News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
112
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e195b1609b5ca14415458b9/kpai-duga-ada-upaya-sistematis-semua-siswi-sman-1-gemolong-berjilbab
Seorang siswi SMAN 1 Gemolong, Sragen, Jateng, merasa diteror sesama temannya karena tak mengenakan jilbab ke sekolah. Di sekolah negeri itu, diketahui semua siswi berjilbab kecuali Z. KPAI angkat suara terkait masalah itu. KPAI menyoroti kondisi bagaimana semua siswi di sekolah negeri bisa berjilbab dan hanya ada satu siswi yang tak berjilbab. KPAI menduga ada upaya sistematis yang menyebabkan se
Lapor Hansip
11-01-2020 12:20

KPAI Duga Ada Upaya Sistematis Semua Siswi SMAN 1 Gemolong Berjilbab


Quote:Seorang siswi SMAN 1 Gemolong, Sragen, Jateng, merasa diteror sesama temannya karena tak mengenakan jilbab ke sekolah. Di sekolah negeri itu, diketahui semua siswi berjilbab kecuali Z.

KPAI angkat suara terkait masalah itu. KPAI menyoroti kondisi bagaimana semua siswi di sekolah negeri bisa berjilbab dan hanya ada satu siswi yang tak berjilbab. KPAI menduga ada upaya sistematis yang menyebabkan semua siswi itu berjilbab.
"KPAI sangat heran karena di sebuah sekolah negeri (bukan sekolah berbasis agama) seluruh siswinya berjilbab dan hanya ananda Z lah satu-satunya yang tidak berjilbab. Kami menduga ada upaya sistematis pihak sekolah untuk mendorong para siswinya berjilbab," jelas Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyarti, Jumat (10/1).

Retno mengatakan, masalah memakai jilbab atau tidak di sekolah negeri adalah hak setiap siswi. Sehingga, setiap keputusan siswi itu seharusnya dihormati.
"Kalau memang mengenakan jilbab adalah kemauan si peserta didik (bukan terpaksa apalagi dipaksa) tentu kita semua harus menghormati sikap tersebut karena merupakan hak asasi yang bersangkutan sesuai ajaran agama yang diyakininya," terangnya.

Namun, jika ada siswi yang belum siap berjilbab, maka hal itu harus juga kita hormati karena merupakan hak asasi yang bersangkutan," imbuhnya.

Retno pun prihatin dengan adanya insiden ini. Menurutnya, apabila ada larangan siswi tak berjilbab di sekolah negeri maka hal itu adalah bentuk pelanggaran HAM.
"Mengenakan jilbab apalagi pada seseorang yang masih berusia anak sebaiknya didasarkan pada kesadaran yang bersangkutan, bukan karena dipaksa atau ditakuti-takuti," ungkapnya.
Oleh karena itu, Retno mendorong agar sekolah-sekolah negeri serius dalam mengajarkan nilai-nilai keberagaman dan kebangsaan kepada siswa. Sebab menurut Retno, kondisi siswa di sekolah negeri adalah heterogen.
"Oleh karena itu, sekolah negeri adalah tempat yang sangat tepat bagi anak-anak yang beragama, dan suku, serta budaya yang beda untuk saling menghargai, saling menghormati, dan menjunjung tinggi perbedaan yang ada," pungkasnya.

Penjelasan Pihak Keluarga
Pihak keluarga mengatakan, masalah ini bermula saat Z diajak guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolahnya untuk berjilbab. Setelah itu, tidak begitu lama ada pengurus Rohani Islam (Rohis) yang mengirim pesan WhatsApp kepada Z tentang azab tak mengenakan jilbab.
"Isi dari pesan WhatsApp tersebut saya lihat terkait masalah azab tidak berhijab dan konsekuensi muslim yang tidak berhijab," kata ayah Z, Agung, saat dihubungi, Jumat (10/1).
Setiap hari Z selalu dikirimkan pesan serupa. Z merasa terintimidasi atas pesan tersebut dan melapor ke orang tuanya.

Penjelasan Pihak Sekolah
Pihak SMAN 1 Gemolong telah meluruskan terkait masalah ini. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMAN I Gemolong, Parmono, menegaskan tidak ada paksaan bagi murid perempuan untuk mengenakan jilbab.

"Saya pastikan tidak mewajibkan siswi memakai jilbab. Semuanya tidak ada paksaan dari sekolah," ujar dia saat ditemui di kantornya, Jumat (10/1).
Di sekolah itu, ada 946 siswa. Sementara, seluruh siswi di sekolah itu berjilbab kecuali Z. Belum diketahui apa alasan Z tak mengenakan jilbab meski beragama Islam.

Ia juga menepis anggapan adanya intoleransi dan unsur pemaksaan di sekolahnya terhadap siswi yang tak mengenakan kerudung. Menurutnya, ada kesalahpahaman dalam peristiwa itu.
Parmono mengatakan, masalah ini berawal saat ada pengurus Rohani Islam (Rohis) SMAN 1 Gemolong yang mengirim pesan WhatsApp ke Z untuk menyarankan mengenakan jilbab.
Menurut Pramono, pengurus Rohis itu terlalu bersemangat mengajak Z mengenakan jilbab, sehingga timbul kesalahpahaman. Pramono menyatakan masalah ini sudah diselesaikan dengan cara baik antara pihak sekolah dan keluarga Z

"Pengurus Rohis yang mengajak agar berjilbab tersebut, hanya terlalu bersemangat dan tidak berpikir dampaknya pada siswa," pungkas Parmono.


SUMBER

ia kali gw percaya
tidak ada paksaan
dimana seluruh siswinya berjilbab
hanya 1 yg lom dan terbukti sedang dalam proses di teror lewat whatsapp
emoticon-Cape deeehh emoticon-Cape deeehh

persatuan indonesia rusak di awali oleh hal seperti ini
zaman dulu mana ada jilbab jilbab an
semua murid sama
ga akan keliatan mana agama A mana agama B
skrg? terlihat jelas mana yg ekslusif mana yg tidak
di liat dari pakaian saja da tau agama apa
gimana ga terkotak2?

persatuan antar siswa da hilang
persatuan WNI da hangus
yang tersisa adalah persatuan agama
yang suatu saat akan mendorong, memaksa dan menghapus negara multikultural ini menjadi negara khilafah

mau kembalikan sekolah sebagai tempat menimba ilmu eksakta
atau tempat mengkotak kotakkan WNI sejak dini?

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kucing.bingung dan 33 lainnya memberi reputasi
34
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 5
KPAI Duga Ada Upaya Sistematis Semua Siswi SMAN 1 Gemolong Berjilbab
11-01-2020 18:08
Quote:Original Posted By oktavius30
Tidak gan.. Mhn maaf sblmnya, ini cm krn kelakuan oknum yg pemahaman agamanya sudah rusak.. Islam tidak spt itu, islam yg baik dan toleran masih ada.. Dan ane salah satunya, emoticon-Cool

yg rusak justru ente, noh dibawah ni bedua setuju kok emoticon-Stick Out Tongue

Quote:Original Posted By rasyahhh
Lah kalok lu emang muslimah ya pake jilbab , kalok menolak ya udah itu , urusan lo ama tuhan di pengadilan kelak. Udah Puber ga mau pake jilbab . Bikin malu aja ,

Upaya sistematis apa ???
Emang itu p'rintah agama

Di setiap agama ada larangan dan perintah. Itulah namanya dogma , bukan gila agama , ane curiga yg selalu bilang mabuk agama , jangan2 ateis lagi itu

emoticon-Ngacir


Quote:Original Posted By adhiet6
Sebenernya pake hijab/menutup aurat itu wajib hukumnya untuk muslim, yang utama ya peran orangtua,
kalo ortunya aja ga mengajarkan menutup aurat, trus orang lain yang ngingetin/maksa, ya jadinya begini,malah jadi ga pake jilbab,malah timbul masalah

Anak itu titipan, yang nanti diminta pertanggungjawaban, kalo di akhirat nanti ditanya, kamu kenapa ga ngingetin anak kamu buat berhijab, mau jawab apa?


profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan aloha.duarr memberi reputasi
2 0
2
KPAI Duga Ada Upaya Sistematis Semua Siswi SMAN 1 Gemolong Berjilbab
11-01-2020 18:13
Quote:Original Posted By khloekarmike
Salah
Justru Ente yg rusak. Sudah terpapar aliran togout pancasila

islam sejatinya tidak mengajarkan toreransi
emoticon-Cool


Ini sarkas apa gimana ya?
0 0
0
KPAI Duga Ada Upaya Sistematis Semua Siswi SMAN 1 Gemolong Berjilbab
11-01-2020 18:21
Salah satu efek negatif yang muncul setelah reformasi, kadrun merajalela. Semua dimulai saat pks menjadi bagian dari kekuasaan.
0 0
0
KPAI Duga Ada Upaya Sistematis Semua Siswi SMAN 1 Gemolong Berjilbab
11-01-2020 18:22
Ajaran mamad lg nih Islam..
emoticon-Wakakaemoticon-Wkwkwkemoticon-Wakakaemoticon-Wkwkwkemoticon-Wakakaemoticon-Wkwkwkemoticon-Wakakaemoticon-Wkwkwkemoticon-Wakakaemoticon-Wkwkwkemoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan abahsange69 memberi reputasi
1 1
0
KPAI Duga Ada Upaya Sistematis Semua Siswi SMAN 1 Gemolong Berjilbab
11-01-2020 18:25
Ga usah ditanggepin dunguk , trit kek gini cuma mengadu domba aja , biarlah mereka bahagia dengan apa yg mereka tulis emoticon-Cool
profile-picture
billyns memberi reputasi
0 1
-1
KPAI Duga Ada Upaya Sistematis Semua Siswi SMAN 1 Gemolong Berjilbab
11-01-2020 18:26
Quote:Original Posted By babysitter89
pernah baca aturan seragam siswa baru gak gan?
salah satunya, seragam wajib adalah jilbab buat para siswi. d negri ada edarannya. kalo enggak, kok bisa pada hijaban semua.
tapi d sumbar sih itu. kampung ane. sepupu ane baru masuk sma, urusan seragam diserahin k sekolah. murid tinggal diukur. sempet protes krna nyokap sepupu penjahit dan mereka otg gak mampu. tapi mw gmn..edaran sekolahnya gitu


Kalo seragam pakaian muslimah,emang wajib jilbab, kalo pakaian biasa mah engga,
0 0
0
KPAI Duga Ada Upaya Sistematis Semua Siswi SMAN 1 Gemolong Berjilbab
11-01-2020 18:38
Quote:Original Posted By xksal
Dengan begitu kita tahu tahan uji apa enggak.
Anggap aja pemurnian iman.
emoticon-Leh Uga

Malah kalo ane biasanya kalo ketemu mbah-mbah yang emang ga mampu, bekal ane sama uang makan di kasihkan dia.

Hari itu juga di niatin puasa.
emoticon-Leh Uga

Cerita begini bukan niat riya ya breee...
emoticon-Hammer2


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Semoga jadi amal ibadah yaa bre sedekahnyaemoticon-Cool
profile-picture
xksal memberi reputasi
1 0
1
KPAI Duga Ada Upaya Sistematis Semua Siswi SMAN 1 Gemolong Berjilbab
11-01-2020 18:45


Quote:Original Posted By sehau76
ane udah siap kalo suatu saat negara ini jadi khilafuck. tinggal migrasi ke negara seberang...antara Malay atau Singapork. Biarpun Malay juga negara muslim tapi sisi2 sekulernya masih dipertahankan. Gak separah sini.


Ogitu
0 0
0
KPAI Duga Ada Upaya Sistematis Semua Siswi SMAN 1 Gemolong Berjilbab
11-01-2020 20:34
Quote:Original Posted By extreme78
bagi ane agama islam itu harga mati sekalipun imagenya makin nyungsep karena kelakuan umatnya...emoticon-Maaf Agan

Agama bagi ane adalah cara ane mensyukuri dan bertobat kepada Allah atas perbuatan ane dan kenikmatan yang diberikan kepada ane selama di dunia...emoticon-Maaf Agan

Dan agama islamlah yg ane yakini tuk beribadah kepada Allahemoticon-Cool


Ane setuju sama agan, yang jelek sifatnya itu manusianya, bukan agamanya, semua agama ngajarin baik, tinggal manusianya nangkapnya gimana, kalo seandainya kenyataannya dibalik semua, yang minoritas islam, apa berani jamin kejadian intoleran seperti itu ga bakal terjadi sama orang islam, ga bakal jamin dah
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
KPAI Duga Ada Upaya Sistematis Semua Siswi SMAN 1 Gemolong Berjilbab
11-01-2020 20:44
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Quote:Original Posted By mastersnu
buset ini sma babe gw ngajar masuk ngkaskus emoticon-Wowcantik
first buat klarifikasi neh soalan pemaksaan keharusan berjilbab di SMANIG(org² nyebutnya gitu), ga ada , never , bahkan pas taon 2008nan kalo gak salah , itu rame²nya yang rok mini bre emoticon-Genit biasalah anak muda ngikut trend , apalagi kalo sama si ***da idola SMANIG itu , bleh mantap anj*ng bre
tapi agak mulai berubah dari taun ke taun , dulu gak cuman SMANIG, waktu itu SMA PGRI , Sukowati ama yang non madrasah lagi trend² rok panjang gapake jilbab
awal²nya cuman gitu , tapi dari taon ke taon mulai pada pake jilbab , hell bahkan babe gw sendiri kaget kog makin banyak yang pake jilbab , itu yang muslimah pake jilbab semua mulainya taon 2010an kalo gak salah , semuanya sebenere mulai dari ngikut² , dari situ mungkin orang² pada ngeliat kalo yang muslim diwajibken pake hijab
lain hal kalo smk gw(daftar sma yang babe ngajar gak keterima sob emoticon-Hammer ) disitu malah ngewajibken yang muslimah pake hijab
sebenere kasus ini juga dah selesai secara kekeluargaan kog , tapi malah blowin up pas babe korban diwawancarai , gak tau kenapa itu berubah 180' statementnya bre emoticon-Nohope

Nyatanya bukannya ada "teror"?

Harusnya rohisnya pake jurus"sekadar mengingatkan" saja,
yg halus,
dan gak perlu terlalu sering. Apalagi pake nyepam hp. emoticon-Nohope

Btw itu di sekolah sono emang relatif "hijau" ya? Ada yg share acara kajian ustad2 topiknya ga jauh2 dari alam kubur.
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan galuhsuda memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
KPAI Duga Ada Upaya Sistematis Semua Siswi SMAN 1 Gemolong Berjilbab
11-01-2020 20:47
Dulu jaman ane SMP (sekolah negeri) di Riau, satu kelas yang pake jilbab cuman satu orang. Temen ane tionghoa malah sekolah di muhammadiyah nyantai-nyantai aja.

Kesimpulannya, dulu hubungan sosial ga pernah nyangkut pautkan dengan identitas keagamaan. Kebalikannya sekarang apapun dikait-kaitkan dengan agama yang dianut orang tsb.
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus oleh gembaladomba13
KPAI Duga Ada Upaya Sistematis Semua Siswi SMAN 1 Gemolong Berjilbab
11-01-2020 21:26
Quote:Original Posted By Bukan.Arab
Emangnya lu udah pernah ditanyai malaikat??
Kok bisa tau segitu detailnya soal hubungan orangtua ama tuhan?
Lu mau masuk surga? Sini, gw kirim lu ke tuhan.
Cerita ngibul ala arabian 1001 night stories, yg cuma didongengkan ustad, lu percaya sekukuh itu.


Quote:Original Posted By Bukan.Arab
Another bullshit from muslim hoax-lover, unbelievable. Sdang taqiyah ya nak???


Quote:Original Posted By Bukan.Arab
Too late for that, secara kekuatan islam garis keras udah menyebar sampai ke jantung pemerintahan, yg bahkan jokowi dan maruf amin tidak sanggup membendungnya.
Satu2nya cara adalah membiarkan islam menguasai nusantara, dan umat lain angkat kaki dari indonistan.
Biarkan mereka membusuk di indon.

Kita catat perilaku kadrun, dan dokumentasikan sebagai pembuktian sepanjang jaman bagaimana islamisasi menghancurkan indonesia utk kedua kalinya.


Hahahaha, percaya ga percaya itu urusan masing masing, seperti ane bilang, tiap muslim tugasnya mengingatkan,bukan maksa, kalo udah diingatkan masi ga mau tau, ya didoakan biar segera sadar

Masalah surga/neraka dan urusan akhirat kalo emang ga ada apa apa, ane ga rugi,cuma kalo ternyata surga /neraka emang ada, moga moga agan dan ane sempet tobat setelah nulis komen ini
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
KPAI Duga Ada Upaya Sistematis Semua Siswi SMAN 1 Gemolong Berjilbab
11-01-2020 21:32
Quote:Original Posted By Bukan.Arab
As Mr. Putin said, "Soal pengampunan dosa, itu urusan Tuhan. Tugas kita adalah mengantar mereka ke hadiratNya."


Sok mangga, umur mah ga ada yang tau,
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
KPAI Duga Ada Upaya Sistematis Semua Siswi SMAN 1 Gemolong Berjilbab
11-01-2020 22:44
946 siswa dan tidak ada siswi yang beragama non islam? jangan-jangan pas seleksi masuk yang dilihat pertama agamanya?emoticon-Bingung
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
KPAI Duga Ada Upaya Sistematis Semua Siswi SMAN 1 Gemolong Berjilbab
11-01-2020 22:45
kadang ada benarnya era orba enak, karena jaman smp sma di era orba mana ada yang pake jilbab, apalagi maksa pake jilbab
0 0
0
KPAI Duga Ada Upaya Sistematis Semua Siswi SMAN 1 Gemolong Berjilbab
11-01-2020 22:48
Ngapa agama skrng d ajarin biar org takut sma tuhan y,
Bukan d jadiin jln biar org cinta sama tuhan,,,,
emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
Bukan.Arab dan gembelngehe memberi reputasi
2 0
2
KPAI Duga Ada Upaya Sistematis Semua Siswi SMAN 1 Gemolong Berjilbab
11-01-2020 22:52
Quote:Original Posted By mastersnu
dapet info dari mana boss? banyak kog yang non muslim disitu , cakep² pula emoticon-Genit


"Seorang siswi SMAN 1 Gemolong, Sragen, Jateng, merasa diteror sesama temannya karena tak mengenakan jilbab ke sekolah. Di sekolah negeri itu, diketahui semua siswi berjilbab kecuali Z."

Mungkin maksudnya semua siswi beragama islam berjilbab kecuali Z kali ya?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
KPAI Duga Ada Upaya Sistematis Semua Siswi SMAN 1 Gemolong Berjilbab
11-01-2020 23:01
Quote:Original Posted By mastersnu
biasalah media , disini aja ada mulok bhs arab , yang nilainya tinggi malah yang non muslim bre , gw ngikut koreksi soalnya emoticon-Big Grin


Widih sekolah negeri muloknya ada bahasa arab sekarang?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
KPAI Duga Ada Upaya Sistematis Semua Siswi SMAN 1 Gemolong Berjilbab
11-01-2020 23:15
berhijab tapi harus jilbob, mgkin itu yg di inginkan pelaku

fetish hijab
0 0
0
Halaman 4 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia