Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ditemukan: Candi Baru di Bedingin Sleman, Dari Kerajaan Mataram Islam?

mr.harissuhudAvatar border
TS
mr.harissuhud
Ditemukan: Candi Baru di Bedingin Sleman, Dari Kerajaan Mataram Islam?
Sebuah candi ditemukan di sebuah perumahan yang baru dibangun di Bedingin, Mlati, Sleman, DIY. Penemuan bermula ketika seorang tukang bangunan di Perumahan Tiara Indah, Bedingin, Sumberadi, Mlati, Sleman, menemukan bebatuan candi saat menggali lubang septic tank untuk sebuah rumah.

Dia menemukan beberapa batu yang diduga reruntuhan candi. Temuan tersebut kemudian dilaporkan ke Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) di Mlati.

Kontraktor menemukan batu candi kemudian dilaporkan ke penampungan melati dan langsung kami survei. Dari survei memang itu batu-batu candi dan kita aman di Mlati, ujar Anjar Nugroho, Staf Perlindungan BPCB Yogyakarta, Jumat (15/11/13) di lokasi penemuan candi.

Setelah dilakukan analisis oleh tim BPCB dan Jurusan Arkeologi UGM, dipastikan bahwa temuan tersebut adalah candi. Setelah itu barulah ditindaklanjuti dengan melakukan penggalian pada 11-22 November.

Ditemukan: Candi Baru di Bedingin Sleman, Dari Kerajaan Mataram Islam?


Kami masih melakukan penggalian dan mencari data-data untuk menentukan struktur candi baru, dan sampai hari ini data yang didapat baru sebatas menemukan reruntuhan batu candi, jelas Anjar.

Terlihat reruntuhan candi terdiri dari batuan andesit yang terdapat ukiran pada permukaannya dan batu bata merah yang mungkin menjadi bagian dari candi.

Sejauh ini sudah 19 batu yang diamankan oleh BPCB untuk dilakukan penelitian lebih lanjut. Kami masih terus melakukan penggalian, sampai menemukan tanah budaya atau tanah dasar candi, setelah itu baru bisa menentukan struktur candi, dan bisa melihat pada masa apa candi ini dibangun, lanjut Anjar.

Dari zaman Mataram Islam?

Penemuan runtuhan candi baru di Bedingin, Mlati Sleman, DIY, mengundang sejumlah pertanyaan pada masa apa candi tersebut dibangun. Menurut analisis Anjar Nugroho, Staf Perlindungan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta, dari batuan yang digunakan sebagai bahan bangunan candi, bisa diketahui dari masa apa candi tersebut dibangun.

Ditemukan: Candi Baru di Bedingin Sleman, Dari Kerajaan Mataram Islam?


Menurutnya, jenis candi yang menggunakan batuan andesit biasanya dibangun pada masa Mataram Hindu dan Mataram Buddha. Sedangkan yang menggunakan batu bata merah, biasanya digunakan pada masa Mataram Islam.

Yang ditemukan ada dua jenis batuan, andesit dan juga batu bata, nah ini yang masih kami terus analisis untuk menentukan pada masa apa candi ini dibangun, jelas Anjar di lokasi penemuan, Jumat (15/11/13).

Dilihat dari lokasinya, candi yang baru ditemukan ini berjauhan dengan candi yang lainnya. Candi terdekat dari lokasi penemuan adalah candi di UII yang berjarak sekitar 10 kilometer yang baru ditemukan pada 2010.

Candi yang ini cukup jauh dari candi lainnya, yang terdekat itu penemuan candi di UII. Di sana semua terbuat dari batuan andesit, sementara yang di sini ada bagian yang menggunakan batu bata merah, ungkap Anjar.

Ditemukan: Candi Baru di Bedingin Sleman, Dari Kerajaan Mataram Islam?


Menurut Anjar, hingga kini pihaknya masih belum bisa menentukan struktur candi karena masih perlu melakukan penggalian lebih dalam lagi. Ini karena lokasinya yang berada di perumahan dan sawah. Untuk itu, pihak BPCB akan bernegosiasi dengan pemilik sawah dan rumah untuk meminta izin melakukan penggalian.

Setelah evakuasi selesai, kami akan bernegosiasi dengan pemilik sawah dan kontraktor rumah, tapi itu masih menunggu hasil dari analisis setelah tanggal 22 nanti, pungkasnya.

Ada Lempengan dan Priuk Emas di Situs Candi Sleman

Lempengan emas ukuran 2 sentimeter, semacam peripih, guci kecil dari tanah liat, dan sebuah periuk kecil ditemukan di situs candi yang ditemukan di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tim eskavasi awalnya menemukan 19 blok batu candi. Pada eskavasi Rabu (13/11/13), tim mendapat temuan yang mengejutkan yakni periuk berisi lempengan emas dan perak.

“Lempengan emas itu ada tulisannya tetapi belum bisa kami baca,” ujar Pokja Perlindungan BPCB, Muhammad Taufik kepada Republika, Jumat (15/11/13).

Temuan sementara, tim mengindikasikan situs tersebut merupakan sebuah candi. Hal itu diketahui dari temuan komponen candi seperti antefik, sisi genta yang merupakan bagian dinding candi dan makara dari tangga candi. “Ada indikasi temuan ini merupakan candi karena kami menemukan komponen seperti antefik dan makara,” ujarnya.

Situs candi tersebut, kata Taufik, tergolong merupakan temuan baru. Karena Situs Bedingin tidak ada dalam catatan perjalanan Raffles yang mendaftar candi di Jawa. Namun, tim belum menemukan struktur atau pondasi utuh dari sebuah candi. “Makanya, kami akan gali terus tanah di sekitar candi,” ujarnya.

“Kami masih mendalami temuan itu, masih dugaan, itu peninggalan Mataram Hindu,” kata Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Daerah Istimewa Yogyakarta Tri Hartono. “Tetapi (kesimpulan) tepatnya nanti kalau sudah diteliti.
Ditemukan: Candi Baru di Bedingin Sleman, Dari Kerajaan Mataram Islam?


Selama ini sudah ditemukan sebanyak 26 batu dan enam batu bata berbagai ukuran. Untuk menjaga batu-batu yang sudah ditemukan itu, barang temuan diamankan di kompleks kantor Komando Rayon Militer (Koramil) Mlati, sedangkan periuk kecil diamankan di kantor BPCP.

Ia menambahkan, di dusun itu memang sejak dulu sering ditemukan batu-batu blok yang diduga merupakan bangunan candi. Batu-batu temuan banyak disimpan di kompleks Koramil. “Ada temuan struktur candi, tetapi belum tahu persis seperti apa karena masih awal,” kata Tri.

Setelah ekskavasi selama 10 hari, tim kantor Balai mengkaji temuan itu. Untuk tindakan setelah ekskavasi, kata Tri, masih menunggu kajian-kajian mendalam. (republika/ merdeka).
nyimak92
anasabila
4iinch
4iinch dan 2 lainnya memberi reputasi
3
4.4K
28
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.