Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Moge 1000cc Ini Hanya Memiliki Bobot Setara Motor 150cc, Digas Bisa Terbang

OdlevaAvatar border
TS
Odleva
Moge 1000cc Ini Hanya Memiliki Bobot Setara Motor 150cc, Digas Bisa Terbang
Moge 1000cc Ini Hanya Memiliki Bobot Setara Motor 150cc, Digas Bisa Terbang

Sulit dipercaya jika motor berkubikasi hampir 900cc ini hanya memiliki besar 140kg saja, padahal BMW R90/6 lansiran tahu 1976 berikut memiliki berat asli 210kg.

Oleh si pemilik baru, motor naked jadul keluaran BMW ini dirubah menggunakan konsep BoTT atau kepanjangan dari Battle of The Twin, dari ajang balap motor dua silinder yang dimulai sejak tahun 1981 sampai sekarang.

Tidak hanya bagian bodi yang custom, tapi sektor mesin juga dibuat lebih powerfull. Beberapa cara dilakukan untuk mendongkrak tenaga jadi lebih besar, seperti pemakaian dua busi di tiap silinder, porting hingga pakai valve yang lebih besar.
Untuk mengejar displacement yang lebih besar yakni 1000cc, sang builder menggunakan paket bore up yang biasa dikenal dengan nama Siebenrock.

Moge 1000cc Ini Hanya Memiliki Bobot Setara Motor 150cc, Digas Bisa Terbang

Bagian kaki-kaki tentunya sudah dirubah total, pertama urusan suspensi menggunakan merk Ohlins R&T depan belakang. Kemudian untuk mengejar weight distribusi yang bagus maka si pemilik menggunakan velg merk Rotobox berbahan carbon.

Untuk kaliper rem diupgrade menggunakan kaliper Brembo milik BMW S1000RR dan juga sepaket dengan master rem Brembo.

Sektor rangka dirombak total dan direbuild ulang menggunakan pipa chromoly yang desainnya unik dan simple, rangka tersebut tidak memiliki downtube sehingga mesinnya seperti digantung lewat main frame di tengah.
Selain velg pakai bahan carbon, bagian bodywork seperti fairing, area jok, hingga buntut belakang semuanya menggunakan serat karbon, sehingga bobot total yang dihasilkan Cuma 140kg diaman bobot tersebut kurang lebih hampir sama dengan bobot motor sport fairing 150cc.

Moge 1000cc Ini Hanya Memiliki Bobot Setara Motor 150cc, Digas Bisa Terbang

Model tangki tentunya dibuat ulang menggunakan bahan alumunium sedangkan tutup tangkinya pakai merk Rizoma. Langkah terakhir adalah memberikan sentuhan di bagian desain eksterior yakni melakukan powder coating warna biru di bagian rangka, serta cat warna putih serta dibalur dengan corak merah.

Mungkin serat karbonnya jadi kurang begitu kelihatan karena sudah ditumpuk dengan lapisan cat, tapi tetap yang dikejar adalah segi fungsionalitasnya dimana pemilik berhasil menghasilkan bobot yang ridang di motor BMW R90/6 satu ini.

Referensi : motorplus-online.com(22/1/2020).

ewaneyla99
nona212
tien212700
tien212700 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
4.5K
11
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.8KThread15.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.