eshadliegamingAvatar border
TS
eshadliegaming
Masalah PC Sering Restart/Hang/Freeze
Permisi agan"/Suhu" yang Pro masalah PC.emoticon-Angkat Beer

Ane punya masalahemoticon-Frown (Mungkin masalah ini ane dapet setelah memasang VGA).
Jadi kronologinya ane build/rakit PC sekitar april 2019 kemarin dgn spec:
- Mobo GIGABYTE B450M Gaming AM4 Socket.
- Processor Ryzen 3 2200g
- Ram 8gb teamelite single channel
- VGA Card kosong (belum pake)
- Casing Armageddon sempit.
- Monitor LG 19/20inch 60Hz
- PSU FSP 450w

Alhamdulillah seiring waktu ane ada rejeki untuk upgrade PC ane yg sebelumnya spec seperti diatas dikarenakan sering lag bermain di beberapa game yg lumayan berat (Assassins Creed Oddysey, Gta 5, pubg steam, dll) akhirnya ane upgrade sekitar bulan Juni-Agustus dengan spec berikut:
- Mobo tetap sama (GIGABYTE B450M Gaming AM4 Socket)
- Processor Ganti Ryzen 7 2700
- Ram upgrade HyperX 16Gb 2400hz dual channel (2x 8GB)
- VGA MSI RX 570 8GB
- Casing Digital Alliance Lumayan Luas Size nya
- Monitor BenQ Zowie XL2411P 144Hz
- PSU FSP HydroG 750w

Dengan Spec upgrade diatas ane ngerasa untuk gaming game" berat terbaru PC (Red Dead Redemption 2, dll) udah smooth banget namun kendala terjadi setelah upgrade tsb. Problemnya adalah PC ane jadi sering FREEZE/HANG tiba2 saat main game. Bahkan kalau ane shutdown lalu esoknya mau make PC lagi itu tanpa main game juga langsung Hang/FREEZE gitu tiba" jadi setiap HANG/FREEZE itu terjadi ane selalu restart/tahan tombol power sekitar 3-5 detik lalu nyalain lagi karena itu saja satu2nya cara untuk restart. Kadang juga di monitor terdeteksi "No Device Detected' atau apa gitu ane lupa seolah" PC ane dan monitor ga connected padahal kabel terpasang erat (ini kadang2 terjadi setiap habis shutdown dan nyalain pc lagi).
Detail FREEZE/HANG disini yang ane maksud adalah ketika main game berat/ringan, di monitor tiba2 BLANK dan suara di speaker seperti error hang "tiiiiittt" gitu dan warna HANG/FREEZE di layar monitor bukan HANG seperti terakhir ane ngegame tsb, melainkan BLANK dengan warna random(tergantung game yg ane mainkan, misal PUBG Miramar layar HANG jadi warna Oranye full satu monitor, kalo PES2020 karena serba rumput jadi HIJAU full atau kalo lagi di menu jadi UNGU, terus Assassins Creed Oddysey layar jadi BLANK warna Orange atau Biru tergantung lokasi dan cuaca misal lagi sore atau lagi di tengah laut, dan GTA 5 berwarna Abu" karena di kota). Berbeda kasus jika BSOD/GSOD(BlueScreenOfDeath/GreenScreenOfDeath) ane tau cara atasinya dan memang dari windows sendiri akan memperbaiki dengan ada persentase loading untuk restart otomatis, nah kalau kasus ane beda, HARUS DI TEKAN TOMBOL POWER SEKITAR 3-5 DETIK(MATIIN PAKSA) LALU DI NYALAIN LAGI UNTUK RESTART NYA.
Ane mulai curiga mungkin ini karena Windowsnya, tapi setelah di restart windows (data ilang semua) sama aja. Ane curiga dengan processornya (sebelum ane upgrade spec diatas, ane sempat upgrade dari Ryzen 3 2200g ke Ryzen 5 2600 terlebih dahulu sebelum mentok ke Ryzen 7 2700) dan itu ga berpengaruh dengan problem ane jadi ane simpulkan bukan masalah processor. Ane juga curiga dengan hasil upgrade ane lalu ane bawa aja ke tempat ane rakit pc/build ini ke toko komputer awal ane rakit dan mereka claim itu mungkin karena PSU nya (yg dulu 450w) jadi ane putuskan beli baru (750w) walaupun mereka sempat saranin pc nya di inepin dulu buat tau masalahnya dimana dan ane ga mau karena bisa stress ane kalo ga maen seharian. Dan akhirnya ane ganti PSU dan alhasil masih aja alias ga ngaruh sama sekali, mau ane komplen tu toko tapi ya ga masalah sih anggap aja upgrade. Ane konsultasi ke teman2 di discord ada yg curiga dengan VGA nya, ane cabut tapi malah ga bisa running/nyala tanpa VGA walaupun udah di setting untuk output monitornya ke mobo aja (sebelumnya setting ke VGA), dan ane mulai curiga akhirnya ane "sempal" VGA ane biar rata goti ga berat sebelah dengan kotak cottonbuds(kotak pembersih kotoran telinga) biar VGA nya datar gitu ga berat sebelah (pemikiran ane aja) karena mungkin karena VGA nya dual fan jadi berat sebelah walaupun udah di baut erat yg sisi kirinya. Alhasil problemnya agak lumayan teratasi walaupun kadang masih terjadi tapi ga sesering sebelum ane "sempal" pake kotak cottonbuds terebut, diinget gan, MASIH lumayan terjadi (1 hari bisa 3-4x ane mesti matiin paksa terus idupin lagi) karena masalahnya belum ketahuan sumber/intinya.
Jadi intinya ane masih bingun ini masalahnya datang dari mana dan barangkali ada agan2/suhu2 yang bisa ngasih solusi atau saran karena lumayan stress juga gan. Bayangin aja, lagi asik2 main PUBG di tengah perang tiba2 ini kejadian (FREEZE/HANG, ane ga tau ini nama masalahnya apa yg jelas bukan BSOD/GSOD) ya ambyar kan kadang sangking setress nya ane hampir tonjok monitor ama cpu ane gan karena lagi perang/di tengah2 game/misi gitu tiba2 terjadi.

Mohon bantuannya ya agan2/suhu2 sekalian siapa tau bisa meringankan beban penderitaan ane selama build/rakit pc ini.
Detik ini ane ada niatan mau upgrade Mobo(motherboard) karena ane takutnya mungkin dari socket/slot VGA nya yg (mungkin) kendor atau gimana, bahkan ane kepikiran mau ganti VGA baru kalau memang ini masih terjadi.

Mungkin itu aja yg bisa ane keluhkan, mungkin agan2 atau suhu2 sekalian ada yg bisa bantu, minimal:
- Bisa ngasih tau nama masalah/problemnya apa (misal: itu namanya BSOD)
- Saranin ane apa yg mesti ane lakuin

Beberapa Foto penampakan PC dan Masalah ane lampirkan ya gan:

(ini HANG/FREEZE layar biru ngeblank gitu)

(ini hang ane ketika maen assassins's creed oddyssey)

bisa dilihat gan, udah ane baut erat VGA Card nya

Posisi VGA ane (yg mungkin ga datar kalo ga di sempal pake tempat cottonbud) karena kalo ga di sempal, pasti sering FREEZE/HANG sekitar >5x (pokoknya ahrus di giniin supaya HANG/FREEZE ini agak kurang sering terjadi, tapi tetep masih sering terjadi)

penampakan lain kalau agan masih penasaran gimana persisnya.


Terimakasih ya agan2/suhu2 sekalian.
Wassalam emoticon-Angkat Beeremoticon-Kaskus Lovers
Diubah oleh eshadliegaming 12-01-2020 09:05
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
6K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Computer Stuff
Computer StuffKASKUS Official
50.4KThread8.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.