Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

joko.winAvatar border
TS
joko.win
Lokasi Ibu Kota Baru Dipastikan Aman dari Kebakaran Hutan dan Banjir

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan, lokasi Ibu kota baru di Kalimantan Timur (Kaltim) akan bebas dari banjir. Foto/Ilustrasi

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan, lokasi Ibu kota baru di Kalimantan Timur (Kaltim) akan bebas dari banjir. Hal itu lantaran pemerintah tengah menyusun desain Ibu kota baru yang akan dilengkapi dengan mitigasi persoalan banjir.


Basuki menjelaskan, desain dari ibu kota baru yang berlokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur tersebut, sudah memperhitungkan luasan lahan yang akan digunakan hingga jumlah penduduk yang akan tinggal disana.

"Sudah dihitung berapa jumlah penduduk yang akan ada di situ, yakni sebanyak 2,75 juta jiwa. Kawasan Ibu kota juga ada perluasannya nanti," ujar Menteri Basuki di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Maritim, Jakarta, Jumat (3/1/2020).

Sambung dia menekankan, lokasi Ibu kota baru juga tak memiliki sejarah pernah mengalami banjir, sehingga hal ini menjadi pertimbangan tersendiri bagi pemerintah. Meski demikian, dia mengakui jika terjadi perubahan tata ruang lingkungan di wilayah tersebut memang bisa saja menimbulkan banjir. "Jadi dalam desain sudah dihitung, kalau 70% wilayah Ibu kota baru masih berupa kawasan hijau," katanya.

Selain itu lanjut Basuki, desain pembangunan Ibu kota baru juga sudah meminimalisir potensi terjadinya kebakaran hutan. "Justru kami pilih lokasi di Sepaku (Bukit di Penajam Paser Utara) karena menurut penelitian tidak ada kandungan batu baranya. Kalau yang timurnya, di Bukit Soeharto itu ada batu baranya," pungkasnya.

(akr)

https://ekbis.sindonews.com/read/148...jir-1578042398
Theist
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 2 lainnya memberi reputasi
3
555
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.