Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rasyidari11Avatar border
TS
rasyidari11
Mengenal Istana Merdeka Dan Istana Negara Yang Bersejarah
WELCOME TO MY THREAD




Quote:



GanSis udh pernah baca tentang sejarah Istana Merdeka dan Istana Negara blm? Kalau blm simak Thread ane nih.

Kita mulai bahas profil Istana Merdeka dan Istana Negara dahulu daripada kepanjangan langsung ke tujuannya aja. Istana Merdeka di bangun pada tahun 1873 sedangkan Istana Negara di bangun pada 1796, dengan gaya arsitektur yang berbeda. Istana Merdeka memakai gaya arsitektur Palladian architecture, Istana Negara memakai gaya arsitektur Indische Empire style, Istana Merdeka di bangun dengan luas 2400 m² kalau Istana Negara dibangun dengan luas 68000 m². Istana Merdeka letaknya menghadap ke Taman Monumen Nasional (Monas) Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, sedangkan Istana Negara terletak di Jalan Veteran, Jakarta Pusat. Sejak dibangun pada abad ke-18 Kompleks Istana Kepresidenan sebenarnya jauh dari kesan merakyat pada zaman Hindia Belanda. Istana tersebut hanya diperuntukkan untuk kaum kaum elit saja yang dapat masuk di Kompleks tersebut seperti gubernur-gubernur yang akan mengunjungi Hindia Belanda dan kaum bangsawan lainnya.

Tahun 1796 sampai 1801 Gubernur Jenderal VOC pada masa jabatannya Pieter van Overstraten mengubah tatanan di sekitar Istana menjadi pusat pemerintahan dan basis militer. Istana Negara sebenarnya adalah tempat istirahat bagi pengusaha Belanda yaitu Jacob Andries van Braam di jalan Rijkswijk(jalan Veteran) di bangun dengan tingkat dua dengan tiang penyangga begitu kokoh sehingga Istana Negara pada kala itu bernama Istana Rijkswijk. Sebagai pengusaha yang cakep menggaet hati para gubernur di pulau luar Jawa seperti halnya Herman Willem Daendels, Gubernur Jenderal yang memerintah Hindia Belanda atas nama Prancis. Istana rijswijk ini diperuntukan untuk pengambilan keputusan penting terkait tanah jajahan, rapat-rapat yang menguraikan rencana ekspedisi militer Jenderal de Kock menumpas perlawanan Pangeran Diponegoro diadakan di gedung tersebut. Tak hanya itu pengambilan keputusan untuk sistem kerja paksa atau kerja rodi pada tahun 1840 sampai 1870 juga diambil di Istana Rijswijk.

Litografi istana Koningsplein pada tahun 1880-an


Pada tahun 1848 Istana Rijswijk berlantai 2 pada mulanya menjadi lantai 1, dikarenakan perombakan besar-besaran pada saat itu. Menurut catatan buku Presidential Palace of Indonesia (2014: hlm. 48), Istana Rijswijk diperlebar dan penambahan ruangan baru dari tambahan serambi dan ruangan-ruangan baru di sayap Barat dan Timur.

Setelah Istana Rijswijk dianggap sesak pada 1873 dan sudah tidak menampung administrasi Hindia Belanda maka dibangunlah istana lain di jalan Medan Merdeka Utara Gambir. Dibangunlah Istana Baru dibelakang Palais Rijswijk atau Istana Rijswijk dengan megah dan biaya mencapai 360 gulden.

Istana Merdeka adalah istana yang bersejarah dikarenakan terjadi penandatanganan naskah pengakuan Republik Indonesia Serikat (RIS) pada 27 Desember 1949. Kenapa pemerintahan Belanda mengakui adanya Republik Indonesia Serikat dikarenakan sekutu pada itu Amerika dan Jepang runtuh kekuasaannya di Indonesia dan agresi militer Belanda yang gagal maka terjadilah penandatanganan naskah tersebut. Pemerintahan RIS waktu itu diwakili oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX, sementara kerajaan Belanda diwakili A.H.J. Lovink, wakil tinggi mahkota Belanda di Indonesia.

Seusai penandatanganan naskah Soekarno dan keluarganya dari Yogyakarta langsung menuju ke Jakarta untuk menempati gedung Merdeka. Ketika Soekarno menempati Istana Merdeka langsung menggelar upacara penurunan bendera Belanda suasana kala itu sangat mengharukan dikarenakan Istana Merdeka yang sebelumnya dikuasai oleh Belanda menjadi milik Indonesia dan membentangkan bendera merah putih di atas Istana Merdeka, bahkan pada saat itu orang-orang mengerumuni Istana Merdeka mulai dari tangga tangga sampai lapangan-lapangan penuh sesak oleh masyarakat. Lalu masyarakat meneriakkan kata Merdeka dengan haru dan terus menerus meneriakkan kata Merdeka Sejak saat itulah dinamakan Istana Merdeka.

Foto Istana Rijswijk antara tahun 1857-1872


Sampai saat ini Istana Merdeka dan Istana Negara telah melalui masa-masa sulit dan perkembangan zaman. Sampai saat ini istana Negara menjadi tempat penyelenggaraan acara-acara yang bersifat kenegaraan, antara lain seperti pelantikan pejabat-pejabat tinggi negara, pembukaan musyawarah dan rapat kerja nasional, kongres bersifat nasional dan internasional, serta jamuan yang bersifat kenegaraan dan menggelar sidang kabinet.

Nah itulah sejarah dari Istana Merdeka dan Istana Negara ane harap Gan n Sis dapat mengetahui sejarah istana tersebut dengan baik.

Jangan lupa GanSis beri emoticon-Cendol Gandan emoticon-Rate 5 Star


Quote:
anasabila
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 26 lainnya memberi reputasi
27
8.3K
63
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.