Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

extreme78Avatar border
TS
extreme78
Mengenal Parakang, Makhluk Jadi-jadian yang Buat Resah Warga Sidrap
Mengenal Parakang, Makhluk Jadi-jadian yang Buat Resah Warga Sidrap

Sidrap - Warga Kelurahan Majelling Wattang, Kecamatan Maritenggae, Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Sulawesi Selatan (Sulsel), resah atas isu kehadiran makhluk jadi-jadian yang kerap dinamakan 'parakang'. Keresahan warga setempat sudah berlangsung selama seminggu terakhir.

Bagi masyarakat Sulsel, cerita soal parakang sudah tak asing meski belum dapat dipastikan kebenarannya. Mitos soal parakang pernah diangkat ke layar lebar oleh sineas lokal pada 2017.

Lalu seperti apa sebenarnya parakang? Apakah sosok makhluk jadi-jadian itu bener-benar ada?

Seorang warga Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare, Sulsel, bernama Ardan (60) mengaku pernah bertemu langsung dengan sosok parakang. Parakang jadi momok bagi warga Sidrap.

"Parakang itu ada, dan wujudnya tetap menyerupai manusia," kata Ardan dalam perbincangan.

Berdasarkan cerita yang beredar di masyarakat, parakang ialah seseorang yang tersesat dalam ilmu hitam yang dipelajarinya. Selain itu, parakang beraksi di luar rumah bukan dengan wujud aslinya, namun lebih berupa roh halusnya.

"Sehingga orang tertentu saja yang bisa melihat," katanya.

Ardan mengatakan parakang menjadikan orang-orang sakit, orang hamil, bayi, orang terkena diare, dan sering ke kamar mandi sebagai korban atau target. Menurutnya, ada yang tak biasa dari bola mata parakang.

"Ketika akan beraksi, matanya berbinar-binar seperti selalu basah, pandangan tidak ke satu arah atau selalu melihat ke sekeliling. Dan matanya tidak bisa ditatap lama, badannya juga akan menjadi sangat licin seperti belut," ucap dia.

"Misalkan kita dalam posisi duduk, namun dalam bayangan di bola mata parakang kita ada dalam posisi berbaring," tuturnya.

Sementara itu, warga lainnya, Sellang, mengatakan parakang bisa berubah-ubah wujud, termasuk menyerupai binatang. Namun secara fisik, parakang tetap manusia.

"Fisiknya tetap ada di rumah dalam posisi terbaring atau tertidur, namun hanya jiwanya yang bergerak, bisa menyerupai kucing atau anjing, bahkan tumbuhan," kata Sellang.

Sebelumnya, video warga memburu parakang viral di media sosial. Dalam video yang beredar, terekam sejumlah warga dengan senter berlari ke arah sebuah rumah panggung milik warga karena memburu makhluk jadi-jadian. Mereka berburu hingga ke kolong rumah warga.


Warga memburu parakang itu karena ada sejumlah warga yang mengaku diganggu. Polisi masih mendalami keterangan warga terkait peristiwa warga berburu hantu.

"Warga Majelling Wattang atas nama Sulaimana alias Lamana (60) mengaku pernah berkelahi dengan makhluk yang badannya besar sewaktu dirinya berada di dalam WC," ujar Kapolres Sidrap AKBP Budi Mulyono kepada wartawan, Kamis (23/1).

"Makhluk tersebut menghilang dan kabar tersebutlah yang beredar masyarakat di Majelling (memburu hantu)," sambung Budi.

https://m.detik.com/news/berita/d-48...warga-sidrap/2

Hakikatnya nih manusia juga bukan hantu...

Karena faktor keturunan atau ngelmu,mereka bersekutu dengan jin/iblis...

Tujuannya manusia ngelmu model ginian pun macam2,ada yg selalu ingin awet muda,sakti(kebal dsb)atau mencari kekayaan.

Ane sendiri pernah mengalami bertemu dengan nih parakang.
Saat itu ane ngeronda bareng temen2 di kampung dan ketika keliling,terdengar suara aneh di dalam saluran pembuangan kemudian ane dan beberapa temen memeriksanya,walau tak seberapa jelas wajahnya karena tertutup rambut tapi matanya yg merah nanar membuat kami terkejut tapi kemudian dia bergerak cepat hilang di dalam saluran pembuangan tersebut.emoticon-Traveller
Richy211
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 6 lainnya memberi reputasi
5
3.2K
46
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.