Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

KkunyukAvatar border
TS
Kkunyuk
Habib Rizieq: Banjir Jakarta dan Maksiat Perayaan Tahun Baru


Jakarta direndam banjir. Itulah fakta yang terjadi pada Kamis, 17 Januari 2013 lalu. Kawasan Bunderan HI, Jalan MH Thamrin, yang selama ini belum pernah terkena banjir parah, lumpuh total.

Sangat tepat jika Ketua Umum Front Pembela Islam (FPI) Habib Muhammad Rizieq Syihab saat banjir melanda mengatakan, “Setelah Sudirman – Thamrin diisi FESTIVAL MAKSIAT oleh JOKOWI pada malam Tahun Baru, kini saatnya ALLAH SWT menyapu kotoran maksiatnya dengan BANJIR se-Jakarta. Ayo, JOKOWI mau beli musibah dengan maksiat apa lagi ??!!”

Hingga tulisan ini dimuat banjir Jakarta belum selesai. Korban meninggal sudah mencapai 20an orang. Kerugian belum terhitung. Ribuan masyarakat terpaksa diungsikan. Dan pemandangan yang unik adalah taktala orang-orang kaya dari etnis tertentu yang tinggal di kawasan elit Pluit, Jakarta Utara. Mereka juga terpaksa harus diungsikan dengan berbagai peralatan yang ada, meninggalkan rumah-rumah mewah dan mobil-mobil mewah mereka yang terendam banjir.


Secara teknis, banjir yang melanda Jakarta pada Januari 2013 ini berbeda dengan banjir pada Januari-Februari 2007 lalu. Curah hujan yang turun ternyata lebih kecil jika dibandingkan dengan data curah hujan harian saat terjadi banjir besar pada 2007.

Namun dampaknya hampir setara. Luapan Sungai Ciliwung merendam kawasan di Jatinegara dan daerah lain yang dilintasinya. Ini persis sama seperti ketika banjir besar melanda Jakarta lima tahun lalu.

Pertanyaannya, apakah musibah banjir itu hanya akibat faktor-faktor alam di atas?. Ataukah ada hal non teknis lain yang turut andil bagian?. Padahal, berkaca pada musibah gempa yang pernah terjadi pada masyarakat Islam Madinah saat dipimpin Khalifah Umar bin Khatab, beliau langsung menginstruksikan masyarakat aar menjauhi maksiat dan bertaubat kepada Allah SWT.

Saat itu Khalifah Umar mengatakan, “Wahai bumi adakah aku berbuat tidak adil?” lalu berkata lantang, “Wahai penduduk Madinah, adakah kalian berbuat maksiat? Tinggalkan perbuatan itu, atau aku akan meninggalkan kalian!”.



MAKSIAT SEBAB BENCANA


Untuk mengetahui adakah hubungan antara bencana, apakah gempa bumi, banjir, tsunami, kelaparan, krisis pangan, kemarau berkepanjangan, tenggelamnya kapal, jatuhnya pesawat, dan sebagainya, saya ingin mengetengahkan kepada pembaca dua ayat dallam Al-Qur’an yang difirmankan Allah SWT dalam dua surat yang berbeda. Surat Ar-Ruum ayat 41 dan surat As-Syuura ayat 30.


Allah SWT berfirman dalam QS Ar-Ruum: 41, “Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).”

Untuk memahami ayat itu, Ustadz Muhammad Ali Ash-Shabuni dalam kitab tafsirnya, Shafwatut Tafasir, menjelaskan sebagai berikut:


Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, tampaklah musibah dan petaka di darat dan lautan karena perbuatan maksiat dan dosa umat manusia. Al-Baidhawi berkata: Yang dimaksudkan kerusakan adalah paceklik, banyak kebakaran, tenggelam, sirnanya berkah dan banyaknya kerugian karena maksiat manusia. Ibnu Katsir berkata, jelaslah bahwa kerusakan pada tanaman dan buah-buahan adalah akibat kemaksiatan manusia, sebab baiknya bumi dan langit adalah berkat ketaatan.


Supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, hal itu agar Allah membuat mereka merasakan sebagian akibat dari perbuatan mereka di dunia sebelum menghukum mereka semuanya dengan hal itu di akhirat. agar mereka kembali (ke jalan yang benar), agar mereka bertaubat dan meninggalkan maksiat serta dosa yang ada pada mereka.


Sedangkan dalam QS Asy-Syuura ayat 30, Allah SWT berfirman: “Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).

[url=https://kabarneS E N S O R2013/01/22/banjir-jakarta-dan-maksiat-tahun-baru/]Wallahualam[/url]
[url=https://kabarneS E N S O R2013/01/22/banjir-jakarta-dan-maksiat-tahun-baru/][/url]
[url=https://kabarneS E N S O R2013/01/22/banjir-jakarta-dan-maksiat-tahun-baru/][/url]Bishawab

Bertaubatlah ya akhi ya ukhti

Subhanallah

emoticon-Argentina
Diubah oleh Kkunyuk 01-01-2020 05:44
aloha.duarr
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 2 lainnya memberi reputasi
3
4.2K
51
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.