Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
153
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e15d7954601cf48c133ad75/amin-aamin-amiin-apa-aamiin-jangan-salah-ketik-lagi-gansist
Assalamualaikum GanSis, gimana nih kabarnya? Semoga kita selalu berada di dalam lindungannya. Kembali lagi di tread aku, dan semoga di tread ini, bisa bermanfaat untuk kita semua. Aamiin, aamiin, aamiin ya robbal 'alamin.
Lapor Hansip
08-01-2020 20:22

Amin, Aamin, Amiin Apa Aamiin? Jangan Salah Ketik Lagi GanSist

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Assalamualaikum GanSis, gimana nih kabarnya? Semoga kita selalu berada di dalam lindungannya. Kembali lagi di tread aku, dan semoga di tread ini, bisa bermanfaat untuk kita semua. Aamiin, aamiin, aamiin ya robbal 'alamin.


Amin, Aamin, Amiin Apa Aamiin? Jangan Salah Ketik Lagi GanSistsumber

Sering kali kita mengucapkan do'a sebagai ucapan pengharapan dengan sebuah kata ataupun kalimat. Baik itu kita yang mengucapkan doa, ataupun kita yang membalas do'a tersebut. Lalu, apakah jawaban yang kita ucapkan atau kita terima itu sudah benar? Amin, Aamin, Amiin, ataupun Aamiin. Itulah kata yang seringkali kita dengar ataupun ucapkan.Tapi taukah kalian, bahwa di antara ke empat kata tersebut memiliki arti yang berbeda?

Amin, aamin, amiin, apa aamiin sih yang benar? Kadang kala kita salah dalam menulis, dan memaknai sebuah arti, baik dari kata, kalimat, maupun paragraf. Dan tak sedikit pula kita mengartikan, atupun mengganggap bahwa kata itu memiliki arti yang sama. Namun jangan salah, sebenarnya mereka itu memiliki arti yang berbeda loh.

Yuk langsung aja kita bahas apa sih perbedaan antara Amin, Aamin, Amiin serta Aamiin.

AMIN

Tak jarang dari kita mengetik sebuah pesan yang kita harapkan dengan kata Amin. Tapi taukah apa arti dari Amin itu sendiri? Amin dalam bahasa arab berarti aman. Jadi, jangan sampai salah lagi ya. Ingat, amin itu artinya aman, bukan semoga di kabulkan.

Aamin

Aamin, apa sih artinya? Aamin dalam bahasa arab memiliki arti meminta pertolongan. Gunakanlah kata ini jika kalian ingin berdo'a meminta pertolongan.

Amiin

Amiin memiliki arti jujur. Adakah di antara kalian yang pernah mengetik kata ini di dalam pesan tertulis? Jangan salah lagi ya, Amiin adalah sikap jujur, bukanlah suatu pengaharapan agar do'a dapat terkabulkan.

Aamiin

Jika dari Amin, Aamin, serta Amiin salah semua, terus mana sih yang benar? Yang benar adalah Aamiin. Aamiin sendiri memiliki arti kabulkanlah do'a kami. Jadi kalian tau bukan sekarang mana yang benar?

Ingat, jangan sampai salah ketik lagi ya GanSist, karena beda satu huruf saja, itu sudah merubah arti loh. Kalau saranku, pakailah kata Aamiin kalau kita menginginkan agar do'a kita dapat terkabul. Bukan Amin, Aamin, ataupun Amiin. Sekali lagi, semoga bermanfaat GanSist. Jumpa lagi di tread aku yang lain. Wassalamualaikum warahmatullahi Wabarakatuh.
Diubah oleh ajiqueen
profile-picture
profile-picture
profile-picture
imanbreaux dan 53 lainnya memberi reputasi
50
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 8
Amin, Aamin, Amiin Apa Aamiin? Jangan Salah Ketik Lagi GanSist
10-01-2020 08:28
udah tau sih... tp bagus pembahasannya bagi yang blm tau emoticon-Big Grin
0 0
0
Amin, Aamin, Amiin Apa Aamiin? Jangan Salah Ketik Lagi GanSist
10-01-2020 08:34
wa lad dooolliiin..... aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaammmmmmmmiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiinnnnn...emoticon-Salaman
0 0
0
Amin, Aamin, Amiin Apa Aamiin? Jangan Salah Ketik Lagi GanSist
10-01-2020 08:38
makasi gan, hal yg spele gini padahal sangat penting nih . makasi bang
0 0
0
Amin, Aamin, Amiin Apa Aamiin? Jangan Salah Ketik Lagi GanSist
10-01-2020 08:42
aamiin = penulisan sesuai ejaan arab
amin = kalimat ekspresi sebagai balasan jika ada yg mendoakan kita

amin lebih kepada serapan dari bahasa arab ke dalam bahasa indonesia (tp ane gak tahu udah resmi apa belum). jika orang hanya ingin mengekspresikan balasan dengan 'amin' ya itu hak dia sih. toh kita sudah tahu maksudnya. emoticon-Cool

urusan doa dikabulkan atau tidak itu hak prerogatif Tuhan. karena dia yang Maha Mengetahui isi hati kita... emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
Amin, Aamin, Amiin Apa Aamiin? Jangan Salah Ketik Lagi GanSist
10-01-2020 08:48
klo aaaammiiinnnnn itu shalat berjamaah gan emoticon-Big Grin
0 0
0
Amin, Aamin, Amiin Apa Aamiin? Jangan Salah Ketik Lagi GanSist
10-01-2020 09:01
Oh ternyata begitu oke lah emoticon-Jempol emoticon-Jempol
0 0
0
Amin, Aamin, Amiin Apa Aamiin? Jangan Salah Ketik Lagi GanSist
10-01-2020 09:12
kalo konteksnya bhs arab memang gitu gan.
tp klo konteksnya bhs indonesia, yg baku itu amin, coba cek kbbi.

ini sama kayak kasus sholat, shalat, salat. ane tau klo di bhs arab artinya beda gan. tp yg baku utk indonesia ttp salat.

jadi klo nulis di dokumen resmi tetap amin. klo baca aamiin sj, biar maknanya gk berubah pas mengaminkan doa.
profile-picture
pretendalone memberi reputasi
1 0
1
Amin, Aamin, Amiin Apa Aamiin? Jangan Salah Ketik Lagi GanSist
10-01-2020 09:17
Double A and double i
Aamiin
0 0
0
Amin, Aamin, Amiin Apa Aamiin? Jangan Salah Ketik Lagi GanSist
10-01-2020 09:20
nice thread gan.. smoga yg masih salah kaprah segera terluruskan yaahh..
0 0
0
Amin, Aamin, Amiin Apa Aamiin? Jangan Salah Ketik Lagi GanSist
10-01-2020 09:26
Code:
amin
bentuk tidak baku: amien

⇢ Tesaurus
Etimologi: [Informasi etimologi hanya tersedia bagi pengguna terdaftar]

p terimalah; kabulkanlah; demikianlah hendaknya (dikatakan pada waktu berdoa atau sesudah berdoa): doa itu diakhiri dengan ucapan “--” yang gemuruh


Isi di atas langsung diambil dari KBBI V terbaru.
Bahasa Indonesia sudah memiliki kata sendiri yang bermakna meminta pengabulan doa, harapan, dan keinginan.
Karena ane tinggal di Indonesia, dan bahasa Indonesia juga memiliki kata sendiri, jadi ane pakai yang sesuai dengan ejaan bahasa Indonesia emoticon-Smilie
Tuhan itu Mahatahu dan pasti memahami apa yang dimaksudkan oleh hamba-Nya.
0 0
0
Amin, Aamin, Amiin Apa Aamiin? Jangan Salah Ketik Lagi GanSist
10-01-2020 09:26
terus kalau diucapin itung huruf A nya gimana
0 0
0
Amin, Aamin, Amiin Apa Aamiin? Jangan Salah Ketik Lagi GanSist
10-01-2020 09:33
Ada juga yg ngetik "Amien" kira² apa tuh artinya?
0 0
0
Amin, Aamin, Amiin Apa Aamiin? Jangan Salah Ketik Lagi GanSist
10-01-2020 09:48
berarti klo ane habis solat di musola trs ikut doa, dan ane cuma amin2 doang bkn aamiin, berarti ane jwb "AMAN, AMAN, AMAN" gitu dong? emoticon-Big Grin
0 0
0
Amin, Aamin, Amiin Apa Aamiin? Jangan Salah Ketik Lagi GanSist
10-01-2020 09:56
informatif banget sih artikel artikel tentang salah penulisan mempengaruhi salah arti. thanks gan, nice info
0 0
0
Amin, Aamin, Amiin Apa Aamiin? Jangan Salah Ketik Lagi GanSist
10-01-2020 10:00
klo kata "amien" itu gimana, gan?
0 0
0
Amin, Aamin, Amiin Apa Aamiin? Jangan Salah Ketik Lagi GanSist
10-01-2020 10:01
dulu ane pernah baca juga.. dan senjak tau, barulah ane sering pake aamiin..
nice info gan
0 0
0
Amin, Aamin, Amiin Apa Aamiin? Jangan Salah Ketik Lagi GanSist
10-01-2020 10:02
Amin..gw sih ikut yg KBBI aja deh

emoticon-Cendol Gan
0 0
0
Amin, Aamin, Amiin Apa Aamiin? Jangan Salah Ketik Lagi GanSist
Lapor Hansip
10-01-2020 10:20
Balasan post MrJeffBezos
Quote:Original Posted By MrJeffBezos
klo bule sebutnya amen


bukannya "amien" gan?
0 0
0
Amin, Aamin, Amiin Apa Aamiin? Jangan Salah Ketik Lagi GanSist
10-01-2020 10:34
Intinya biar terkabul, ngetiknya niat ya emoticon-Big Grin
0 0
0
Amin, Aamin, Amiin Apa Aamiin? Jangan Salah Ketik Lagi GanSist
10-01-2020 10:34
tergantung kebutuhan gan, kalo amin nya emang mau dipanjangin, bisa aja tulis Amiiiiiinnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn
0 0
0
Halaman 5 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia