Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nevertalkAvatar border
TS
nevertalk
Jokowi Sebut Ahok Berulang Kali, Pakar Ekspresi: Nyinyir-Kecewa


 
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut-nyebut nama Basuki Tjahja Purnama (Ahok) dalam acara Imlek Nasional. Jokowi juga sempat menyinggung absennya Komut PT Pertamina itu. Ekspresi Jokowi saat melontarkan ucapan itu dinilai mengandung kenyinyiran.
Pakar ekspresi Handoko Gani mencoba menganalisis ekspresi Jokowi saat menyebut nama Ahok. Handoko merupakan satu-satunya trainer Interview dan Analisis Perilaku (Human Lie Detector) dari latar belakang sipil yang memiliki otoritas penggunaan alat layered voice analysis (LVA). Berdasarkan analisis dengan alat LVA, ekspresi Jokowi mengandung kenyinyiran.

"Bapak Jokowi nyinyir namun juga kecewa. Terlihat ada 2 alis mata yang Naik (FACS AU 1+3E) dan bibir dengan gerakan FACS AU 12D + L14C + AU17C," kata Handoko kepada wartawan, Kamis (30/1/2020).
[table][tr][td]Jokowi yang disebut Handoko tampak nyinyir. (dok. istimewa)[/td]
[/tr]
[/table]
Selain itu, Handoko menemukan unsur kesedihan dalam ekspresi wajah Jokowi. Hal ini bisa dilihat dari gerak mata dan bibir Jokowi.
"Sebelum itu, terlihat ekspresi alis mata yang dominan di ujung atau atas pangkal hidung (AU 1B + 3D) dengan kondisi mata nutup lihat ke arah bawah. Dengan bibir yang turun (AU 12C + 15B). Ini menunjukkan ekspresi sedih," ujarnya.
[table][tr][td]Jokowi yang disebut Handoko tampak sedih. (dok. istimewa)[/td]
[/tr]
[/table]
Handoko menduga penonton pun paham akan sindiran Jokowi untuk Ahok. Selain itu, menurutnya, Jokowi ingin menegaskan bahwa perannya soal posisi Ahok di PT Pertamina besar.
"Dan kita juga melihat reaksi penonton (para pejabat) yang duduk di samping Pak Jokowi. Mereka pun tahu itu sindiran ke Ahok. Setelah jadi Komut Pertamina kok nggak dateng," jelas Handoko.
"Note itu adalah bahwa peran Pak Jokowi besar dalam menentukan Ahok jadi Komut. Bahwa Pak Jokowi orang yang sangat setia kawan dan menolong teman," imbuhnya.


Sebelumnya, Jokowi beberapa kali menyebut nama Ahok dalam acara Imlek Nasional di ICE BSD City, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (30/1). Jokowi pertama-tama menyapa Nathania Purnama, yang merupakan putri Ahok, serta Veronica Tan. Kemudian, Jokowi menyinggung soal Ahok yang tidak ada di acara itu.
"Teman baik saya, Pak Ahok. Tapi nggak dateng, setelah jadi Komut Pertamina nggak dateng," ujar Jokowi sambil geleng-geleng kepala sembari tersenyum.


Jokowi juga menyinggung kembali nama Ahok ketika bertemu dengan salah seorang peserta bernama Ang-Joko. Jokowi menyebut wajah yang bersangkutan mirip Ahok. Jokowi sempat mengecek e-KTP milik Joko untuk membuktikan nama asli Joko.



https://news.detik.com/berita/d-4879...=news_mostpop

Diubah oleh nevertalk 30-01-2020 12:04
mantan.caver
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 6 lainnya memberi reputasi
3
2.3K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.