magelysAvatar border
TS
magelys
Uskup Agung Jakarta Sangkal Soal Pelecehan Seksual di Gereja
Jakarta, Gatra.com - Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Kardinal Suharyo Hardjoatmodjo menyangkal tuduhan bahwa ada pelecehan seksual yang terjadi di Gereja Katolik di Indonesia.

Sebelumnya, dalam sebuah seminar yang digelar di Universita Atmajaya Jakarta pada November silam, Sekretaris Eksekutif Komisi Seminari Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), RD Joseph Kristanto mengakui bahwa ada pelecehan seksual yang dilakukan oleh para rohaniawan Gereja Katolik.

Joseph mengatakan, walaupun tidak memiliki data pasti tentang jumlah korban pelecehan seksual di Gereja Katolik di Indonesia, timnya telah menerima laporan dari informan yang merinci setidaknya 56 korban pelecehan seksual.

Selain itu, majalah Katolik Warta Minggu yang diterbitkan oleh Paroki Tomang, Keuskupan Agung Jakarta juga menyajikan laporan yang memicu pembicaraan luas, terkait pelecehan seksual di dalam Gereja Katolik di Indonesia.

Majalah tersebut melaporkan bahwa setidaknya 56 orang mengalami pelecehan seksual di dalam Gereja Katolik di seluruh Indonesia. Laporan berjudul Pelecehan Seksual di Gereja Indonesia: Fenomena Gunung Es? diterbitkan pada edisi Minggu, 7 Desember 2019.

"Saya tidak pernah menerima laporan seperti itu. Itu KWI yang mana, yang bicara tentang perkara itu? Tanyakan pada yang menulis itu, dari mana dia mendapat data," kata Suharyo pada konferensi pers perayaan Natal 2019, Jakarta (25/12).

Lagipula, sambung Suharyo, masalah-masalah internal seperti ini tidak boleh diceritakan kepada publik. "Bagi saya, sebagai Uskup, itu melanggar kode etik apalagi menceritakan di depan umum. Tidak boleh kasus-kasus seperti itu digelar begitu saja di depan seminar," tambahnya.

Suharyo menjelaskan bahwa di dalam Gereja Katolik ada yang disebut sebagai rahasia pengakuan, di mana seorang Uskup menerima pengakuan dalam kasus seperti itu terikat rahasia.

"Jadi kalau itu nanti mau ditindaklanjuti, saya tidak mengerti sampai ke mana, Joseph sudah tertunduk-tunduk minta maaf. Seharusnya dari segi rahasia pengakuan tidak bisa diumbar," ujar Suharyo kepada wartawan.


https://www.gatra.com/detail/news/46...sual-di-gereja

pdt.henderson
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.2K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.2KThread40.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.