extreme78Avatar border
TS
extreme78
Terpidana Kasus Penipuan, Donny Saragih Sudah 4 Hari Jabat Dirut TransJ


Jakarta -
Donny Andry S Saragih terpidana kasus penipuan sudah menjabat empat hari sebagai Direktur Utama (Dirut) PT TransJakarta. Dia menggantikan Agung Wicaksono dari posisi tersebut.

Agung mengajukan pengunduran diri dari posisi Dirut TransJ pada Kamis (23/1/2020). Agung memiliki alasan pribadi untuk fokus terhadap keluarga.

"Karena alasan pribadi untuk kebutuhan keluarga saya, untuk masa depan juga, masa depan Indonesia terutama keluarga saya," kata Agung dalam keterangan tertulis, Kamis (23/1).

PT Transportasi Jakarta mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB) terkait pengunduran diri Agung Wicaksono. Berdasarkan hasil rapat, PT Transjakarta menunjuk Donny Andy S Saragih sebagai Direktur Utama (Dirut).

"Dalam RUPS LB ini dilakukan pemberhentian, penggantian, dan pengisian pengurus perseroan sebagai berikut. Memberhentikan saudara Agung Wicaksono dari jabatannya sebagai Direktur Utama dan mengangkat saudara Donny Andy S Saragih sebagai Direktur Utama," ujar Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta Nadia Diposanjoyo dalam keterangan tertulis, Kamis (23/1).

Sementara itu, Gubernur Anies Baswedan mengaku mempercayai Donny untuk mengembangkan TransJakarta. Donny disebut memiliki pengalaman di bidang bisnis transportasi.

"Ia memiliki latar belakang pengalaman di bidang transportasi. Hampir seluruh pengalaman karirnya di bidang transportasi dan bahkan sempat menjadi Wakil Ketua Dewan Transportasi Jakarta. Di bidang usaha, ia berpengalaman antara lain sebagai Direktur Operasional PT Eka Sari Lorena Transport, Tbk dan Komisaris PT Alfa Omega Transport sejak tahun 2014 sampai sekarang," jelas Anies di laman resmi Pemprov DKI, Jumat, (24/1).

Anies berharap, di bawah kepemimpinan Donny, TransJakarta dapat mewujudkan transportasi umum massal yang aman dan nyaman serta terjangkau. Dia berharap integrasi transportasi akan makin lancar.

"Selain itu, kita berharap ke depan integrasi transportasi akan semakin lancar sehingga memudahkan pelanggan untuk berpindah antarmoda serta menjangkau seluruh wilayah Jakarta," jelas Anies.


Sebelumnya, Ombudsman Perwakilan Jakarta Raya meminta Anies Baswedan meninjau kembali penunjukan Donny Saragih sebagai Dirut TransJakarta. Sebab, Ombudsman menilai ada dugaan maladministrasi dalam penunjukan tersebut.

"Ada dugaan maladministrasi karena yang bersangkutan sih sebenarnya dia menjadi terpidana untuk kasus penipuan. Sedang kami dalami sekarang kasusnya itu," kata Ketua Ombudsman Perwakilan Jakarta Raya Teguh Nugroho saat dihubungi detikcom, Senin (27/1).

Dilihat detikcom, kasus Donny tercatat dalam perkara 490/Pid.B/2018/PN Jkt.Pst dengan klasifikasi perkara pemerasan dan pengancaman. Donny bersama Porman Tambunan alias Andi Tambunan alias Andi kemudian dituntut 'turut serta melakukan penipuan berlanjut' sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 378 jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 jo Pasal 64 ayat (1) KUHP sebagaimana dakwaan alternatif ketiga.

Pada 15 Agustus 2018, Pengadilan Negeri Jakarta Pusat menyatakan Donny dan Andi bersalah dan memvonis 1 tahun penjara serta menetapkan agar para terdakwa tetap ditahan dalam tahanan kota. Jaksa penuntut umum Priyo W kemudian mengajukan permohonan banding. Hasilnya, pada 12 Oktober 2018, Pengadilan Tinggi DKI menerima upaya banding JPU dan menguatkan putusannya serta meminta keduanya tetap berada dalam tahanan.

Tak terima, Donny dan Andi kemudian mengajukan upaya kasasi ke Mahkamah Agung. Dalam putusan kasasi nomor 100 K/PID/2019 tertanggal 12 Februari 2019, majelis hakim menolak permohonan kasasi Donny dan Andi. Hakim bahkan menjatuhkan pidana penjara kepada keduanya masing-masing 2 tahun.

"Sudah kasasi. Sebetulnya sudah inkrah. Kalau sudah kasasi kan sudah inkrah. Sudah sangat cukup untuk melakukan eksekusi. Tapi nanti detailnya setelah kami dalami ya," pungkas Teguh.

https://m.detik.com/news/berita/d-48...dirut-transj/2

Dari yg ane bold...emoticon-Malu

Terbukti wan abud berperan serta dalam memilih nih orang yg berstatus narapidana.

Dia tau rekam jejaknya,padahal dari salah satu rekam jejaknya yg disebut wan abud itulah yg membawa statusnya sebagai narapidana penipuan.emoticon-Wakaka

Silahkan ngeles ....

Semakin ente ngeles semakin ente terpojok..emoticon-Wakaka
Theist
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 11 lainnya memberi reputasi
10
2.3K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.