Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

syafira87Avatar border
TS
syafira87
Atasi Masakan Keasinan Pakai Patahan Cabe Mentah, Simak Beberapa Tips di Bawah Ini!
Assalamu'alaikum. Hola halo, Agan Sista. Jumpa lagi kita di thread ane.

Atasi Masakan Keasinan Pakai Patahan Cabe Mentah, Simak Beberapa Tips di Bawah Ini!
Seorang ibu rumah tangga tentu saja selalu berurusan dengan rumah dan keluarga. Keseharian dihabiskan mengurus seisi rumah. Mulai dari pakaian hingga ke makanan.

Nah, untuk uusan dapur ane bawa tips mengatasi masakan yang ke asinan buat agan dan sista loh. Tips ini juga bermanfaat buat para jomlowan/wati yang indekost. Yuk, simak di antaranya adalah:

1. Gunakan takaran atau sendok ukur

Atasi Masakan Keasinan Pakai Patahan Cabe Mentah, Simak Beberapa Tips di Bawah Ini!
Supaya rasa masakan tidak seperti air laut baiknya kurangi penggunaan garam saat menghaluskan cabe. Baik pakai cobekan atau diblender, ya. Untuk mengukur penggunaan sesuai selera baiknya pakai sendok takaran. Kapan perlu gunakan timbangan biar nggak meleset dari perkiraan. Jika masakan kurang garam bisa ditambah sebelum dipindahkan ke mangkok.

2. Sediakan garam halus

Nah, ane selalu sediakan garam halus di dapur supaya nggak ribet saat mau nambahin ke masakan jika dirasa belum sesuai selera.

3. Cuci bahan yang sudah dibumbui

Atasi Masakan Keasinan Pakai Patahan Cabe Mentah, Simak Beberapa Tips di Bawah Ini!
Sudah menjadi kebiasaan emak-emak bertitel ibu kebangsaan, dilengkapi dengan baju dinas alias daster sobek bagian ketek dan lain sebagainya. Biasanya sebelum menggoreng bahan utama seperti ayam, daging, atau tahu sengaja dibumbui.

Supaya rasanya sedap baiknya gunakan garam secukupnya saja. Namun, jika telanjur berlebihan baiknya segera dicuci bersih. Kebiasaan ane sebelum menggoreng tahu pasti direndam di air garam supaya bercita rasa maknyus. Jika keasinan pasti dicuci pakai air panas.
4. Cicipi

Setelah masakan matang, baiknya dicicipi supaya kita mengetahui rasa masakan. Jika keasinan, cucilah sisa daging mentah segera. Jika sedang bikin gorengan seperti bakwan sayur, bisa tambahkan bahan seperti tepung dan sedikit air.

5. Tambahkan gula pasir

Apakah orang rumah agan dan sista pengguna gula pasir pada tiap masakan? Jika iya, gula pasir bisa dimanfaatkan sebagai penghilang rasa asin di masakan.

Atasi Masakan Keasinan Pakai Patahan Cabe Mentah, Simak Beberapa Tips di Bawah Ini!Foto: Dokpri

6. Tambahkan patahan cabe mentah

Nah, ini pengalaman ane banget. Info ini didapat dari seseorang tetangga yang sedang masak gulai daun singkong cabe ijo. Kebetulan ane ada disaat dia menambahkan cabe keriting mentah yang dipatahkan atau potong tiga bagian di tiap biji ke masakannya.

Awalnya ane mengira masakan dia kurang pedas. Naluri kekepoan bergejolak hingga berakhir pada sebuah pertanyaan tentang 'kenapa'? Dapat satu jawaban yang menurut ane sangat konyol--untuk mengurangi keasinan--katanya. Ane bukan orang yang mudah percaya sebelum menyaksikan bukti yang meyakinkan.

Atasi Masakan Keasinan Pakai Patahan Cabe Mentah, Simak Beberapa Tips di Bawah Ini!Foto: Dokpri

Suatu hari masakan ane rasanya asin dan sangat beruntung belum dipindahin ke meja makan. Lalu teringat sesetetangga yang memakai cabe mentah dan langsung dipraktekin sendiri.

Kebetulan waktu itu keasinannya cukup mengganggu dan ane menambahkan beberapa biji hingga rasa tidak sedap tersebut hilang. Alhamdulillah masakan yang dengan susah payah terselamatkan.

7. Rendam lama

Coba cung jempol yang sering bikin sambal balado ikan asin atau sepat. Nah, ini sambal favorit ane, tapi rasanya yang keasinan terkadang mengganggu banget. Solusinya adalah rendam lama di air.

Nah, itulah beberapa tips tentang mengurangi rasa asin pada masakan. Jika agan dan sista punya pengalaman seperti di atas, yuk sharing dan berbagi info di kolom komentar.

Setelah membaca atau dirasa bermanfaat silakan tinggalkan jejak cendol segar, dibintangin 5, juga bagikan supaya tidak ketinggalan thread selanjutnya. Wa'alaikumussalam.

TERIMA KASIH


Penulis: Syafira87
Ilustrator dan referensi: Di sini
Diubah oleh syafira87 14-12-2019 09:58
nurulnadlifa
nona212
tien212700
tien212700 dan 20 lainnya memberi reputasi
21
4.5K
57
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto GuideKASKUS Official
8.9KThread12.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.