News
Batal
KATEGORI
link has been copied
148
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e211ca0018e0d27c73dd30f/harga-elpiji-3-kg-naik-apakah-penggantian-skema-pemberian-subsidi-ini-lebih-efisien
Topik tersebut membicarakan mengenai rencana pemerintah (Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral) yang akan mencabut subsidi gas elpiji 3 kilogram (kg). Pencabutan subsidi ini tentunya akan membuat harga gas elpiji 3 kg mengalami kenaikan.
Lapor Hansip
17-01-2020 09:32

Harga Elpiji 3 Kg Naik! Apakah Penggantian Skema Pemberian Subsidi Ini Lebih Efisien?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Harga Elpiji 3 Kg Naik! Apakah Penggantian Skema Pemberian Subsidi Ini Lebih Efisien?

Agan Sista!

Kalian tau ga topik yang sedang hangat diperbincangkan beberapa hari terakhir?

Topik tersebut membicarakan mengenai rencana pemerintah (Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral) yang akan mencabut subsidi gas elpiji 3 kilogram (kg). Pencabutan subsidi ini tentunya akan membuat harga gas elpiji 3 kg mengalami kenaikan. Gas elpiji 3 kg yang awalnya dijual dengan harga sekitar Rp 18 ribu per tabung, rencananya akan dijual sesuai dengan hitungan harga tabung gas elpiji 12 kg. Jika harga jual gas elpiji 12 kg saat ini adalah Rp 139 ribu, maka harga per kilo gramnya adalah Rp 11.583, sehingga harga jual untuk gas elpiji 3 kg adalah Rp34.749.

Pemerintah mengatakan bahwa masyarakat kurang mampu tak perlu khawatir dengan kenaikan harga gas elpiji 3 kg, karena sebenarnya pemerintah hanya mengganti skema pemberian subsidi agar subsidi elpiji 3 kg yang diberikan oleh pemerintah bisa lebih tepat sasaran. Pemerintah ingin subsidi tersebut langsung diterima oleh si penerima manfaat, yaitu dengan cara mentransfer langsung uang subsidi tersebut kepada si penemrima manfaat.

Harga Elpiji 3 Kg Naik! Apakah Penggantian Skema Pemberian Subsidi Ini Lebih Efisien?

Hasil survei yang dilakukan ole kementrtian ESDM menyebutkan bahwa rata-rata tabung gas yang digunakan oleh masyarakat kurang mampu adalah 2-3 tabung setiap bulannya. Hal ini dijadikan patokan oleh pemerintah, sehingga nantinya pemerintah akan memberikan subsidi untuk 3 tabung gas elpiji 3kg setiap bulannya dan untuk pembelian ke-empat hingga seterusnya masyarakat tidak lagi disubsidi oleh pemerintah.

Quote:"Misalnya direkap beli sebulan 10 tabung. Sebulan 3 tabung 7 tabung nggak kita subsidi,"

- Djoko Siswanto, Plt Dirjen Migas Kementerian ESDM –


Harga Elpiji 3 Kg Naik! Apakah Penggantian Skema Pemberian Subsidi Ini Lebih Efisien?

Rencana kebijakan pemerintah ini tentunya mendapatkan pandangan dari masyarakat, salah satunya adalah seorang pedagang bakso keliling di Kabupaten Bandung Barat, Yadi Supriyadi. Ia mengatakan bahwa kebijakan tersebut sangat memberatkan untuk dirinya, pasalnya sebagai penjual bakso ia membutuhkan lebih banyak tabung gas dalam setiap bulannya. Ia harus mengganti tabung gasnya setiap 2 hari sekali karena tabung gas tersebut terus ia gunakan untuk membuat dagangannya tetap hangat setiap saat. Belum lagi tabung gas di rumahnya yang ia gunakan untuk membuat adonan bakso. Untuk Yadi, kenaikan harga tabung gas elpiji 3 kg akan sangat berdampak terhadap harga jual bakso dagangnannya. Dalam menanggapi kabar ini, Yadi berharap agar pemerintah tidak memberatkan masyarakat kurang mampu seperti dirinya, ia berharap agar pemerintah bisa memberikan reguasi khusus, misalnya dengan adanya kartu subsidi, sehingga subsidi yang diberikan pemerintah bisa lebih tepat sasaran.

Lina, seorang pedagang kaki lima di Lembang juga memberikan pandangannya terhadap rencana kenaikan harga gas elpiji 3 kg. Meski merasa keberatan, Lina mengatakan bahwa ia bisa menyetujui kebijakan ini asalakan uang subsidi tersebut bisa digunakan untuk hal-hal lain yang jauh lebih membantu masyarakat, misalnya untuk BPJS yang iurannya baru saja naik dan sangat memberatkan masyarakat.

Quote:“Sekarang saja kami lebih berat dengan BPJS, masa untuk usaha juga diperberat juga, tolong lah Pak Jokowi memahami,"

- Lina -


Nah, kalau pandangan Agan dan Sista mengenai rencana kenaikan harga gas elpiji 3 kg ini bagaimana? Apakah menurut kalian penggantian skema pemberian subsidi yang dilakukan pemerintah bisa lebih tepat sasaran? Atau justru jauh lebih memberatkan masyarakat? Atau jangan-jangan akan jauh lebih tepat sasaran jika ada kartu subsidi seperti yang dikatakan oleh Yadi (penjual bakso)?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xyvarx dan 7 lainnya memberi reputasi
8
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 8
Harga Elpiji 3 Kg Naik! Apakah Penggantian Skema Pemberian Subsidi Ini Lebih Efisien?
21-01-2020 12:32
Quote:Original Posted By buzzer.beater
secara teori menurut ane udah oke, skema subsidi juga bakal lebih tepat sasaran karena pemerintah ngasih potongan harga langsung (kuota maks 3 tabung) ke orang yang bener" butuh. tinggal eksekusinya nih emoticon-2 Jempol

tapi menurut ane pemerintah juga harus mikirin kebijakan gas khusus pedagang kecil. kan kalo mereka jualannya bisa tetep murah, banyak rakyat kecil yang kebantu juga emoticon-Toast


Nah ini juga ya harus di pikirin
Pedagang kecil juga dapet subsidi ga??yg ada ntar jualan makanan jadi ikutan naek
0 0
0
Harga Elpiji 3 Kg Naik! Apakah Penggantian Skema Pemberian Subsidi Ini Lebih Efisien?
21-01-2020 13:04
kalo hanya diliat sebatas dr nominalnya saja.. emg mungkin akan terasa memberatkan, tp balik lagi tujuan pemerintah ingin menyasarkan ke pihak yg tepat..
nahh, baik buruknya gk akan bisa diketahui kalo blm dicoba.. seandainya nanti nyatanya lebih banyak memberatkan rakyat kecil drpd persentase tepat sasarannya.. toh jg masih bisa di evaluasi lagi dan direvisi kebijakannya
0 0
0
Harga Elpiji 3 Kg Naik! Apakah Penggantian Skema Pemberian Subsidi Ini Lebih Efisien?
21-01-2020 13:06
subsidi gas 3kg ini memang ga tepat sasaran, banyak kaum yg ekonomi menengah keatas pun pake tabung ijo ini. Ane dirumah juga pake tabung ijo, padahal ada gas yg tabung biruemoticon-Leh Uga
0 0
0
Lihat 1 balasan
Harga Elpiji 3 Kg Naik! Apakah Penggantian Skema Pemberian Subsidi Ini Lebih Efisien?
Lapor Hansip
21-01-2020 13:10
Balasan post 54m5u4d183
iya gan pemerintah cuma ganti cara aja biar sasarannya lebih tepat gitu
profile-picture
54m5u4d183 memberi reputasi
1 0
1
Harga Elpiji 3 Kg Naik! Apakah Penggantian Skema Pemberian Subsidi Ini Lebih Efisien?
21-01-2020 13:11
balik lagi ke minyak tanah.. kompor sumbu gan
0 0
0
Harga Elpiji 3 Kg Naik! Apakah Penggantian Skema Pemberian Subsidi Ini Lebih Efisien?
21-01-2020 13:11
ane setuju2 aja sih karena tujuannya itu biar sasarannya lebih tepat aja. jadi pemerintah naikin harga, tapi ngasih duitnya ke yang butuh secara langsung. lebih kena bagi yang membutuhkan sih menurut ane
0 0
0
Harga Elpiji 3 Kg Naik! Apakah Penggantian Skema Pemberian Subsidi Ini Lebih Efisien?
21-01-2020 13:12
tapi gimanapun pasti masyarakat agak berkomentar sih dengan kenaikan harga ini. menurut ane sosialisasiin aja di tv tujuan utamanya gan
0 0
0
Harga Elpiji 3 Kg Naik! Apakah Penggantian Skema Pemberian Subsidi Ini Lebih Efisien?
Lapor Hansip
21-01-2020 13:13
Balasan post bogreeek
hahahaha betul banget gan
0 0
0
Harga Elpiji 3 Kg Naik! Apakah Penggantian Skema Pemberian Subsidi Ini Lebih Efisien?
21-01-2020 13:14
tabung 3kg juga di timbun buat jualan. serba salah
0 0
0
Harga Elpiji 3 Kg Naik! Apakah Penggantian Skema Pemberian Subsidi Ini Lebih Efisien?
Lapor Hansip
21-01-2020 13:14
Balasan post andrikfk
saluran distribusinya nanti agak ribet gan mau dijatah2in gitu, belum lagi datanya belum tentu sama. takutnya malah gadapet karena ribet gitulho
0 0
0
Harga Elpiji 3 Kg Naik! Apakah Penggantian Skema Pemberian Subsidi Ini Lebih Efisien?
21-01-2020 13:15
ya semoga usaha pemerintah yang ini bisa tercapai tujuan utamanya biar sasarannya makin tepat gan. kita hanya bisa berpendapat dan mendukung
0 0
0
Harga Elpiji 3 Kg Naik! Apakah Penggantian Skema Pemberian Subsidi Ini Lebih Efisien?
21-01-2020 13:25
gejolak pasti timbul di masyarakat
0 0
0
Harga Elpiji 3 Kg Naik! Apakah Penggantian Skema Pemberian Subsidi Ini Lebih Efisien?
Lapor Hansip
21-01-2020 13:30
Balasan post ronin1969
Bener sih kata komentar di atas, dalam pelaksanaanya pasti bakalan banyak yg ga trpat sasaran.
0 0
0
Harga Elpiji 3 Kg Naik! Apakah Penggantian Skema Pemberian Subsidi Ini Lebih Efisien?
21-01-2020 13:52
ane sihmah mau naik brp juga gak masalah, paling dagangan ane dinaikan emoticon-Ngakak
0 0
0
Harga Elpiji 3 Kg Naik! Apakah Penggantian Skema Pemberian Subsidi Ini Lebih Efisien?
21-01-2020 13:53
ya setuju aja sih..
barang subsidi kok dijual bebas.
yg listrik 900 jg tuh
0 0
0
Harga Elpiji 3 Kg Naik! Apakah Penggantian Skema Pemberian Subsidi Ini Lebih Efisien?
21-01-2020 13:57
Quote:Original Posted By raja1998
iya gan pemerintah cuma ganti cara aja biar sasarannya lebih tepat gitu


Yupz
0 0
0
Harga Elpiji 3 Kg Naik! Apakah Penggantian Skema Pemberian Subsidi Ini Lebih Efisien?
21-01-2020 14:06
di kampung² tuh subsisidi gak mgena, bayak orang mampu yg menyalah gunakan
0 0
0
Harga Elpiji 3 Kg Naik! Apakah Penggantian Skema Pemberian Subsidi Ini Lebih Efisien?
21-01-2020 14:14
Pedagang bisa mati semua bray dijamin. Selamat datang era arang dan kayu lagi
0 0
0
Harga Elpiji 3 Kg Naik! Apakah Penggantian Skema Pemberian Subsidi Ini Lebih Efisien?
21-01-2020 14:35
Quote:Original Posted By temenfisherman
inilah betapa repot dan capenya kalau sebuah komoditas harga ada dua. emoticon-Cape d... udah marak penyalahgunaan, penyeludupan. habis waktu, tenaga dan biaya2 untuk bisa ngebedain orang mana yang berhak sama harga yang mana.


Bener gan, memang byk "kenakalan" ketika komoditas penting diberlakukan harga yg berbeda. pengawasan penyaluran "bantuan" dalam subsidi ada saja penyelewangn. byk kasus terjadi emoticon-Cape deeehhemoticon-Cape deeehh
0 0
0
Harga Elpiji 3 Kg Naik! Apakah Penggantian Skema Pemberian Subsidi Ini Lebih Efisien?
21-01-2020 15:46
Menurut ane lebih tepat. Pengguna melon udah terlalu general, hampir semua orang kaya pake tu melon. Gak tepat sasaran dan tujuan semula jadinya.
0 0
0
Halaman 6 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia