bangzaldiAvatar border
TS
bangzaldi
Soal Kapal Pencuri Ikan China di Natuna, Begini Komentar Susi Pudjiastuti


Susi Pudjiastuti

MATA INDONESIA, JAKARTA – Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti sepakat dengan penegakkan hukum terhadap kapal-kapal pencuri ikan dari China di Perairan Natuna. Ketegasan pemerintah berbeda dengan menjaga persahabatan antarnegara atau iklim investasi.

Menurutnya persahabatan antarnegara tidak boleh melindungi pelaku pencurian ikan dan penegakkan hukum atas mereka.


“Persahabatan antar negara Tidak boleh melindungi pelaku Pencurian Ikan & Penegakan hukum atas pelaku Ilegal Unreported Unregulated Fishing (IUUF). Tiongkok tidak mungkin dan tidak boleh melindungi Pelaku IUUF. Karena IUUF adalah crime/ kejahatan lintas negara,” ujar Susi melalui akun twitternya yang dikutip Senin 6 Januari 2020.


Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menyebut China adalah negara sahabat sehingga kita tidak perlu membesar-besarkan peristiwa pencurian ikan oleh nelayan China yang dikawal kapal penjaga keamanan pantai mereka.

Sementara Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD menegaskan tidak akan bernegosiasi dengan pelanggaran kapal-kapal ikan China tersebut.


Saat ini, TNI sedang menggelar pasukan di Kawasan Natuna yang terdiri 600 personel gabungan dan lima kapal perang mengawasi Natuna.


Gelar pasukan tersebut dipimpin Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan) I, Laksamana Madya (Laksdya) TNI Yudo Margono, sejak Jumat 3 Januari 2020.


Yudo menegaskan pelanggaran wilayah yang dilakukan kapal pemerintah asing di wilayah zona ekonomi eksklusif Indonesia, berupa penangkapan ikan secara ilegal yang dikawal oleh kapal Coast Guard asing merupakan ancaman pelanggaran wilayah pemerintah Indonesia.
Sumber:





sebelahblog
4iinch
tien212700
tien212700 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
933
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.2KThread40.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.