nikoofinoAvatar border
TS
nikoofino
Bagaimana cara meningkatkan kesehatan mental

Sumber Foto : aumag.org


Halo GanSis semuaa…emoticon-Haiemoticon-Hai

Di tahun baru 2020 ini masih banyak pekerjaan dan masalah ?, tenang aja, jangan menyelesaikan segala sesuatu terlalu terburu-buru, apalagi sampai kesehatan mental terganggu. Segala sesuatu butuh yang namanya proses, dimana semuanya tidak bisa di kerjakan secara instant. 

Kesehatan mental sama hal nya seperti kesehatan fisik. Kesehatan mental harus selalu di jaga dengan baik. ketika kesehatan mental terganggu dapat menyebabkan stress, depresi, cemas, hingga bunuh diri.

Ada studi yang mengatakan bahwa, cara agar meningkatkan kesehatan mental adalah merubah pola pikir. Pola pikir ini dapat berpengaruh pada perilaku keseharian kita.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang "Bagaimana cara meningkatkan kesehatan mental" yang dilansir menurut CNNIndonesia.com:

1.      Optimis
Menjadi optimis bukan berarti mengesampingkan masalah-masalah yang membuat kita stres, namun membuat bagaimana agar kita melihat tantangan dan hambatan tersebut sebagai hal yang sementara dan bagaimana cara kita bisa mengambil pelajaran untuk ke depannya.
Ada studi yang menjelaskan bahwa orang optimis memiliki risiko yang sedikit untuk terkena jantung dan stroke. Orang optimis cenderung lebih sehat, kuat, dan mempunyai hidup yang lebih lama. Studi pada 2019 juga menyatakan orang optimis memiliki peluang usia sampai 85 tahun lebih.

Wahh…. GanSis harus lebih sering berpikir optimis yaa.... emoticon-Jempoljalankan saja semua dengan tenang, dan jangan berpikir yang aneh-aneh.

2.      Mengikuti kegiatan sosial
Contohnya seperti mengikuti kelompok sukarelawan, kegiatan ini dapat meminimalkan dan memperbaiki stres.
Ada penelitian yang menunjukan bahwa menjadi relawan tanpa mengharapkan imbalan membuat otak kita memberikan kita self reward. Sebagai efeknya, selain menjadi lebih sehat, kemampuan kognitif kita juga meningkat.

3.      Bersyukur
Dengan bersyukur kita dapat meningkatkan ke optimisan kita. Salah satu cara kita bersyukur adalah dengan cara beribadah. Dengan begitu bersyukur dapat mengurangi kecemasan dan depresi.
Ada salah satu cara lain untuk bersyukur adalah dengan mengingat semua jasa orang yang telah membantu kita dan yang telah membuat kita berdiri berjuang sampai sekarang. Hal ini dapat membuat pikiran kita menjadi tenang dan meningkat kan mood kita untuk menjalani hari.

4.      Mempunyai hubungan sosial yang baik
Orang dengan koneksi sosial yang baik tentu saja akan lebih bahagia di banding orang yang tidak mempunyai hubungan baik. Karena dengan mempunyai hubungan baik akan meningkatkan keperdulian dan meningkatkan kebahagiaan diri kita dimana kita akan saling memperharikan, memperdulikan, dan saling membantu.
Ada studi yang di keluarkan oleh Harvard University selama 75 tahun terhadap 724 pria menunjukan bahwa orang dengan koneksi sosial yang baik cenderung lebih bahagia dan sehat.

5.      Mencari tujuan hidup
Memiliki tujuan hidup membuat kesehatan mental meningkat. Tujuan hidup dapat berupa sosial, keluarga, agama, dan makna kehidupan.
Dengan mengetahui tujuan hidup, maka apapun yang kita lakukan dan perbuat akan lebih berarti, dan dengan begitu akan meningkatkan kesehatan mental yang juga lebih baik.

Nah jadi GanSis udah mengerti kan bagai mana cara agar meningkatkan kesehatan mental. Jangan terlalu memikirkan hal yang tidak perlu, karena banyak hal yang membangun dan positif di luar sana yang dapat mengalahkan depresi dan stres kita.

Kalau GanSis tidak bisa melakukannya sendirian, ada baiknya untuk hangout bersama teman-teman atau liburan ke luar kota sejenak untuk mengistirahatkan pikiran dari hal-hal yang membuat mental kita down.

Sekian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk GanSis semua, sampai jumpa di thread-thread selanjutnya yaaemoticon-Haiemoticon-Hai

Terimakasih.emoticon-Nyepi


Diubah oleh nikoofino 13-01-2020 02:25
tata604
rykenpb
lina.wh
lina.wh dan 7 lainnya memberi reputasi
8
3.9K
71
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Healthy Lifestyle
Healthy LifestyleKASKUS Official
7.6KThread2.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.