News
Batal
KATEGORI
link has been copied
140
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e22a6d3af7e931f6b462bb4/katanya-ustadz-kok-salah-melulu-bacaan-qurannya
Sebelum kita membahas soal seorang yang ‘katanya Ustadz’, sosok yang kerap mengisi pengajian di mana-mana, bahkan sering mengisi di Masjid-masjid milik BUMN, tapi sering salah baca ayat Al-Quran, mari membahas terlebih dahulu. Sebenarnya, apa dan siapa sih sebenarnya Ustadz itu? Kita bisa melacaknya asal katanya dahulu. Kata Ustadz, merujuk pada kamus Arab Al-Mu’jamul Wasith, ada beberapa m
Lapor Hansip
18-01-2020 13:33

Katanya Ustadz, Kok Salah Melulu Bacaan Qur’annya?

Katanya Ustadz, Kok Salah Melulu Bacaan Qur’annya?




Sebelum kita membahas soal seorang yang ‘katanya Ustadz’, sosok yang kerap mengisi pengajian di mana-mana, bahkan sering mengisi di Masjid-masjid milik BUMN, tapi sering salah baca ayat Al-Quran, mari membahas terlebih dahulu.


Sebenarnya, apa dan siapa sih sebenarnya Ustadz itu?

Kita bisa melacaknya asal katanya dahulu. Kata Ustadz, merujuk pada kamus Arab Al-Mu’jamul Wasith, ada beberapa makna.  Yakni pengajar, orang yang mempunyai kehalian dalam satu bidang keilmuan dan julukan untuk akademisi level tertinggi di Universitas. Namun pada tataran Istilahiyah, secara istilah, kata Ustadz di Indonesia lumrah digunakan untuk menyebut orang yang mengajarkan ilmu agama, baik di Pesantren, seekolah umum sebagai pendidik, atau penceramah yang mengisi pengajian-pengajian.


Di Pesantren atau lembaga Pendidikan Islam, yang notabene adalah pusat studi agama, Ustadz adalah guru, pengajar yang sudah tidak diragukan lagi keilmuan agamanya. Dahulu saat saya masih Nyantri, apa yang disampaikan Ustadz membuat saya percaya betul. Tak pernah ada keraguan sedikitpun kepadanya, karena apa?


Pertama karena kedalaman ilmu agamanya dan kedua, adalah soal kehati-hatiannya dalam menyampaikan sesuatu. Kiai saya dahulu di Pesantren pernah berkata,  Ustadz dalam mengajar itu tidak boleh sedikitpun salah, tidak boleh! Alasannya apa? Betapa bahayanya jika pengajarnya menyampaikan sesuatu yang keliru, kemudian dipahami dan diamalkan oleh muridnya, kemudian diajarkan lagi kelak pada muridnya mereka, dan terus seperti itu.


Maka kesalahan dan kekeliruan itu menjadi kesalah Jariyah yang terus-terusan, ini sangat mengerikan. Jadi menjadi seorang ustadz bukan sebuah perkara yang gampang, berat dan tak sembarang orang mampu dan mau. Namun saat ini, di tengah Industrialisasi agama, Ustadz menjadi sebuah komoditi yang sangat menggiurkan, punya jamaah pengajian, diundang dengan bayaran mahal, efek sampingnya juga lumayan, sambil jualan Baju, hijab, bahkan Kopi, Madu, buka jasa Travel umroh dan segala macam lainnya.


Kita pun bertanya, apa Ndak boleh? Ya boleh-boleh saja, namun yang harus diingat adalah, kembali lagi kepada apa itu Ustadz tadi. Yakni sosok yang mengajarkan ilmu agama yang tak boleh sedikitpun salah, apalagi serampangan. Ia harus menguasai ilmu agama dengan benar.


Lha sekarang malah banyak Ustadz jadi-jadian, tak bisa baca Kitab Kuning sebagai dasar untuk belajar ilmu-ilmu agama dari sumber-sumber primer Tau-tau jadi Ustadz, modal sorban, bahasanya pake Ana, Antummodal Hadist Kullu Bid`atin dolalah, kelar perkara.


Menyampaikan tafsir Al-Quran serampangan, bahkan baca Al-Quran saja salah-salah.  Jadi, ini hendak mengajarkan ilmu agama bagaimana? Hal-hal yang paling dasar saja kacau, Lha kenapa dengan berani berani mengisi pengajian agama? Lantas para awam yang ingin memperdalam ilmu agama menjadi korbannya, gilanya lagi, mimbar-mimbar sakral pengajian, mereka gunakan untuk kepentingan-kepentingan politiknya, ini tambah kurang ajar, agama dipakai sebagai bungkus untuk kepentingan-kepentingan politik.

[ltr]Katanya Ustadz, Kok Salah Melulu Bacaan Qur’annya?
Afif Fuad Saidi@AfifFuad

Ga sekali ini haikal hasan baca qurannya ngawur, menafsirkan ayat juga kemarin serampangan, bego aja yg masi anggep dia ustadz.
Salah satu yg bkin suriah hancur, mereka membunuh karakter ulama2 beneran dg ftnah2, smntara mereka mngorbitkan ust abal2.


Katanya Ustadz, Kok Salah Melulu Bacaan Qur’annya?
[/ltr]

Saya sampai Mbelenger, Bosan dengan berbagai kekeliuran mendasar pada ceramah agama yang disampaikan Haikal Hassan, entah di mana dia belajar agama dan kepada siapa, baca Al-quran salah-salah, menafsirkan ayat juga konyol, lha masih saja diulangi. Dan, lebih aneh lagi, masih saja banyak mengundangnya sebagai Ustadz. Padahal,  sudah ketahuan salah, viral, minta maaf, tapi diulangi terus. Salah sekali mungkin keseleo lidah, lha ini terus-terusan, ya memang ilmu agamanya layak kita pertanyakan.



Jika kembali pada terminologi ustadz di atas, kita tentunya harus berani berkata, dia tidak termasuk Ustadz. Tentu saja yang kasihan umat Islam, bisa rusak jika begini terus.


Sekali lagi, ini efek dari Industrialisasi Agama. Sekarang kita memasuki era digital, di mana lahan dakwah terdapat di media sosial. Ketika seseorang itu ‘menang’ di media sosial ya laku. Geliat untuk terus menampilkan Ustadz-ustadz ‘beneran’ di kalangan Islam moderat, NU dan Muhammadiyah memang  sudah dilakukan, namun masih kalah jauh dari produsen ‘Ustadz abal-abal’ tersebut.


Namun paling tidak, tulisan semacam ini mampu menggugah hati kita untuk lebih berhati-hati mendatangi dan menonton pengajian di tengah banyaknya Ustadz yang enggak jelas keilmuwannya tersebut.


source : https://islami.co/katanya-ustadz-kok...ikal-hassan/ 

yang nyebut ustadz siapa?

HANYA DI REZIM INI.
1. pakaian "daster" putih, penutup kepala, ujaran kebencian = USTADZ
2. Jelek - jelekin pemerintah, mengusik agama lain = USTADZ
3. Giliran ditangkap dengan tuduhan penistaan agama (bukan agama islam) = KRIMINALISASI ULAMA

emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alienz.shop dan 58 lainnya memberi reputasi
55
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 8
Katanya Ustadz, Kok Salah Melulu Bacaan Qur’annya?
18-01-2020 20:41
Namanya juga ustad asal jadi ya begitu ada kesempatan langsung saja berfatwa. Padahal amanah yang di Terima oleh ustad itu berat karena mereka membawa nama 'agama' emoticon-No Hope
0 0
0
Katanya Ustadz, Kok Salah Melulu Bacaan Qur’annya?
Lapor Hansip
18-01-2020 21:04
Balasan post Arzal
yoi bre, pembahasannya paling gitu" doang
0 0
0
Katanya Ustadz, Kok Salah Melulu Bacaan Qur’annya?
18-01-2020 21:13
ustad juga manusia emoticon-Big Grin
0 0
0
Katanya Ustadz, Kok Salah Melulu Bacaan Qur’annya?
18-01-2020 21:14
kedok doang...
profile-picture
samsol... memberi reputasi
1 0
1
Katanya Ustadz, Kok Salah Melulu Bacaan Qur’annya?
18-01-2020 21:52
paling cuman hafalan doang , sama artinya . suruh kasih tafsir udah pasti ngaco , padahal kita di indonesia gak kurang kurang punya ahli tafsir Al quran seperti prof Qurais Shihab dan Gus Baha
profile-picture
profile-picture
barratamasya dan samsol... memberi reputasi
2 0
2
Katanya Ustadz, Kok Salah Melulu Bacaan Qur’annya?
18-01-2020 22:01
semoga kita semua mendapatkan hidayah ganss
profile-picture
samsol... memberi reputasi
1 0
1
Katanya Ustadz, Kok Salah Melulu Bacaan Qur’annya?
18-01-2020 22:07
Di negeri ini, public figurenya (artis, politisi, ustad dll) banyak yg ga mutu. Pendidikannya juga kurang mutu. Akhirnya rakyatnya ya gitu emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
roninthirst dan samsol... memberi reputasi
2 0
2
Katanya Ustadz, Kok Salah Melulu Bacaan Qur’annya?
18-01-2020 22:18
klo masih banyak yg ngundang ya pasti dari golongannya sendiri gan, kebanyakan ustadz jadi²an sperti yg agan jabarkan itu mungkin baru belajar Al-Qur'an tanpa belajar buku iqro' jadi mereka belajar baca Al-Qur'an yg tulisan latin, biasanya ada dibawah bacaan arabnya.
0 0
0
Katanya Ustadz, Kok Salah Melulu Bacaan Qur’annya?
Lapor Hansip
18-01-2020 22:19
Balasan post Arzal
@roninthirst Nah iya kan? Terus ada pun yg di luar materi mainstream paling bahas politik kalau gak yg tolol macam ufo kendaraan dajjal emoticon-Ngakak
0 0
0
Katanya Ustadz, Kok Salah Melulu Bacaan Qur’annya?
18-01-2020 22:37
ane sih sebenernya kurang setuju dengan logika lu dan lu ngambil dari orang yang sering menghina.. hmm jadi bedanya lu sama yang lu hina ga jauh beda.. hmmm bisa jadi pendapat diri pasti baik bagi sendiri.. hmmm gua berfikir ketika seseorang membenci dengan balasan membenci bisa dibilang keduanya sampah..
profile-picture
dunk2pret memberi reputasi
1 0
1
Katanya Ustadz, Kok Salah Melulu Bacaan Qur’annya?
18-01-2020 22:52
Quote:Original Posted By Ustad.Syam2
mau dosa takut komen emoticon-Ngakak


Komen takut tp dosa mau emoticon-Hammer2

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0 0
0
Katanya Ustadz, Kok Salah Melulu Bacaan Qur’annya?
18-01-2020 22:57
seekor arab wannabe emoticon-Traveller
0 0
0
Katanya Ustadz, Kok Salah Melulu Bacaan Qur’annya?
18-01-2020 22:59
Quote:Original Posted By Zido
Ini maaf aja kalau tersinggung..

Org yg layak dikatakan Ustad adalah org yg ahli di bidang agama dan keahliannya teruji.

1. Jika Hafal alquran dan bisa mengajarkannya dgn mudah, hafal hadist hadist tentang baca al qur'an nadanya, tau cara org mempermudah org lain hafal alquran maka disebut ustad, kyai, spesialisasi hafalan dan pembaca Al qur'an. Macam UAH

2. Kalau hafal al qur'an tentng fiqih, hadist hadist fiqih baik sanad yng shohih dan daif dan teruji akhlaq dan ibadahnya. Maka disebut Ahli, ustad, kyai ahli Fiqih l. Dan boleh berfatwa tentang fiqih.

3. Kalau hafal Al Quran dan hadist tentang baik sanad yg shohif maupun daif. Maka bisa disebut Ahli, ustad, kyai ahli Tauhid. Dia bisa debat agama dgn kaum lain. Seperti Ust. dzakir Naik.

Kalau gak punya ilmu, gak hafal hadist, belum teruji hafalan al qur'annya dan spesiilisasi di suatu bidang panteskah dibilang ustad? Berani mengeluarkan fatwa?

Walaupun lulusan mesir, arab,

Kalau ada yg berani fatwa, udh ky ngerti2 aja. Sombongnya melebihi alim ulama.

Coba tuh liat UAH, khalid basalamah, dkk. Mreka jika berkata mengutip pandangan ahli2, hadist, menyebutkan ahli yg pro dan kontra.

Gak berani ngeluarkan fatwa dan ngaku ini itu.

Gak kayak sebagian kelompok yg udh disebut dalam Al Qur an, al baqarah 41.

janganlah kamu menukar ayat2Ku dengan harga yg murah, dan hanya kepada Akulah kamu bertaqwa

Menjual agama untuk politik, menjual untuk pencitraan, menjual untuk jabatan, menjual untuk uang.

Bukankan itu MURAH DAN MURAHAN.


Mantap ini gann emoticon-Recommended Seller
0 0
0
Katanya Ustadz, Kok Salah Melulu Bacaan Qur’annya?
18-01-2020 22:59
ane paling demen sama ustadz ufo itu gan sering bikin ane emoticon-Ngakak
0 0
0
Katanya Ustadz, Kok Salah Melulu Bacaan Qur’annya?
18-01-2020 23:11
lah,, kalo ngaku2 fisang tegang emangnya lsg auto ustadz??
emg semudah itu bambank??
0 0
0
Katanya Ustadz, Kok Salah Melulu Bacaan Qur’annya?
18-01-2020 23:17
Asal berani vokal bawa2 ayat dah disebut ustadz, karna org islam di indo itu minim pemahaman agama. Msh inget pelem islam ktp kan?
Tuh ceritanya nayangin org islam yg perilakunya ga islami dan lbh cenderung ngikut peradaban negara yg bahasa dan tulisannya ngarab
0 0
0
Katanya Ustadz, Kok Salah Melulu Bacaan Qur’annya?
18-01-2020 23:38
STOP MAKING STUPID PEOPLE FAMOUS

itu aja dari anee emoticon-Cool
0 0
0
Katanya Ustadz, Kok Salah Melulu Bacaan Qur’annya?
18-01-2020 23:40
Quote:Original Posted By putrie.tidoer
cap ustad kadal
dasar tempik


Katanya Ustadz, Kok Salah Melulu Bacaan Qur’annya?
0 0
0
Katanya Ustadz, Kok Salah Melulu Bacaan Qur’annya?
18-01-2020 23:56
masi ada yg anggep dia ustad ?? kwontol
0 0
0
Katanya Ustadz, Kok Salah Melulu Bacaan Qur’annya?
19-01-2020 00:00
Tad, tidur gih. udah malem tuh. Tad, Murtad

emoticon-Ngakak
0 0
0
Halaman 6 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia