Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fatinfa77Avatar border
TS
fatinfa77
Top 5 Jenis Kanker yang Lebih Banyak Membunuh Manusia


Sudah umum diketahui bahwa kanker merupakan penyakit nomor dua yang banyak menyebabkan kematian di dunia. Bahkan, tahun lalu kanker telah tercatat membunuh lebih dari 9,6 juta orang di seluruh dunia. Namun, di antara semua jenis kanker yang ada, terdapat lima jenis kanker yang masuk kategori deadliest cancer. Apa saja jenis kanker tersebut? Simak penjelasan berikut ini!

1.     Kanker Paru-Paru

Dari semua jenis kanker yang ada, kanker paru-paru menempati urutan pertama sebagai salah satu kanker yang lebih banyak membunuh orang-orang yang ada di dunia ini dibanding dengan jenis kanker lain. Pada tahun 2018, sebanyak dua juta kasus baru mengenai kanker paru-paru telah terdiagnosa, dan 1,8 juta orang meninggal dunia karena kasus ini. Kanker ini bisa sangat mematikan karena kebanyakan orang tidak menyadari bahwa mereka mengidap kanker paru-paru sampai sel kanker berkembang menjadi lebih mematikan dan naik ke stadium yang lebih tinggi.

Di antara penyebabnya ialah tentu saja merokok. Merokok telah menyumbangkan setidaknya 80% pada keseluruhan kasus kanker yang ada. Begitu juga risiko terkena penyakit kanker akan lebih meningkat jika kamu merokok dan akan semakin buruk jika kamu terus mempertahankan kebiasaanmu itu. Namun, bukan berarti kamu akan selamat dari risiko tersebut apabila kamu tidak pernah  merokok, karena menghirup zat-zat beracun dari asap rokok juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker.

2.     Kanker Pankreas

Jenis lain dari kanker yang terkenal mematikan ialah kanker pankreas. Sekitar 44.000 orang terdiagnosa kanker pankreas setiap tahun. dan setidaknya 38.000 orang meninggal karena kanker ini. Pankreas sendiri terletak jauh di belakang perut, sehingga untuk mendiagnosa pun sangat susah. Seringkali ketika tumor tersebut terdeteksi, sel kanker sudah menyebar melewati tempat awal mula terdeteksi, sehingga hal ini yang menyulitkan pengobatan. Sebab, gejala yang ditimbulkan, seperti nyeri perut atau sakit punggung, kehilangan berat badan, kurangnya nafsu makan, bahkan pembekuan darah bisa saja berkaitan dengan beberapa keluhan umum. Biasanya, kanker sudah menyebar ke area hati sebelum kamu menceritakan tanda-tandanya bahwa kamu merasakan keluhan tersebut.

3.     Kanker Otak

Kanker otak mungkin tidak terlihat memiliki tanda-tanda seperti jenis kanker lainnya, tetapi kamu harus tahu bahwa ia merupakan salah satu dari jenis kanker yang paling mematikan. Kanker otak terjadi ketika terdapat pertumbuhan sel yang tidak normal di dalam otak, dan selama ia masih berkembang maka ia bisa menyebar ke organ lain melalui peredaran darah. Selama lima tahun, tingkat kelangsungan hidup penderita mengikuti diagnosis tumor otak ganas, yaitu hanya sebesar 34.9%. sayangnya, gejala dari kanker otak seperti, sakit kepala, lemah otot, kekakuan, tidak diketahui secara spesifik, dan kebanyakan mereka tidak mengetahui bahwa mereka memiliki penyakit yang serius dikarenakan gejalanya terasa umum.

4.     Kanker Usus Besar

Jenis kanker lain yang lebih banyak membunuh baik laki-laki dan perempuan adalah kanker usus besar. Diperkirakan sekitar 51.000 orang meninggal dunia dalam setahun belakangan ini. Hampir semua kanker usus besar berawal sebagai conon polypjinak yang merupakan gumpalan sel yang terbentuk pada lapisan usus besar atau rectum. Perbandingan polip menjadi kanker yaitu 1:10 dan itu biasanya akan berubah wujud menjadi kanker setelah 10-15 tahun. Biasanya cara yang sering digunakan untuk memudahkan dalam menemukan atau membuang polip secara cepat ialah dengan melakukan kolonoskopi sebagai bentuk antisipasi supaya tidak berkembang lebih lanjut.

5.     Kanker Payudara

Di antara semua jenis kanker, kanker payudara menjadi kanker yang ‘terkenal’ membunuh bagi kaum perempuan. Walaupun laki-laki juga sama-sama berisiko menderita penyakit ini, tetapi perempuan jauh dan lebih banyak menderita kanker payudara. Bahkan, kanker ini menempati nomor urut kedua sebagai kanker yang paling banyak membunuh perempuan. Diperkirakan sekitar 42.260 orang meninggal dunia dalam kurun waktu satu tahun ini. Di sinilah peran keluarga sangat penting. Sebab, jika dalam satu keluarga mengidap penyakit kanker rahim atau kanker payudara maka risiko terkena kanker tersebut juga ada. Jika kanker ini dapat terdeteksi sebelum umur 50 tahun, maka masih ada kesempatan yang lebih baik untuk melakukan pengobatan.

 

Diubah oleh fatinfa77 28-01-2020 04:16
tata604
rykenpb
lina.wh
lina.wh dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.2K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Healthy Lifestyle
Healthy LifestyleKASKUS Official
7.6KThread2.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.