Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

calonpenulisAvatar border
TS
calonpenulis
Mitos Atau Fakta Ular Takut dengan Garam ?
Ilustrasi ular kobra (shutterstock)

Ular merupakan salah satu hewan reptilia tidak berkaki dan bertubuh panjang yang hampir kita jumpai disegala tempat seperti hutan,rawa,sungai, laut maupun di perkotaan tempat pemukiman warga . Terdapat berbagai jenis ular didunia ini baik yang memiliki bisa racun yang mematikan maupun yang tidak, selain itu ular yang berukuran besar tidak segan memangsa manusia. Dari beberapa hal yang kita takutkan dari ular tersebut, tentu banyak orang yang berpikir dan berusaha mencegah ular agar tidak berada disekitar kita. Salah satunya adalah dengan cara menaburkan garam. Lantas akankah dengan penggunaan garam ular akan menghindar dan takut ?
Maraknya ular yang ditemukan dipemukiman warga beberapa bulan terakhir ini seperti setelah banjir, mengundang beberapa pertanyaan untuk kita semua bagaimana cara agar kita dapat mengusir ular tersebut. Mengenai hal tersebut ada beberapa mitos - mitos cara mengusir hewan melata ini salah satunya yaitu dengan cara menaburkan garam. Panji Petualang menilai mengusir ular dengan garam adalah suatu mitos yang sudah cukup lama. Hal ini disampaikannya saat menghadiri acara edukasi satwa kepada warga di pemukiman Perumahan Jatirasa Kecamatan Jatirasa Bekasi " Menurutnya dia pernah melakukan eksperimen dengan menaburkan garam pada lintasan ular, nyatanya ular bisa melintas dan biasa sja dengan santainya". 
Jika dilihat dari bentuk tubuh ular yang bersisik, memang sepertinya tidak akan berpengaruh sebab seperti yang kita ketahui ular adalah hewan bersisik dan sisik ular bukanlah sesuatu yang amat lunak. Sisik tersebut bahannya seperti kuku manusia yang terbuat dari keratin. Pengunaan garam untuk mengusir ular merupakan mitos  lama yang masih berkembang sampai sekarang. Seperti misalnya pada saat berkemah bahwa menaburkan garam akan membuat ular menjauh dari area tenda kita. Sebenarnya garam dapat mengusir atau bahkan membunuh hewan - hewan yang berlendir seperti siput.  Tubuh siput terdiri dari cairan-cairan berlendir yang jika diberi garam, maka akan terjadi peristiwa osmosis. perpindahan partikel terjadi dari tubuh siput yang rendah konsentrasinya menuju larutan garam yang lebih pekat. Akibatnya, tubuh siput mengerut dan kekurangan cairan. Itulah kenapa siput akan mati jika ditaburi garam. Hal serupa juga terjadi pada hewan-hewan berlendir lain seperti bekicot, lintah, pacet, maupun cacing tanah.
Ada beberapa cara sederhana yang cukup efektif mencegah ular masuk dipekarangan rumah kita yaitu dengan cara menyimpan wangi - wangian di sejumlah sudut rumah. Dan yang paling praktis adalah memakai kapur barus yang mengeluarkan aroma wangi, sebab ular maupun tikus tidak senang dengan wagi - wangian.

"Bagaimana menurut Gansis apakah masih berpikir bahwa garam dapat mengusir ular?Silahkan buktikan sendiri".



sebelahblog
4iinch
tien212700
tien212700 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.7K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.