Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mizowskyAvatar border
TS
mizowsky
Meninggalkan Passion Karena Dipecundangi Oleh Realita
Ini thread pertama ane, mohon maaf kalo jelek, namanya juga usaha.

(Thread ini tidak bermaksud untuk menjelek-jelekan motivator, tapi untuk menjelek-jelekan diri sendiri yang terlalu berambisi setelah dengar omongan dari motivator tanpa pikir panjang.)

sedikit curhat dan semoga dapet insight atau saran dari temen-temen yang lain, mungkin diawal ane ceritain dulu mengenai hobi ane dan gimana ane akhirnya mendapatkan sesuatu yang sangat powerful yang sering disinggung oleh kalangan para motivator, ya.. "passion", dan akhirnya digampar oleh realita hidup. 

"kejar passionmu maka uang akan mengikuti"
begitulah kira-kira quotes dari para motivator yang menjadi pedoman ane (dulu) 

Kenya langsung ajalah ya, ga usah pake basa-basi lagi 

Ane sebenernya sejak sd udah suka ngegambar, ngegambar telah menemani ane ketika ane lagi sendirian di rumah atau lagi ga punya temen buat diajak maen, kegiatan menggambar ini ane tekuni hingga SMP sampai ane masuk SMK, selama perjalanan di dunia pendidikan itu lumayan banyak lah ya cerita yang ane alami dari orang yang minta digambarin (dibayar, kadang diminta harga temen sampai gretongan emoticon-Blue Guy Bata (L)), ada siswa laen yang juga pandai gambar yang jadiin ane saingan, sampe diminta buat ikut partisipasi dalam event sekolah yang berhubungan dengan ngeggambar,  mayan banyak juga pujian dari temen-temen kelas tentang gambar ane, dan kadang ane jadiin skill gambar ini buat menarik perhatian kaum hawa akwakawk. 

Pas SMK ane masuk jurusan multimedia karena dulu pernah diiming-imingi bakalan relate sama hobi ane, ternyata ngga juga emoticon-Cape d...
keahlian gambar ane cuma kepake dikit, malah musti belajar hal baru kek nguasain software adobe dan kamera dan alat multimedia lainnya. Ya seengganya ane punya pengalaman dari dunia warnet yang bisa ane terapin semasa itu wkwk.

Tapi selama jadi siswa multimedia, ternyata ada materi yang ane taksir, yaitu design grafis... karena menurut ane (secara pribadi) proses bikin desain dipelajaran design grafis itu ga ada bedanya dengan ngegambar, mulai dari nyiapin konsep, sketsa, warna, perspektif, keseimbangan, dll. 
Dan itu ane tetapkan sebagai passion yang kiranya dapat ane jadikan ladang duit ketika udah lulus nanti (abis kemakan omongan motivator emoticon-Wkwkwk).

Dan singkat cerita akhirnya ane lulus, perasaan lega dan bebas dari tugas-tugas sekolah, perasaan lega dari budaya basa-basi ketika ketemu guru, perasaan lega akhirnya ga ngeliat muka gebetan yang pernah mainin perasaan ane emoticon-Bola, dan perasaan lega akhirnya ga perlu ngumpet lagi pas telat ngumpul buat upacara.

Akhirnya.. ane bisa mewujudkan apa yang udah ane idam-idamkan, akhirnya ane bisa nerapin apa yang udah ane tekuni selama ini kedunia professional.
 
2 tahun berlalu, and guess what... ane jadi pengangguran akwokaok
ya, selama 2 tahun itu ane habiskan hanya untuk belajar yang sesuai passion dan jarang (banget) komunikasi sama orang laen, ane nyari loker yang berhubungan dengan design, tapi kualifikasinya rata-rata s1, dan min pengalaman 1 tahun.

Yang awalnya desain grafis dan menggambar merupakan sesuatu yang dapat membuat ane senang dan relax malah sekarang rasanya kek "dikhianati" oleh passion itu sendiri, ane udah mulai frustasi karena merasa ga ada perkembangan, frustasi karena nyoba freelance tapi ga ada klien yang order, frustasi nyoba ikut kontes puluhan biji di suatu website tapi kena report orang laen dan akun kena suspend, frustasi karena merasa dibodohi diri sendiri, ditambah frustasi karena selama nganggur 2 tahun itu ane bantuin emak ane kerja di kantin sekolah yang dia sewa, selama itu udah pasti ada dimarahin, diteriakin, dibilang ga bisa dikasih tanggungjawab, dibilang ga guna lah, dan kata-kata negatif lainnya dan kena frustasi juga ngeliat gebetan yang dulu bikin ane patah hati sekarang udah punya kerjaan dan punya cowo yang lebih cool dari ane emoticon-Blue Guy Bata (L)
rasanya mau gila awkowko.

Tapi anehnya saat itu ane coba buat ga nyerah wkwk ane tetep berusaha belajar dan tetap ngotot sama pedoman hidup yang (menurut ane sekarang) menyesatkan, kemudian bulan desember kemaren ane ditawarin sama kakak ane yang diluar kota buat lamar design grafis dan ikut interview di suatu perusahaan frozen food deket tempat dia kerja, dan itu kakak ane yang ngongkosin buat berangkatnya karena naek pesawat.

Saat proses interview ane deg degan parah, yang awalnya pede dirumah, pas masuk ke kantornya kek udah masuk ke area yang membahayakan, ane keringetan, kebingungan, kelupaan pulpen, kek orang tolol lah intinya wkwk.

Selama interview ane kagok ga karuan, udah takut duluan sama hrdnya, belum lagi ditanyain pertanyaan yang menjebak dan menohok, akhirnya ane disuruh nunggu 1/ 2 minggu buat dihubungi dan akhirnya selama proses itu hp ane ga pernah muncul notif dari mereka.

Disitu udah mulai tuh perasaan "keknya gw cuma nyusahin keluarga" "keknya gw emang ga guna" , ane juga ngerasa udah terlalu egois karena selama ini ane terlalu ngikutin apa yang ane mau, terlalu sombong juga karena ngerasa ane ngerasa udah punya kelebihan yang pasti bakal diterima sama dunia kerja, ternyata dunia kerja seleksinya itu terlalu sensitif dan ketat, dan banyak saingan lain diluar sana yang lebih jago dari ane, udah banyak tawaran kerjaan dari keluarga dan temen, tapi ane tolak hanya untuk memuaskan "hasrat" dan "passion" yang jadi kebanggaan seorang pengangguran kek ane. Pernah kepikiran buat meng-koit kan diri juga wkwk, tapi karena ane penakut ya, jadinya ga jadi wkwk.

aku rindu sekolah wkwk.

Ane lalu mencoba untuk ga terlalu berambisi kalo passion atau hobi harus bisa dijadiin kerjaan, karena kalo hobi dijadiin kerjaan keknya bukan hobi lagi namanya CMIIW. Ane mencoba untuk melepas itu semua, dan rasanya sangat damai, terasa lahir baru emoticon-Nyepi

dan sekarang ane pengen lebih realistis, ane sekarang lagi lamar diperusahaan yang nerima fresh graduate SMA/ SMK, bentar lagi interview, kerja di bidang pergudangan (buset jauh amat yak awkwoak), ga punya pengetahuan sama sekali tentang itu, ga punya skill dibidang itu, cuma tau dikit soal exel tapi kebetulan kakak ane kerja dibidang yang sama, jadi bisa tanya-tanya lah ya wkwk.
semoga tidak memperburuk keadaan.

sekan dari ane, mohon maap kalo ceritanya kurang jelas, semoga ada pelajaran yang bisa diambil, sekalian mungkin ada yang mau curhat juga atau sepengalaman bisa sama-sama cerita, mungkin pengalaman ane belum seberapa.

mon maap juga kalo disepanjang thread ini ada tulisan yang menyebabkan ketersinggungan, sungguh tak ada maksud dari saya.

semoga berkenan

   
Diubah oleh mizowsky 09-01-2020 15:46
anasabila
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 6 lainnya memberi reputasi
7
753
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.