Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • (Calon Pebisnis Masuk) Ini 5 Bisnis yang bakalan Booming Tahun 2020 Gan!

dunn.willsworthAvatar border
TS
dunn.willsworth
(Calon Pebisnis Masuk) Ini 5 Bisnis yang bakalan Booming Tahun 2020 Gan!
Halo kaskusers!

Tidak terasa, tahun 2019 sudah berganti ke tahun 2020. Di tahun baru ini, adakah di antara agan yang memiliki resolusi untuk membuat usaha agan lebih sukses lagi?

Nah, berdasarkan riset sederhana yang dilakukan oleh PanduanIM, ada 81% karyawan yang awal mulanya punya keinginan untuk jadi pengusaha.

Sayangnya, saat ini keinginan untuk melanjutkan impiannya pupus karena beragam alasan, entah karena sudah berkeluarga dan besar risikonya jika harus terjun ke dunia bisnis, atau karena hal yang paling mendasar: merasa aman karena berada di zona nyaman.

Salah satu faktor yang membuat enggan untuk memulai adalah karena tidak tahu harus berbisnis apa yang punya potensi besar di tahun mendatang, belum lagi harus membagi waktu antara pekerjaan dan bisnis baru yang mau tidak mau menjadi sampingan.

Saya berusaha merangkum ide bisnis bisa kamu mulai di tahun 2020. Kabar baiknya, dengan melihat tren sebelumnya, besar kemungkinan ide bisnis ini akan booming! Ini dia daftarnya:

“The most important thing is what you do when you’re awake”

– Gary Vaynerchuk

Bisnis#1 Menjadi Digital Marketer

Tahukah kamu bahwa beragam industri di dunia membutuhkan tenaga digital marketer yang andal namun kesulitan dalam menemukannya?

Menurut pemaparan Purwadhika Startup and Coding School pada saat diwawancara oleh tim inspigo, pada era digital seperti sekarang, kebutuhan akan talent talent digital semakin banyak, salah satunya digital marketer.

Namun, jumlah talent yang benar-benar paham soal mindset dan ilmu dasar pemasaran digital sangat terbatas, oleh karenanya mereka membuat beragam program persiapan untuk orang-orang yang ingin memperdalam ilmu atau beralih karir sebagai seorang digital marketer.

Tugas utama kamu sebagai sorang digital marketer biasanya adalah membuat sebanyak mungkin orang mengetahui keberadaan sebuah produk, tertarik dan mengonversi mereka menjadi leads yang berkualitas.

Tentunya hal ini bisa bervariasi, tergantung kesepakatan antara kamu dan si perusahaan,

Ketika kita bisa menjalankan peran tersebut dengan baik, tentu saja ada keuntungan finansial yang bisa kamu dapatkan.

Berdasarkan pengalaman saya, pola pembayaran yang bisa kita terima sebagai pemasar digital terbagi menjadi 3:

Fix Salary
Meskipun kamu menawarkan jasa ini sebagai seorang pekerja lepas / freelancer, kamu tetap bisa menawarkan pola kerjasama dengan fix salary ini, pendapatan bisa diakhirkan atau dibayarkan setengah di awal dan setengah di akhir, tergantung kesepakatan. Biasanya, dengan memberikan bantuan jasa pemasaran digital ke usaha level menengah, kamu bisa mendapatkan 3 – 6 juta per bulan.

Variable Salary (Profit Sharing/Item)
Pendapatan yang kamu terima tergantung closing yang dihasilkan oleh tim sales perusahaan yang kamu bantu. Presentasi bagi hasil yang bisa kamu terima bervariasi, bisa di angka 5% – 20% dari harga jual atau profit yang didapat per produk.

Kombinasi keduanya
Pembayaran dilakukan di awal Sebelum bekerja dengan nominal yang tidak terlalu besar, sisanya dibayarkan di akhir bulan tergantung bagi hasil penjualan.

Bisnis #2 – Affiliate Marketer

Hampir mirip dengan jasa pemasaran digital yang diberikan bagi hasil dari kesepakatan presentase per produk yang terijual. Namun, ada perbedaan yang paling mendasar dibandingkan ide bisnis pertama:

Besar kemungkinan kita menyiapkan infrastruktur digital sendiri, misal membuat landing page sendiri, tools penunjang sendiri, dll.
Pengeluaran iklan berasal dari diri sendiri
Besaran bagi hasil bukan berdasarkan negosiasi, melainkan sistem yang Sudah ditentukan oleh si perusahaan
Jika kamu mengambil keputusan untuk mengambil peluang ini, saya sangat menyarankan untuk menjadi Affiliate Marketer dari produk digital. Kenapa?

Karena biaya produksi produk digital murah (hanya satu kali produksi), keuntungan yang bisa diberkan untuk pemilik produk maupun marketer bisa sangat besar.

Biasanya, jika harga produk 500 ribuan, kita bisa mendapatkan bagi hasil hingga 200 ribu per produk yang terjual. Belum lagi biasanya juga ada pola kompetisi pada sistem afiliasi ini dan urutan 1 – 10 dengan sales terbanyak bisa mendapatkan bonus tambahan.

Bukankah ini hal yang menarik untuk dicoba?

Bisnis #3 – Pembuatan Website

Saat ini kita hidup di era di mana menjadi Pengusaha adalah suatu hal yang dianggap keren. “CEO PT. BukuPupuk” terpampang di kartu nama dan dibagikan ke mana-mana saat berjejaring.

Berita soal startup digital maupun konvensional juga terpampang di berbagai media, dan festival kewirausahaan ramai bukan main, tengok saja Tech In Asia Conference di berbagai kota besar, Innovfest Unbound di Singapura, dan TDA festival.

Intinya adalah, jumlah pengusaha semakin banyak!

Artinya semakin banyak juga yang membutuhkan website sendiri, terutama website yang memiliki loading cepat dan ringan, ramah mesin pencari, dan memudahkan transaksi.

Untuk memulai pembuatan website ini, setidaknya yang sederhana, kamu membutuhkan pengetahuan dasar soal WordPress, Plug-In Woo Commerce, dan Plug-In Elementor. Sebagai pelengkap, kamu juga perlu menerapkan dasar dasar SEO dan web tracking dengan facebook pixel atau google analytics.

Coba pelajari bagaimana kontenesia.com membuka layanan pembuatan website dengan harga terjangkau dengan paket SAMBO nya

Dengan membuka jasa ini, kamu bisa mendapatkan 2jt – 6jt per website untuk satu buah website sederhana dan berkualitas. Harga tentunya bisa bervariasi sesuai fitur yang mau diterapkan dalam website yang dibuat.

Bisnis #4 – Produk Desain Grafis

Apakah kamu tahu bahwa mendesain produk desain grafis dan menjualnya di berbagai marketplace bahkan bisa membantumu mendapatkan lebih dari 100 juta sebulan? Tentu saja tidak bisa langsung sebanyak itu ketika baru memulai.

Tunggu, tunggu, boleh jelaskan lebih detail lagi soal peluang ini?
Tentu saja!

Sebelumnya, mari kita kembali ke poin bahwa sekarang adalah eranya entrepreneurship. Usaha baru banyak bermunculan dalam berbagai skala.

Saat ini para Pengusaha lebih fokus pada hal hal seputar pengembangan produk dan strategi pemasaran, sisanya adalah komplementer, pelengkap dan pendukung, termasuk desain grafis.

Bukan, bukan, di sini saya tidak bilang bahwa peranan desainer grafis in-house tidak dibutuhkan, namun peranan yang tadinya benar benar membuat semua kebutuhan desain dari sketsa, bergeser menjadi pengonsep dan peramu dari template dan aset aset grafis yang sudah tersedia, terutama untuk kebutuhan pemasaran harian.

Sebagai pembuat produk atau aset desain grafis, apa yang bisa kamu buat dan di mana harus menjualnya?

Ini beberapa hal yang bisa kamu buat:

Font
Template Presentasi
Template Brosur, Pamflet, Laporan Tahunan, dll.
Icon, Logo, Background, dll
Ini tempat kamu bisa menjual semua yang sudah kamu buat:

elements.envato.com
graphicriver.net
creativemarket.com
thehungryjpeg.com
fontbundle.net

Untuk bisa belajar lebih jauh mengenai dunia pembuatan produk desain grafis ini, kamu bisa bergabung ke grup facebook IdEA : Indonesian Envato Author atau membaca semua tulisan Rian Rahardi di Medium

Bisnis #5 – Jasa Penulisan Artikel

Masih berkaitan dengan banyaknya usaha baru bermunculan, kebutuhan untuk pembuatan artikel juga meningkat karena para pemilik bisnis menginginkan agar bisnisnya dapat tampil di halaman utama mesin pencari sekaligus memberikan manfaat ke target marketnya.

Sebagai penulis artikel / content writer, mutlak bagi kamu untuk memiliki wawasan dasar seputar Search Engine Optimization (SEO) agar karyamu nyaman dibaca oleh manusia maupun mesin pencari.

Untuk belajar seluk beluk seputar SEO, ada satu panutan saya: Ibrahim Vatih. Lewat blognya vatih.com ia kerap berbagi wawasan mendalamnya seputar dunia blog.

Bahkan, jika kamu ingin terjun lebih dalam lagi, sebagai blogger yang menghasilkan uang lewat layanan AdSense misalnya, kamu bisa mendaftar kursus premiumnya, coba search “revorma premium” atau masuk ke vatih.com/premium

Oke, kembali ke pembahasan, dengan menawarkan jasa penulisan artikel ini, kamu bisa mendapatkan tambahan mulai dari 50,000 hingga 500,000 per artikel. Tentunya pastikan artikel yang Kamu buat bermanfaat dan bisa memenuhi deadline yang disepakati bersama, ya.

Nah, mungkin segitu dulu share dari saya gan. Btw sebenarnya saya udah membuat lebih dari 20+ ide usaha yang mungkin bisa menjadi referensi buat agan juga.

Bisa dilihat selengkapnya di sini.

Belajar lebih lengkap soal digital marketing GRATIS? Yuk, kunjungi blog saya di Kupas Tuntas Marketing.
Diubah oleh dunn.willsworth 19-01-2020 06:16
anasabila
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.2K
3
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread83.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.