Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

salembayAvatar border
TS
salembay
Memahami Iri Hati Secara Ilmiah
Memahami Iri Hati Secara Ilmiah

foto: www.saga.co.uk

Akkh welcome bray balik lagi sama ane salembay sang penulis receh. Btw ane mau ngebahas hal yang jarang banget didiskusikan. Sebuah emosi yang ane juga sulit terlepas darinya. Penyakit iri hati, suka panas kalau orang lain lebih sukses, jengkel ketika orang lain dapat warisan, dan resah jika orang lain punya banyak kendaraan.

Contohnya begitu banyak dan pastinya kalian pahami. Kadang rasa iri suka gak terkontrol bray. Apalagi ane jomblo nih jadi banyak irinya. Liat orang pacaran hati terasa perih, liat sandal berpasangan baper, rentan banget dan ambyaaar. Ada apa dengan iri hati sampai bisa menggangu kehidupan. Makanya ane udah dalami dan menemukan beberapa fakta menarik dari rasa iri sebagai berikut.


Kita iri pada hal yang belum terjadi

Memahami Iri Hati Secara Ilmiah


foto: Aleteia

Mengutip penelitian asosiasi psikologi tahun 2019 menemukan fakta bahwa kita lebih iri pada pengalaman orang lain yang kita dambakan sebelum terjadi ketimbang sudah berlalu. Ambil contoh ketika teman kita mau nikahan otomatis iri hati munculkan, tapi setelah berlalu masa pesta pernikahanya kita jadi biasa saja. Solusinya janganlah iri pada suatu hal yang belum terjadi dan dengan berjalanya watu rasa itu akan pergi.


Iri picu depresi

Memahami Iri Hati Secara Ilmiah

foto: www.123rf.com


Semua orang pasti sudah paham untuk menahan rasa iri. Apalagi dimasa ketika orang senang pamer kemewahan. Sebuah penelitian menemukan pengguna facebook yang iri pada gaya hidup temanya melaporkan gejala depresi. Makanya kita harus bijak bermain media sosial juga.


Anak muda lebih iri dari orang tua

Memahami Iri Hati Secara Ilmiah

foto: www.moceanic.com


Mengutip penelitian dari university of california tahun 2015 menemukan fakta orang muda lebih sering merasa iri dibanding orang yang lebih tua, mereka khususnya iri pada penampilan dan kehidupan asmara. Rasa iri menurun seiring bertambahnya usia. Sekitar 80 persen orang dibawah 30 tahun melaporkan rasa iri tahun lalu. Pada usia 50 tahun keatas angka itu turun menjadi 69 persen.


Orang iri pada jenis kelamin yang sama

Memahami Iri Hati Secara Ilmiah


foto: Creative Market

Mengutip dari penelitian sebelumnya orang merasa iri pada orang lain dari jenis kelamin mereka sendiri yang berusia sama atau beda 5 tahun. Kecemburuan akan kesuksesan pekerjaan umum dirasakan semua kelompok umur. Mengejutkan sekali sih, ane cowo dan suka ngebandingin sama pria lain yang lebih mapan. Jadi kedepanya ane bakal bandingin dengan diri sendiri deh. Hari ini harus lebih baik dari kemarin.


Karyawan iri melemahkan rekan kerja

Memahami Iri Hati Secara Ilmiah

foto: www.123rf.com


Sebuah penelitian university of british columbia tahun 2011 menyatakan karyawan yang iri cenderung melemahkan rekan kerja jika mereka merasa terputus dengan orang lain. Nih salah satu efek dari rasa iri ketika di pekerjaan bahkan bisa sabotase. Endingnya saling menjatuhkan dan timbul kebencian. Jika berlanjut semakin berbahaya juga tuh.


Kurangi rasa iri biar hidup lebih adem.
Diubah oleh salembay 29-01-2020 03:55
anasabila
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 12 lainnya memberi reputasi
11
4.9K
44
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.