betiatinaAvatar border
TS
betiatina
Jangan Remehkan Guru Paud, Berikut Ini Kemampuan Mereka!
Hallo gansis, bagaimana kabar nih? Semoga selalu sehat ya, Aamiin


Selamat datang di thread ane ya gansis, jangan bosen deh pokoknya. Karena ane akan terus menyapa kalian semua, para kaskuser Indonesia.

Kali ini, kita mau ngobrol tentang Pendidik Anak Paud. Selama ini, profesi satu ini sering dipandang sebelah mata. Dianggap ga punya keahlian, tinggal tepuk-tepuk doang.





Padahal, menjadi guru Paud itu harus punya beberapa keahlian dasar, agar bisa menyampaikan ilmu pada anak didik usia prasekolah dengan suasana aman dan nyaman.
Gimana ga berat tuh. Yang di rumah aja, punya satu anak balita aktif, sudah repot bukan main. Nah ini, banyak balita loh gansis. Udah kebayang gimana repotnya?







Inilah beberapa kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang guru Paud

1. Sabar
Inilah modal paling utama yang harus dimiliki oleh seorang guru Paud. Terutama dalam menghadapi anak-anak dengan berbagai karakter dan pola asuh yang beragam. Jika gansis ingin menjadi guru Paud, harus punya stok sabar yang melimpah.

2. Kreatif
Ini adalah poin penting yang juga harus dimiliki oleh guru Paud. Harus kreatif dalam berbagai hal. Yaitu dalam membuat kegiatan berkarya, dalam menguasai kelas, dalam menyelesaikan persoalan, serta dalam mengembangkan kemampuan siswa. Anak-anak kreatif terlahir dari guru yang juga kreatif loh gansis.





3. Totalitas
Nah, menjadi guru Paud juga harus siap menjalani profesi ini secara total. Maksudnya apa nih? Dengan totalitas di sini. Maksudnya adalah seorang guru Paud harus bisa menjadi contoh yang nyata dari setiap pengajaran yang diberikan. Misal tema binatang, ya gurunya harus bisa menirukan suara binatang. Atau paling tidak, guru bisa mencarikan suara yang sama dengan binatang yang sedang dibahas, jika tidak bisa menghadirkan binatang sungguhan.


4. Loyal dan Tidak Jijik
Ternyata berat juga ya menjadi guru Paud. Mereka harus siap menghadapi banyak hal di dalam maupun di luar kelas. Baik itu mencakup hal yang terstruktur SOP atau yang tidak. Mereka harus mau bekerja keras tanpa mengenal lelah. Dan tidak boleh jijik terhadap siswa yang mengalami hal-hal berikut:
1. Siswa buang air
2. Siswa sakit
3. Siswa muntah
4. Siswa batpil
Dll
Guru Paud harus siap melayani dan mendampingi siswa yang keadaan fisiknya sedang tidak baik.

5. Ramah
Ada guru Paud tidak ramah? Tenggelamkan(heeeee). Guru Paud harus ramah ya gansis, tidak hanya terhadap para siswa tapi juga wali murid, keluarga murid yang sering berinteraksi dengan sekolah, warga sekitar, juga orang-orang dinas pendidikan.

Nah, bagi gansis yang ingin menjadi guru Paud, tentunya harus mempunyai beberapa poin diatas dalam dirinya.

Semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

Menerima kritik dan saran.

Sumber tulisan. Opini pribadi
Sumber gambar. Dokpri

26, Oktober 2019
4iinch
tien212700
armand112
armand112 dan 26 lainnya memberi reputasi
27
2.4K
109
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.