Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Benarkah Perusahaan Minyak Akan "Tumbang" Di Era Kendaraan Listrik?

datalkAvatar border
TS
datalk
Benarkah Perusahaan Minyak Akan "Tumbang" Di Era Kendaraan Listrik?
Bismillah...
Halo gansis,

Hampir bisa dipastikan, kendaan listrik akan menjadi kendaraan masa depan yang akan banyak digunakan oleh manusia. Keunggulan tenaga listrik yang lebih hemat dan lebih ramah lingkungan dibanding BBM membuat bahan bakar listrik dilirik oleh banyak pihak.

Benarkah Perusahaan Minyak Akan "Tumbang" Di Era Kendaraan Listrik?

Prototype mobil listrik Lowo Ireng buatan ITS Surabaya

Kira-kira boomingkendaraan listrik sudah mulai sejak 10 tahun lalu. Di dalam negeri sebenarnya sudah ada yang membaca trend tersebut yaitu Dahlan Iskan yang memanggil pulang beberapa talent ahli kendaraan listrik yang sudah sukses di luar negeri seperti Ricky Elson dan Danet P untuk pulang mengembangkan kendaraan listrik dalam negeri. Namun, sepertinya terlalu banyak "ganjalan" yang membuat rencana tersebut tidak berjalan lancar.

Pabrikan-pabrikan mobil besar baik di dalam maupun luar negeri sudah mulai memproduksi kendaraan listrik. Bahkan Tesla yang khusus memproduksi mobil listrik pamornya makin naik dan dinobatkan sebagai perusahaan otomotif dengan performa terbaik selama dekade kemarin. Di dalam negeri, perusahaan Jepang yang merajai industri otomotif tanah air juga sudah ancang-ancang dengan meluncurkan mobil hybrid (bahan bakar fosil dan listrik) di mobil-mobil high endmereka.

Benarkah Perusahaan Minyak Akan "Tumbang" Di Era Kendaraan Listrik?

Tesla model 3 yang cukup laku di pasaran (tesla.com)

Berdasarkan data dari IEA, tahun 2025 akan ada 50 juta kendaraan listrik di jalanan dan akan menjadi 300 juta tahun 2040 dibandingkan saat ini yang mencapai 2 juta.


Kira-kira 10-20 tahun lagi, mobil listrik akan menjadi mainstreamdan mendominasi jalanan.

Benarkah Perusahaan Minyak Akan "Tumbang" Di Era Kendaraan Listrik?
IEA, "Share of coal-fired power generation in the Sustainable Development Scenario, 2000-2040", IEA, Paris https://www.iea.org/data-and-statist...ario-2000-2040

Pertanyaannya, Jika kendaraan masa depan menggunakan tenaga listrik, bagaimana nasib perusahaan minyak yang memproduksi bahan bakar minyak misal Pertamina, Shell, Total, BP, Exxon dan lain-lain?

Apakah perusahaan-perusahaan raksasa yang kaya raya itu akan kehilangan pasar dan mengalami sunset?

Ternyata tidak juga GanSis. Beberapa pakar dan pengamat energi bilang kalo perusahaan minyak akan tetap survivemeskipun bahan bakar kendaraan listrik akan mendominasi. Salah satunya adalah Dan Eberhart. Dalam artikel yang Ia ditulis di Forbes bilang kalau era kendaraan listrik tidak akan membunuh perusahaan minyak.

Alasannya, sektor lain yang membutuhkan bahan bakar minyak juga sedang tumbuh dengan cepat. Misalnya industri petrochemical, heavy industri, penerbangan, kendaraan-kendaraan berat, shippingdsb. Pertumbuhan di industri-industri tersebut akan menutup penurunan permintaan bahan bakar fosil untuk mobil. Contoh produk industri petrochemical adalah gas alam, oli/pelumas, aromatic, gula dsb yang pasti masih dikonsumsi oleh manusia. Belum lagi di era e-commerce, internet dan globalisasi, industri shipping atau pengiriman barang antar negara jauh berkembang dibanding sebelum-sebelumnya.

Benarkah Perusahaan Minyak Akan "Tumbang" Di Era Kendaraan Listrik?
Produk yang dihasilkan oleh minyak mentah (foto : pinterest)

Di Pertamina sendiri setahu ane selain produksi BBM, juga punya unit lainnya misalnya Geothermal atau panas bumi dan energi terbarukan lain yang juga akan berkembang di masa depan.

Jadi kesimpulannya, permintaan BBM untuk kendaraan memang akan menurun jauh di masa depan, tapi hal itu diperkiraan tidak akan sampai membunuh industri minyak dunia karena permintaan sektor lain juga masih tinggi dan terus tumbuh.

Sekian sharing dari ane, semoga bermanfaat. sekali-kali bahas yang berat biar kayak orang bener gitu emoticon-Big Grin

sumur 1, 2


Baca trit ane lainnya gan :
Diubah oleh datalk 22-01-2020 10:05
anasabila
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1K
15
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.