goldjempolAvatar border
TS
goldjempol
Anies: Hanya 15% wilayah Jakarta dilanda banjir
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim, hanya 15% wilayah Jakarta yang terdampak banjir saat hujan deras pada 31 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020.

Menurut Anies, banjir melanda sejumlah wilayah karena pompa air yang tersedia tidak mampu mengatasi jumlah air hujan yang tinggi.

Tempat yang curah hujannya ekstrem seperti di sini (Kelurahan Makasar), di sini curah hujannya ekstrem, maka antara pompa mengalirkan dengan hujan yang jatuh enggak seimbang," kata Anies usai melakukan kerja bakti di Kelurahan Makasar, Makasar, Jakarta Timur, Minggu (5/1/2020).

Ia mengatakan, 85 persen wilayah Jakarta lain, contohnya di Kemang, tidak terdampak banjir karena di sana pompa air dapat berfungsi optimal. Tercatat ada 478 pompa air yang tersebar di 176 titik di Jakarta.

Anies menambahkan, sebanyak 122 unit pompa mobile juga disiagakan di wilayah Jakarta. Anies memastikan seluruh pompa air kini berfungsi secara baik.

"Hujan yang sedemikian deras, tapi kenapa Kemang tidak banjir, karena pompa mobile kami bekerja di Kemang Raya," ungkap Anies.

"Karena itu, alhamdulillah 85% wilayah Jakarta aman. Ada 15% yang terdampak dan 15% itu ada di bawah 1% yang ketinggian airnya di atas 1,5 meter. Artinya secara sistem, kesiapan kita alhamdulillah baik," lanjutnya.

Baca Juga: PLN: Dari 6.131 gardu yang terdampak banjir, tinggal 187 gardu yang masih padam

Hujan deras sejak 31 Desember 2019 malam hingga 1 Januari 2020 pagi telah menyebabkan banjir di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Ribuan orang harus mengungsi karena rumah mereka dilanda banjir.

Pemprov DKI Jakarta menurunkan 120.000 petugas untuk menanggulangi banjir tersebut. Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta hingga Jumat (3/1), jumlah korban meninggal dunia di wilayah Jabodetabek mencapai 47 orang.

https://m.kontan.co.id/news/anies-ha...dilanda-banjir
darwinsilb
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 10 lainnya memberi reputasi
11
4.8K
55
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.2KThread40.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.