Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

chemical.saptoAvatar border
TS
chemical.sapto
Pulau Tabuhan Banyuwangi Disulap Seperti Mandalika & LABUAN BAJO
Pemerintah Kabupaten Banyuwangi akan menyulap Pulau Tabuhan menjadi destinasi wisata kelas dunia seperti di Mandalika, Nusa Tenggara Barat, dan Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur.

"Nantinya dibangun resort-resort unik di Pulau Tabuhan dengan tetap berbasis kearifan lokal," kata Guntur Priambodo, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Guntur Priambodo di Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis 16 Januari 2020. Untuk membangun fasilitas dan nuansa wisata kelas dunia, pemerintah Banyuwangi menggandeng perusahaan asal Singapura, EBD Paragon untuk mengembangkan Pulau Tabuhan.

Guntur Priambodo menjelaskan, EBD Paragon dipilih karena sebelumnya berhaasil menjadi salah satu pengembang kawasan wisata Mandalika dan Labuan Bajo. "Mitra yang akan mengembangkan Pulau Wisata Tabuhan," kata dia.

Pulau Tabuhan adalah pulau kecil tak berpenghuni di perairan Selat Bali yang masuk dalam wilayah Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi. Pulau Tabuhan dikembangkan menjadi destinasi wisata di ujung timur Pulau Jawa.

Selain mengangkat keratifan budaya setempat, Guntur Priambodo mengatakan EBD Paragon bersedia mengutamakan peluang kerja bagi penduduk lokal. "Ada langkah memberdayakan kelompok wisata Banyuwangi agar terlibat dalam mata rantai pelayanan berbagai jasa pariwisata," ujarnya.

Suasana Pulau Tabuhan di Banyuwangi, Jawa Timur. Foto: Antaranews

Pengembangan Pulau Tabuhan oleh pelaku pariwisata internasional, menurut Guntur Priambodo, dilakukan sesuai regulasi, melalui konsultasi ke Kementerian Dalam Negeri dan sudah dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi untuk evaluasi dan pendampingan. Bahkan penandatanganan nota kesepahaman dilakukan di depan belasan ribuan warga Banyuwangi di Hari Jadi Banyuwangi, pada 18 Desember 2019.

ADVERTISEMENT

Skema kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dengan EBD Paragon, Guntur Priambodo menjelaskan, berbentuk perjanjian sewa. Meski begitu, masyarakat tetap dapat mengakses pulau yang terletak di Selat Bali, itu. "Jadi tidak benar kalau nanti masyarakat tidak bisa masuk ke Pulau Tabuhan."

Guntur Priambodo menambahkan, pengembangan Pulau Tabuhan yang menggandeng pelaku pariwisata internasional dilakukan karena pengelolaan pulau berpasir putih itu memerlukan biaya besar. Mulai dari pembangunan sarana air bersih, listrik, hingga restorasi terumbu karang yang mati. Pengelolaan Pulau Tabuhan sekaligus menyelamatkan luasan pulau yang kian berkurang akibat abrasi. Luasan Pulau Tabuhan saat ini sekitar 5,3 hektare, sedangkan di 2001 seluas 7 hektare.

https://travel.tempo.co/read/1296211...o/full?view=ok

Disulap jadi premium
bang.didot
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 3 lainnya memberi reputasi
4
642
4
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.