• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Nostalgia, inilah hal-hal yang dirindukan saat nyantri! Agan Rindu yang Mana?

sofiayuanAvatar border
TS
sofiayuan
Nostalgia, inilah hal-hal yang dirindukan saat nyantri! Agan Rindu yang Mana?


Assalamualaikum teman-teman di manapun kalian berada. Bagaimana kabar hari ini?. Masih semangat bukan!. Semoga kebaikan yang kalian lakukan mendapat keberkahan. Amiin.

Pernahkan teman-teman sekalian nyantri atau menuntut ilmu Agama di pondok pesantren?. Jika pernah, mungkin teman-teman pasti memiliki cerita keseruan di pesantren ya!.

Pondok pesantren merupakan Pendidikan yang paling banyak mengajarkan ilmu-ilmu Agama, di bandingkan dengan pendidikan lainnya. Selain itu, santri akan di ajari untuk bisa lebih mandiri. Bagaimana tidak, mencuci sendiri, masak sendiri, mengatur keuangan juga sendiri. Mungkin, bagi mereka yang belum pernah menginjakkan kaki di pesantren akan kaget.😁

nah, berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin sering dirindukan saat masa-masa di pesantren :

1. Shalat berjamaah

Yaps. Shalat berjamaah, karena jika di pesantren kita akan setiap hari berjamaah. Tetapi, kalau sudah berada di luar pesantren (boyong: jawa) maka, pasti shalat jamaah sudah jarang di lakukan. Jangankan untuk jamaah, shalat tepat waktu saja sudah Alhamdulillah. Bener apa bener bangeeet!.

Video

Nah pernah lihat orang berangkat berjamaah seperti itu?. Kebanyakan itu hanya di lakukan oleh santri yang takut kena takzir (hukuman) jika telat berjamaah.

2. Ngaji kitab

Kalau mengaji Al-Qur'an masyarakat umum pasti juga sudah mengenalnya ya!. Tapi kalau mengaji kitab jarang orang mengetahui. Yang paling lucu dan seru saat ngaji kitab, jika ada teman yang ngantuk dan saat memberi ma'na kitab justru malah jadi coret-coret kitab tersebut😂.




3. Makan bareng



Jika tidak terbiasa mungkin akan jijik ya melihatnya!!. Kebanyakan santri makan di jadikan satu nampan, meski ada beberapa yang suka makan sendiri. Selain rasa kekeluargaannya lebih besar, lebih hemat dan juga barakahnya.

4. Tidur rame-rame

Karena semua serba bersama, kamarpun juga milik bersama. Gak ada acara kamar pribadi. Ya, otomatis tidur juga harus berbagi tempat dengan santri yang lain.



Lucu ya, seperti ikan berjajar. Mungkin jika di pesantren modern akan jarang menemui tidur ala-ikan begini😄

5. Keluar pondok

Nah, yang ini pasti jadi hadiah tersendiri bagi para santri. Yaitu saat di izinkan keluar oleh Kyai/Bu Nyai. Ibarat burung baru keluar dari dalam sangkar. emoticon-Wakaka pasti senang bangetkaan!. Bahkan hanya sekedar jalan sehatpun mereka sangat bahagia.



6. Belajar bersama

Mungkin kalau ini lebih mirip belajar kelompok ya, jika di pendidikan formal. Tapi, belajar bersama ala santri itu beda. Lucunya jika ada yang ketiduran saat musyawarah (belajar), lalu pengasuh pondok atau Kyainya keliling, para santri akan gelagapan dan puran-pura belajar.



Jika Agan pernah nyantri alias mondok merindukan yang mana nih?.
Oke. Sampai jumpa di thread ane selanjutnya.

Sumber tulisan : Pemikiran sendiri
Referensi :
ini ini ini ini ini dan ini
Diubah oleh sofiayuan 25-02-2020 14:06
anasabila
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 41 lainnya memberi reputasi
42
4.8K
82
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.