YenieSue0101Avatar border
TS
YenieSue0101
Apakah yang Kamu Tahu Tentang Hewan Ruminansia?




Hola, Agan dan Sista pembaca setia, apa kabar hari ini? Jumpa lagi dengan ane, TS gaje yang lagi semangat-semangatnya ngethread. Semoga menular ya! emoticon-Wowcantik


Seiring waktu berjalan, seiring bertambahnya usia, ada banyak ilmu yang luput dari perhatian kita. Di tengah kesibukan dan hiruk pikuk, dengan orang-orang yang mulai tak acuh pada sekitar, ijinkan ane berbagi sedikit pengetahuan kepada gansis sekalian, siapa tahu bermanfaat. emoticon-Wowcantik


emoticon-Angelemoticon-Angel emoticon-Angel emoticon-Angel



Gansis, kalian pernah nggak sih memerhatikan sapi atau kambing yang kelihatan mulutnya sibuk seperti mengunyah sesuatu padahal tidak sedang makan? Biasanya hewan-hewan tersebut melakukannya di kala senggang, duduk-duduk sambil menikmati suasana.

Usut punya usut, ternyata hewan-hewan ini memuntahkan kembali makanan yang sudah masuk ke dalam perutnya dan mengunyah kembali remahan-remahan rumput atau dedaunan hijau yang telah mereka makan. Dalam istilah zoologi, hewan ini biasa disebut dengan Ruminansia. Sebenarnya ini pelajaran yang pernah diberikan semasa sekolah. Namun, jika gansis lupa atau belum paham, yuk kita belajar lagi!


Apakah itu Ruminansia? Simak ulasan berikut ini!


Quote:





Wah, cukup unik ya, Gansis, sistem pencernaan mereka. Jadi hewan-hewan ini memiliki empat lambung dengan fungsi yang berbeda-beda. Lambung pertama digunakan untuk menampung rumput-rumput atau dedaunan hijau yang baru saja dimakan, dan tentunya baru dalam tahap kunyahan pertama yang masih kasar. Setelah dimuntahkan dan dikunyah kembali barulah masuk ke lambung berikutnya dan mengalami proses pencernaan tahap paling penting karena disinilah proses penyerapan nutrisi berlangsung. Selanjutnya, ampas-ampas makanan tersebut akan diteruskan ke usus untuk pencernaan tahap akhir.


Hewan-hewan yang termasuk jenis ini di antara lain, sapi, kambing, kelinci, kerbau dan hewan-hewan herbivoraatau pemakan tumbuhan lain. Karena kerja dua kali menjadikan mulut mereka tak berhenti mengunyah meski telah memasuki waktu-waktu rehat. Cukup rumit dan merepotkan memang, tapi dengan begitu para hewan ini akan mengalami masa kenyang yang lebih lama.


Nah, itulah tadi penjelasan singkat tentang hewan ruminansia dan bagaimana kinerja pencernaannya. Sistem pencernaan unik dan tidak dimiliki oleh manusia maupun hewan lain yang tidak termasuk di dalamnya. Semoga memberi gambaran yang bisa Gansis pahami, jika ada yang mau menambahkan silakan share di kolom komentar.


emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia



Cukup sekian thread kali ini. Terima kasih sudah menyimak, semoga menambah pengetahuan baru dalam perjalanan hidup Gansis sekalian. Selamat siang dan selamat beraktivitas. emoticon-Kiss (S)

Sungguh luar biasa ciptaan Tuhan. Keberagaman dan keajaiban di dalamnya menjadikan manusia semakin terlihat kecil di mata-Nya. Apalah yang hendak disombongkan, mengingat kita hanya bagian dari kekuasaan-Nya yang Maha Luas lagi sempurna.


Terima 2C(Cendol dan Cinta)emoticon-Wowcantik


Penulis : Tikus Kecil, Pasukan Anbu BBB

Referensi lain

Ilustrasi : 1, dan 2



Diubah oleh YenieSue0101 11-10-2019 06:15
ceuhetty
sebelahblog
zafinsyurga
zafinsyurga dan 26 lainnya memberi reputasi
27
4.2K
51
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.