAvatar border
TS
wwolf
Evakuasi WNI dari Wuhan, PKS Minta Pemerintah Klarifikasi Kenapa Pakai Batik Air


Pemerintah telah memutuskan untuk mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI) dari Kota Wuhan, China, yang merupakan pusat wabah virus corona.

Evakuasi dilakukan menggunakan pesawat Batik Air yang diberangkatkan dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, pada Sabtu (1/2/2020).

Terkait itu, Wakil Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hidayat Nur Wahid menilai, memang sudah semestinya pemerintah memastikan keselamatan warganya.

“Memang yang utama adalah aspirasi warga (WNI di) Wuhan dan kita semuanya untuk evakuasi, segera terwujud,” cuit Hidayat di akun twitter-nya @@hnurwahid.

Namun, Hidayat menyoroti soal penggunaan pesawat Batik Air dari Lion Air Group. Karena, beberapa hari lalu TNI AU menyatakan telah menyiagakan tiga pesawat untuk membantu mengevakuasi WNI.

Wakil Ketua MPR ini meminta pemerintah agar mengklarifikasi hal tersebut.


“Sejak 3 hari yang lalu, TNI AU sudah nyatakan siap evakuasi WNI dari Wuhan dengan 3 pesawat dan lain-lain. Ketika kemarin Kemenlu nyatakan evakuasi dengan pesawat Batik Air. Perlu klarifikasi agar tak mispersepsi,” tulisnya.



Menurut salinan surat permohonan izin Batik Air untuk charter flight kepada Kementerian Perhubungan yang diperoleh Antara, disebutkan maskapai tersebut diminta oleh Kementerian Luar Negeri untuk kebutuhan evakuasi WNI dari Kota Wuhan, China yang saat ini dilanda wabah virus corona.

Dalam surat itu disebutkan pesawat Batik Air jenis Airbus A330 akan berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta, Indonesia menuju Wuhan, China pada Sabtu 1 Februari 2020 pukul 06.00 waktu setempat. Pesawat diperkirakan rencananya tiba di Wuhan, China pukul 12.00 WIB.


Rencananya, pesawat tersebut akan kembali dari Wuhan pada hari yang sama pukul 13.00 waktu setempat dan akan mendarat di Bandara Hang Nadim, Batam pukul 19.00 waktu setempat.

Sebelumnya, TNI Angkatan Udara menyatakan menyiagakan tiga pesawat untuk membantu mengevakuasi WNI di Wuhan terkait merebaknya virus corona. Tiga pesawat itu, yakni dua unit Boeing 737 dan satu unit C130 Hercules.

“Kami sudah siapkan pesawat Boeing 737 dan C130 Hercules. Hal ini berdasarkan hasil rapat dua hari lalu bersama Kemenko Polhukam, Kemenkes, dan Kemenlu,” kata Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsekal Pertama Fajar Adriyanto seperti dilansir Antara, Rabu (29/1/2020).


Selain menyiagakan tiga unit pesawat, TNI AU menyiapkan personel dari batalion kesehatan. Namun, lanjut Fajar, pihaknya masih menanti instruksi dari Kemenlu karena sejauh ini pemerintah China melarang transportasi dari dan ke luar wilayah Wuhan.

Ghibah

Ini konspirasi pemerintah Jokowi dgn Aseng kuminis reng, gareng

Tunggu aja sbntr lagi bgmn reaksi PKS tntng rusuh Natuna ya akhi

emoticon-Belgia
holddown
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 11 lainnya memberi reputasi
10
7.5K
118
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.