Kamerad.KaskusAvatar border
TS
Kamerad.Kaskus
Anies Akan Gusur 4 Kelurahan untuk Normalisasi Ciliwung Tahun Ini
Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengatakan akan membebaskan lahan untuk normalisasi Kali Ciliwung tahun ini. Ada empat kelurahan yang disebut siap untuk dibayar Pemprov.

"Kan menurut kementerian PUPR baru di normalisasi 16 km dari 33 km, nah sisanya itu kita bertahap akan bebasin. Rencana (tahun ini) ada 118 bidang di 4 kelurahan. Yang jelas ada 4 kelurahan, 118 bidang yang mau dibebaskan," ucap Kepala Dinas SDA DKI Jakarta Juaini Yusuf, kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (6/1/2020).

Juaini belum hafal berapa luas lahan yang akan dibebaskan. Namun, 4 kelurahan itu yakni Tanjung Barat, Pejaten Timur, Cililitan dan Balekambang.

"Kelurahan Tanjung Barat, Pejaten Timur, Cililitan, sama Balekambang," kata Juaini.

Lebih lanjut, Juaini enggan berdebat soal naturalisasi dan normalisasi. Baginya, tujuannya sama, yaitu melebarkan sungai.

"Tujuannya sama untuk memperlebar sungai, dan untuk lebih banyak menampung debit air. Namanya sungai dulu-dulu kan 20-40 meter, sekarang paling tinggi 10-15 meter daya tampung jadi kurang. Makanya itu perlunya dinormalisasi, naturalisasi," ucap Juaini.

Dia menjelaskan, usai tanah dibebaskan, proyek normalisasi akan dikerjakan oleh Kementerian PUPR. Pemprov DKI hanya bertanggung jawab membebaskan lahan.

"Kita, DKI cuma sebatas lahannya doang. Masalah nanti teknisnya seperti apa kan Kementerian. Anggaran (pembebasan lahan di Dinas SDA) kita sekitar Rp 600 miliar tadi," ucap Juaini.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Gubernur DKI Anies Baswedan meninjau banjir di kawasan Ibu Kota Jakarta. Setelah meninjau banjir, mengatakan normalisasi sepanjang Kali Ciliwung yang ditangani hanya 16 km dari 33 km. Maka yang belum dinormalisasi terlihat genangan air.

"Namun mohon maaf Bapak Gubernur selama penyusuran Kali Ciliwung ternyata sepanjang 33 km itu yang sudah ditangani dinormalisasi 16 km. Di 16 km itu kita lihat insyaallah aman dari luapan, tapi yang belum dinormalisasi tergenang," kata Basuki di lapangan Monas, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (1/1).


Lidah Tak Bertulang, Janji Tinggal Janji

 Ngoahahaha.. Kasihan warga jadi korban harapan palsu emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak



bstepanus
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 15 lainnya memberi reputasi
14
5.2K
100
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.