Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rezadavinciAvatar border
TS
rezadavinci
Temen temen yang kerja di industri keuangan silahkan masuk..
Hai Temen - temen Banker, Analyst, Broker, Agent, Marketer, RM, AO, FO, dan lain - lain.
Perkenalkan, saya adalah seorang Relationship Manager di PT. Indosurya Inti Finance yang cabang nya berkedudukan di Jakarta.

Buat yang belum tau, PT. Indosurya Inti Finance berdiri sejak awal tahun 2011, perusahaan yang bergerak di bidang pinjaman dengan kategori multifinance ini adalah bagian dari Indosurya Group yang sudah bergerak di bidang keuangan sekitar 30 tahun lamanya, awalnya sih di asset management, asuransi,dll.

Nah si PT. Indosurya Inti Finance itu sendiri nawarin plafond pinjaman dari puluhan juta (jaminan kendaraan) dan start dari 300 juta hingga 100 Milyar (jaminan sertipikat), bisa lebih sih tapi case by case banget.

Kenapa saya tujukan thread ini buat temen - temen yang kerja di lembaga keuangan juga?
1. Lebih ngerti soal produk dan flow perputaran uang di dunia pembiayaan
2. Punya network ke pihak - pihak yang bisa dijadikan nasabah/klien
3. Yaa basically day to day nya kita sama lah, beda di jenis kerjaannya aja.

Jadi apa sih yang saya cari? Namanya klo di Indosurya Finance itu adalah "Sales Agent"
Stay tune ya, karena akan saya jelaskan banyak disini, another reason saya tujukan thread ke temen - temen di instansi keuangan.

Jadi Sales Agent itu adalah orang yang memberikan referensi ke kita, referensi apa? ya jelas nasabah yang membutuhkan pembiayaan.

Nah menariknya apa? si Sales Agent ini nantinya akan dapat komisi langsung dari Indosurya Finance dengan jumlah 1% dari plafond  (jaminan sertipikat) dan 3-4% dari plafond (jaminan bpkb), yaa bisa itung sendiri lah ya kalau temen - temen ngasih nasabah plafond berapa dapetnya berapa.

Udah nangkep ya maksudnya? sekarang saya mau jelasin dikit soal kriteria singkat nasabah - nasabah yang ada di radar nya PT. Indosurya Finance alias jadi inceran, tujuannya adalah supaya temen - temen ga asal bawa, ujung-ujungnya baper dan gaada hasilnya.

1. Kami ini perusahaan multifinance, so jangan bandingkan pricing dengan Bank, klo masih banding2in dan ngarep harga sama atau lebih murah ya mending kelaut aja, another reason saya tujukan thread ini ke temen - temen di financial service.
2. Gimana sih risk appetite nya multifinance? kita itu lebih ke asset based lending, dan di Indosurya Finance saya bisa bilang kita juga legal based lending, karena legal nya strict. NAH jadi jangan sekali - kali bawa nasabah yang jaminannya gajelas, belum lunas beli tanah, atau jaminan milik engkong siapa yang ngajuin anaknya siapa, jaminan di dalem gang, banyak kuburan disebelahnya,dibawah sutet,nempel sama rel kereta, intinya jaminan harus CLEAR. Plislah ini multifinance, kita mitigasi resiko disini, justru di bank ada yang bisa jaminan agak aneh - aneh, kenapa? karena bank apalagi bank besar itu sifatnya business based lending, mereka ngeliat bisnis dan karakternya nasabahnya dulu. Di Multifinance
3. Nah Bisnisnya gimana? disinilah temen - temen mikir untuk masukin nasabah ke Indosurya Finance atau ke Bank. Secara umum bank itu akan terima nasabah jika usahanya bagus, keliatan jelas lah akan profit tinggi kedepannya dan juga tercermin dengan baik ke belakangnya, saking bagusnya bahkan jaminan bisa cuma stock yang dibuktikan dengan list piutang atau hal - hal yang bukan fixed asset. Jadi jangan coba - coba bawa nasabah yang proyeknya lagi mandek ke bank, atau pernah bangkrut dan baru mulai usaha lagi, lagi profit tapi ga tinggi2 banget aja bisa ditolak,banyak juga industri - industri tertentu yang bank lagi alergi banget buat kasih loan, coba masukin nasabah kayak gini? yang ada bakal dijitak sama kepala cabangnya atau paling parah akan terjadi pemalsuan dokumen supaya keliatan bagus. Nah di Indosurya Finance kita bisa masukin nasabah - nasabah dengan kriteria diatas, ga ngaruh juga industri dia apa, lagi turun kah secara nasional,ga masalah, with price tentunya, itulah kenapa harga multifinance lebih mahal, Business Risk kita di nasabah lebih besar.
4. Produknya apa dan gimana aja? disini  kami punya banyak range produk yang skema nya sama kayak produk - produk lending normal di bank (BG,LC, dan surat2 lainnya kita ga punya), cuma ada beberapa variabel yang akan mempengaruhi si produk - produk ini, jadi ga asal ikutin kemauan nasabah aja. Misal nih, track record pinjaman dia kurang bagus akan dapat pinjaman yang price nya lebih tinggi, wajar kan? resiko lebih besar. Atau ga tercermin pendapatannya di rekening koran, artinya kan pendapatannya ga bisa dibuktikan dengan baik. ya nasabahnya bisa ngecap - ngecap apapunlah di bank akan sulit diterima pengajuan kreditnya.  Bisa diajukan ke Indosurya yang kayak gini, sampai derajat tertentu pastinya,klo rekening koran nya jebot banget ya ke renterin ajalah ya. Intinya kondisi nasabah dari segi bisnis saat ini dan ke belakang akan mempengaruhi produk dan price seperti apa yang akan di dapat.

Udah faham temen - temen? yuk jadi sales agent disini. Atau untuk nambah network saya open kok, saya sendiri sudah ga asing sama dunia lending secara awal karir di corporate banking, pernah di commercial banking.

email aja yah, no hp nanti bisa kan, langsung aja rhasyandi@gmail.com
makasih temen - temen semua.


www.indosuryafinance.com
Temen temen yang kerja di industri keuangan silahkan masuk..

Diubah oleh rezadavinci 08-03-2018 09:39
0
4.9K
3
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Dunia Kerja & Profesi
Dunia Kerja & ProfesiKASKUS Official
37KThread8.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.