dellesologyAvatar border
TS
dellesology
Kesultanan Aceh dan Pengakuan Kedaulatan Belanda dari Spanyol
Hello GanSis balik lagi di thread kreator yang masih newbie ini.


Kali ini izinkan kreator membagikan info sejarah yang mungkin bisa menambah khazanah ilmu kita ya GanSis.

Thread kali ini ane akan bahas mengenai Kesultanan Aceh Darussalam yang ternyata fakta sejarah mencatat bahwa Kesultanan Aceh Darussalam merupakan negara berdaulat yang pertama kali mengakui kedaulatan dari Kerjaan Belanda.

Loh!!! Mungkin GanSis berfikir negara berdaulat kok bisa setelahnya dijajah oleh Belanda. Nah mungkin ini seperti kata pepatah yakni air susu dibalas dengan air tuba.

Sebelum kita lihat versi lengkapnya jangan lupa GanSis untuk lihat sejarah awal dari berdirinya Kesultanan Aceh Darussalam.

Spoiler for Sejarah Awal Kesultanan Aceh:



Nah sekilas tadi mengenai sejarah awal dan kejayaan dari Kesultanan Aceh selanjutnya sejarah awal pengakuan kedaultanan dari Kerajaan Belanda yang dilakukan oleh Kesultanan Aceh.

Spoiler for Pengakuan Kesultanan Aceh atas Kedaulatan Belanda:



Adapun GanSis isi surat dari Pangeran Maurice kepada Sultan Aceh yang dikirimkan melalui delegasi Belanda yakni Gerald de roy sebagai berikut:


Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:


Selain itu bukti lainnya adalah pembuatan prasasti dan peresmian prasasti untuk mengenang Tengku Abdu Hamid atas jasanya sebagai utusan Aceh untuk pengakuan kedaulatan Belanda. Peresmian prasasti dari Tengku Abdul Hamid dilakukan oleh Pangeran Bernhard suami dari Ratu Juliana tahun 1978

Quote:


Nah GanSis itu dia sejarah singkat dan peranan Kesultanan Aceh kepada Belanda namun sayang tak lama kedaulatan Belanda didapatkan malah Belanda melakukan penjajahan sama seperti yang dilakukan Portugis dengan dalih perdagangan rempah justru melakukan eksploitasi dan penjajahan atas nama kekayaan warga negara Belanda bukan murni untuk berdagang seperti yang di ucapkan saat awal meminta pengakuan atas kedaulatan mereka.

OK GANSIS cukup sekian thread kali ini jangan lupa kasih emoticon-Cendol Gandan dari kisah ini kreator mau kasih sedikit statement bahwa kita tidak perlu merasa minder sebagai negara berkembang, kareba sejarah telah mencatat peranan Indonesia cukup kuat bagi Belanda melalui Aceh bahkan mungkin Indonesia tidak pernah ada jika tidak ada Aceh karena banyak sekali sumbangan dari Aceh untuk Indonesia di awal Kemerdekaan emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Semoga kita menjadi generasi yang tidak lupa akan sejarah bangsanya sendiri ya GanSis.

Sekali lagi kreator pamit dan sampai jumpa di thread berikutnya

Spoiler for Sumber dan Referensi:
Diubah oleh dellesology 13-01-2020 11:55
genk10z
mulivw
Udupe
Udupe dan 17 lainnya memberi reputasi
18
8.7K
109
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & Xenology
icon
6.5KThread10.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.