auristaleaAvatar border
TS
auristalea
Ditegasin atau Dikasihani?
gue punya kakak, udah 5 tahun kerja. belakangan ini dia selalu minjem uang gue kalo udah akhir bulan. gue sebagai sodara tentunya ngerasa kasihan, ga tega kalo nanti kakak gue jadi ga bisa makan sampe waktu gajian, jadilah gue selalu minjemin. kadang sebulan 200k,300k, 400k dan pernah juga sampe 600k.

tapi ada saatnya gue kesal dengan dia, udah 5 tahun kerja tapi masih aja ga bisa ngatur uang. uangnya bukan habis lagi tapi udah minus sampe harus minjem gue. 
padahal nih, gue masih masa studi, belum kerja sama sekali, sehari- hari cuma ngandelin uang jajan yang dikasih bokap. 

gue ya kalo jadi dia, kerja dengan gajinya yang demikian, dengan profesi yang dimata gue cukup menarik dan prospek, yang sering lah ke luar kota atau ada ke luar negeri juga untuk dinas demi kerjaannya (-yang berarti sering dapat uang jalan alias bonus), mungkin gue udah bisa beli rumah KPR 3 kamar di kawasan cibinong atau ga beli honda mobilio atau pun honda jazz secara CASH. 
jadi bisa kebayang lah ya gajinya berapa. 

kenapa dia suka minjem ke gue? ya karena dia tau gue pinter nabung dari dulu, pandai ngatur uang jadi bisa dikatakan gue punya keamanan finansial. lagian kemana lagi minjem uang yang ga bikin malu kalo ga ke sodara ya kan. kalo minta ke ortu mungkin udah ga enak dianya. 

gue ga tega gaes kalo ga ngasih  pinjeman, tiap dia perlu itu gue selalu pinjemin. apalagi itu selalu akhir bulan. padahal gue akhir bulan itu adalah waktunya buat nge-reward diri setelah hemat"an sebulan penuh, dengan beli barang" yang udah gue pengen banget, ato ga buat travelling atau buat ke salon, tapi sering banget gue tunda demi minjemin uang ke kakak gue. 

sekarang gue bingung, antara mau ngasih ketegasan ke kakak gue atau nggak gue kasihani terus?
kalo gue ngasih ketegasan, mungkin bisa buat dia lebih pinter lagi makai uang, biar ga keterusan sampe tua tapi gue takut gue jadi adik durhaka kalo seenaknya ceramahin kakak. gue takut dikira adik jahat gaes, apalagi ini soal money, entar gue dipikir materialistik gimana dong. 

tapi kalo gue kasihani terus, gue kan masih anak kuliahan juga, tau lah anak kuliah seberapapun tabungan dia, seberapapun uang jajan yang dikasih, pasti tetap hidup pas-pasan. 

haft, gimana ya triknya buat menyadarkan kaka gue.... 




[
Diubah oleh auristalea 29-01-2020 14:10
lina.wh
NadarNadz
nona212
nona212 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
1.4K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Heart to Heart
Heart to HeartKASKUS Official
21.6KThread27.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.