phoeziesAvatar border
TS
phoezies
Jokowi : Masterplan banjir Jakarta sudah ada, Nggak usah ada ide baru
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan masterplan untuk banjir Jakarta sudah ada sejak tahun 1973. Menurutnya, tidak perlu ada ide-ide baru di luar masterplan itu.

"Masterplan banjir untuk Jakarta ini sebetulnya sudah ada tahun 73. Sudah ada harus melakukan apa, apa, apa, ada semuanya. Jadi nggak usah ada ide-ide baru, master plannya sudah ada kok. Sungai semuanya dilebarkan, teknisnya mau pakai normalisasi, naturalisasi silakan, tapi dilebarkan semua sungai itu yang tengah, semua sungai harus dilebarkan," kata Jokowi kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (17/1/2020).

Untuk itu dia menegaskan Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Pusat, khususnya Kementerian harus bersinergi untuk penanganan banjir. Dia menekankan penanganan dari hulu ke hilir harus diutamakan.

Baca juga: Jokowi Pastikan Semua PNS di Jakarta Pindah ke Kaltim 2024



Jokowi mengatakan sudah ada dua bendungan yang diselesaikan, tetapi bendungan itu hanya berurusan dengan Sungai Ciliwung saja. Rehabilitasi hutan juga diperlukan untuk mencegah terjadinya longsor.

"Kalau daerah tangkapan hujan tidak diperbaiki, run off water yang masuk ke bawah akan semakin banyak baik itu di Bekasi ke Jakarta maupun di Banten. Problemnya ada di situ di hulu di sana dibuat bendungan yang kedua rehabilitasi hutan lahannya juga diselesaikan, kalau ndak sampai kapanpun nggak akan rampung itu hulunya," terang Jokowi.

Baca juga: Jawab Rocky Gerung, Jokowi Tak Masalah Jika Didemo Soal Banjir



Sungai-sungai juga menurut Jokowi perlu dilebarkan. Teknis pembagiannya pengerjaannya, Jokowi menyerahkan ke Pemprov dan Kementerian.

"Bukan hanya Ciliwung saja ada Pesanggrahan, ada Buaran, Kali Cipinang, Kali Sunter dan lain-lainnya. Semuanya perlu dilebarkan. Itu tanyakan Kementerian PU pembagiannya dengan pemerintah provinsi seperti apa yang di Jawa Barat seperti apa, yang di Banten seperti, apa yang di Jakarta seperti apa," kata Jokowi.



Simak Video "Gerindra DKI Minta Jokowi Turun Tangan Atasi Banjir Jakarta!"

https://news.detik.com/berita/d-4863...h-ada-ide-baru

"Masterplan banjir untuk Jakarta ini sebetulnya sudah ada tahun 73. Sudah ada harus melakukan apa. Jadi nggak usah ada ide-ide baru," kata Jokowi.
koi7
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 5 lainnya memberi reputasi
4
1.7K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.1KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.