Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

RifanNazhifAvatar border
TS
RifanNazhif
4 Reaksi Tubuh Yang Sering Membuat kesal, Tapi Banyak Faedahnya
4 Reaksi Tubuh Yang Sering Membuat kesal, Tapi Banyak Faedahnya
sumber ilustrasi

Terkadang kita merasa kesal karena tak dapat menahan reaksi tubuh. Padahal dia sudah menjadi SOP berkehidupan manusia agar tetap nyaman mendiami bumi. Bayangkan apa jadinya kalau tubuh tak bereaksi atas apapun yang terjadi padanya. Alhasil kerjaaan di dunia hanya sakit-sakitan dan berumur pendek.

Apa saja reaksi tubuh yang dapat membuat kesal, tapi begitu berfaedah?

1.Bersin
Bersin satu-dua kali itu biasa. Tapi kalau keterusan, terkadang timbul rasa kesal. Bahkan saking kesal, ada sebagian orang menahan bersinnya. Padahal menahan bersin itu sangat berbahaya. Ketahuliah bahwa kecepatan orang bersin itu mencapai 250 km/ jam. Dengan kecepatan seperti itu, Gansis mau menahannya? Apakah Gansis tak takut telinga bindeng atau lebih parah, gendangnya bisa pecah? Hempasan bersin harusnya keluar bukan masuk ke dalam tubuh dan menggangu beberapa organ.

Bersin pada dasarnya sangat berguna bagi manusia. Dengan bersin, maka partikel-partikel pengganggu yang masuk melalui atau mendiami saluran pernapasan dapat dihalau keluar. Nah, kalau bersin berulangkali, maka itu tandanya tubuh sedang berusaha sekuat tenaga menghalau partikel-parikel yang membandel, dan telah menyebabkan penyakit.

Gansis seharusnya berobat, yang tujuannya bukan menghilangkan bersin-bersin, tapi membantu menghalau partikel penggangu (kuman). Hingga ketika bersin reda, bukan bersinnya yang hilang, tapi partikel penggangu telah berhasil. dihalau.
Dan tahukah kamu saat dingin atau minum es, seringkali bersin bertamu. Kemungkinan karena tubuh Gansis anti dengan hal-hal yang dingin. Bersin adalah suatu upaya membantu tubuh kamu bisa kembali hangat. Pernah ngalami motor bersin-bersin ketika melewati banjir? Nah seperti itu kira-kira persamaaanya.

2.Ingusan
Ingusan akibat flu memang sangat menggangu. Kelenjar mukosalah yang memproduksi cairan dari hidung terlalu sering.

Apa sih faedah ingus yang membuat perut eneg meilhatnya? FaedahnyaTentu saja usaha pertahanan tubuh melawan kuman penyakit. Partikel atau kuman yang masuk dari hidung berusaha dibuang bersama cairan hidung, sehingga Gansis tidak sampai terserang penyakit
Dengan adanya cairan hidung adalah suatu cara agar si hidung tetap berada dalam kondisi lembab dan mencegah iritasi.

3.Batuk
Senada dengan bersin, batuk juga merupakan reaksi tubuh menghalau partikel atau kuman yang berusaha masuk ke dalam tubuh Gansis. Dan batuk-batuk juga bukan si batuk yang bersalah. Batuk sedang berjuang sekuat tenaga untuk mengusir penggangu. Nah, bila Gansis sudah berobat sehingga si pengganggu lari tunggang-langgang, dengan sendirinya batuk akan reda dan lega karena tugasnya mengaga Gansis sudah selesai sementara waktu.

4.Sendawa
Bagi Gansis bersendawa itu adalah kewajaran. Tapi rata-rata bule sangat malu ketika bersendawa. Aksi satu sinyal ini yang memberitahu Gansis sudah kenyang. Ketika kamu masih bersendawa padahal tidak sedang makan, itu artinya kamu sedang masuk angin.
Bersendawa juga suatu upaya untuk menyelamatkan perut dari rasa kembung. Bersyukurlah Gansis karena diberi anugerah bisa bersendawa. Bagaimaina kalau kamu tak bisa bersendawa, tentu saja sama dengan tikus. Kasihan sekali Gansis tidak bisa meminum minuman bersoda. Konon tikus juga tidak bisa bersendawa, maka orang sering meracunnya dengan makanan yang dicampur soda roti. Banyak lho yang tak bisa kita nikmati kalau tubuh tak bisa beraksi dengan bersendawa. Kebayang duren tak? Tanpa sendawa gimana jadinya?

5.Kentut
Kalau bersendawa membuat malu orang bule, maka orang Indonesia sangat malu kentut, diva apalagi di dekat pacar atau camer. Dunia seakan mau kiamat dibuatnya. Pernah tak Gansis sangat tak ingin malu oleh si kentut, hingga merah padam menahannya?
Dilansir doktersehat.combeberapa faedah kentut seperti; mengatasi perut kembung, penyeimbang diet, menjaga usus besar agar tetap sehat, deteksi alergi makanan tertentu dengan sering kentut. Pendeteksi penyakit, mencegah stoke dan gangguan fungsi hati dengan bau kentut (hehe, sepertinya harus sering-sering nyium kentut nih), dan melegakan.

Pernahkah Gansis sangat menghargai kentut? Kalau saja kentut itu manusia, kamu rela menyambut kedatangannya dengan meneraktir makan mewah di restoran paling mewah di kotamu? Kapan itu? Ya, tentu saja setelah kamu selesai operasi semisal usus buntu. Maka orang tak sabaran menunggu si kentut. Apalagi Gansis sebagai korban operasi, harus menahan puasa sampai si kentut lewat.

6.Muntah mencret
Reaksi tubuh yang satu ini sering membua lemas, bahkan Gansis harus dirawat di rumah sakit. Tapi sadarkah kamu kalau hanya muntah yang dimampetkan dokter, sementara urusan mencret sama sekali dibiarkan?
Muntah-mencret adalah sinyal bahwa inangnya sudah salah makan. Dengan muntah dan mencretlah cara tubuh mengalau penyakit. Memang muntah bisa diminimalisir dokter, tapi untuk mencret terkadang tak dibiarkan agar semua penyebab penyakit itu keluar bersamaan dengan pup.

Dari 6 reaksi tubuh itu, ada 2 cara menghadapinya.Yakni bila bersin segeralah tutup mulut dan mengucapkan Alhamdulillah. Sebab bila terbuka, yakinlah partikel-partikel atau kuman akan terhirup teman di dekat Gansis. Dan jangan biarkan pula batuk tanpa dihalangi tangan, sebab dia juga mengantarkan kuman penyakit.

Oke selamat malam. Selamat tidur.

Sumber : dari beberapa referensi dan opini pribadi
Diubah oleh RifanNazhif 30-01-2020 05:18
anasabila
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 7 lainnya memberi reputasi
8
1.1K
16
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.