Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Mengenal Bozem, Danau Buatan yang Jadi Rahasia Walikota Risma Atasi Banjir Surabaya

TahukahAndaAvatar border
TS
TahukahAnda
Mengenal Bozem, Danau Buatan yang Jadi Rahasia Walikota Risma Atasi Banjir Surabaya
AyoJalanTerus.com ]  Jadi penampung air hujan sekaligus cadangan air bersih, konsep yang mungkin bisa ditiru daerah lain.


Hujan deras yang terjadi di beberapa kota besar Indonesia memang sedang tinggi-tingginya. Seperti yang terjadi di Surabaya baru-baru ini, air sempat menggenang hingga menyebabkan jalanan umum sulit diakses dengan kendaraan bermotor karena berubah menjadi banjir.
Meski demikian, hal tersebut tak berlangsung lama karena banjir langsung surut. Terutama yang berada di daerah Mayjend Sungkono dan Komplek Ruko Vida yang normal dalam waktu kurang dari dua jam. Surutnya banjir yang melanda Surabaya dan sekitarnya, tak lepas dari peran Bozem yang dibangun oleh pemerintah Surabaya. Apa itu Bozem? 



APA ITU BOZEM?
Jika dilihat dari bentuknya, Bozem merupakan sebuah  waduk yang memiliki luas hingga puluhan hektar yang digunakan untuk menampung limpahan air hujan. Dilansir dari News.detik.com (22/03/2018), Bozem Morokrembangan menjadi danau buatan terbesar dengan luas mencapai 800 ribu meter persegi.


Sementara itu, urutan kedua hingga ketiga ditempati oleh Bozem Kedurus dengan luas 143 ribu meter persegi, dan Bozem Wonorejo seluas 120 ribu meter persegi. Hingga 2019, Surabaya di bawah Walikota Risma telah memiliki total 72 Bozem dengan luas keseluruhan mencapai 147,4 hektar.








DIBANGUN DALAM JUMLAH BESAR DI MASA PEMERINTAHAN DUA PERIODE WALIKOTA RISMA

Selama memimpin Kota Surabaya, Walikota Risma banyak membangun Bozem untuk menampung air hujan. Tak hanya itu, beberapa program seperti penambahan pompa juga dilaksanakan untuk mencegah terjadinya banjir saat musim penghujan tiba. Hal ini kemudian dikombinasikan dengan teknik lainnya sehingga air tidak terlalu lama menggenang di permukaan.


Selain Bozem, pemerintah Surabaya juga melakukan normalisasi saluran air, hingga pemasangan box culvert. Hasilnya pun cukup ampuh untuk menghadang banjir sehingga tidak terlalu lama menggenangi tempat-tempat umum seperti jalan raya. Seperti yang terjadi pada Rabu malam ((15/1/2020), air berhasil surut hanya dalam waktu kurang dari tiga jam.
MEMBERIKAN BANYAK MANFAAT PADA MASYARAKAT SURABAYA SOAL PENGELOLAAN AIR



Selain membantu menampung air akibat curah hujan yang bisa menimbulkan banjir, Bozem yang dibangun Pemkot Surabaya memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah menyediakan cadangan air bersih bagi masyarakat sekitar. Bahkan, keberadaannya juga dimanfaatkan oleh warga untuk menebar benih ikan.
“Sekarang kita punya tampungan air lebih banyak sehingga kemarau pun air kita gak bakalan habis, bisa ambil dari situ. Begitu caranya, kita gak kebanjiran saat hujan, dan tidak kekeringan saat kemarau,” ucap Walikota Tri Rismaharini yang dikutip dari Radarsurabaya.jawapos.com (13/03/2019).
Menurut Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, pembangunan Bozem diyakini mampu mengatasi banjir jika saat curah hujan mengguyur Kota Pahlawan tersebut. Bahkan, keberadaannya kini tak hanya sebagai solusi mengatasi banjir, tapi juga memasok air bersih bagi masyarakat di Surabaya dan sekitarnya.


Terima Kasih sudah membaca 😊 , Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu . Sekaligus LIKE fanspage  kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya 📌@Tahukah.Anda.Info   Membuka Mata Melihat Dunia 

📢  Sumber  


Artikel Terbaru Lainnya :





Mengenal Bozem, Danau Buatan yang Jadi Rahasia Walikota Risma Atasi Banjir Surabaya

Alat Unik Yang Pernah Diciptakan Untuk Mendeteksi Gay, Ada Yg Bisa Menyembuhkan Juga!

8 Kekuatan Tersembunyi Bekicot yang Jarang Diketahui

Setelah Keraton Agung Sejagat, Kini Heboh Kemunculan Sunda Empire

Bisa Menyebar Cepat WHO Peringatkan Virus Wuhan, Apa Sih Bahayanya?

Sulaiman al-Qonuni (Suleiman the Magnificent), Sultan Turki Ustmani yang bikin Kristen Eropa Ketar Ketir

Daftar 5 Ilmuwan yang Masuk Islam Setelah Melakukan Riset Ilmiah

Masuk Islam, Ahmad Thomson Ungkap Sistem Dajjal

[CERITA INSPIRATIF] Maaf mas, saya tidak punya uang kembalian…..
Seorang Komandan Tentara Pembenci Islam itu Kini jadi Seorang Muadzin






😉 Anda Sudah Membaca ✔️ Mengenal Bozem, Danau Buatan yang Jadi Rahasia Walikota Risma Atasi Banjir Surabaya


Diubah oleh TahukahAnda 17-01-2020 06:52
sebelahblog
4iinch
tien212700
tien212700 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.2K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.