Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fitrijunitaAvatar border
TS
fitrijunita
Deretan Mesin Ciamik Penghasil Baju Cantik
Hallo semua warga kaskus, salam kenal dari penghuni baru emoticon-Big Grin

Mau nanya nih, pernah ngga kalian lihat suatu barang yang cantik dan penasaran, “gimana sih cara buatnya? kok bisa secantik itu?”

Atau, pernah ngga sih, kita suka sama sesuatu barang tapi karena harganya lumayan menguras kantong, terus terlintas di pikiran kita pertanyaan, “kayaknya kalau bikin sendiri, bisa lebih hemat nih." emoticon-Big Grin

Tahu ngga sih, sekian banyak barang yang kita lihat atau yang ada di sekitar kita. Sebenarnya bisa loh kita buat sendiri tanpa harus beli. Bahkan kita bisa buat lebih cantik daripada yang kita lihat.

Caranya gimana?

Selain butuh keahlian khusus yang bisa dan harus kita pelajari. Kita juga butuh faktor pendukung, seperti alat dan bahan baku. Banyak alat yang biasa dipakai untuk membuat suatu prakarya, salah satunya yaitu mesin jahit.

Berhubung ini adalah thread pertama saya, jadi kita bahas yang ringan-ringan aja dulu ya yaitu, jenis mesin jahit.

Mesin jahit pun memiliki banyak tipe dan jenisnya. Tergantung kebutuhan dan kondisi. 

1. Mesin jahit klasik atau tradisional.

Hampir semua orang pasti lebih mengenal jenis mesin jahit ini jika dibandingkan mesin-mesin yang lain. Mesin ini juga dikenal dengan mesin jahit hitam. Jaman dulu, mesin ini bersifat manual, jadi kalian kayak olahraga kaki kalau mau mengoperasikan mesin ini. Tapi seiring berkembangnya jaman, mesin hitam ini juga sudah mulai menggunakan dinamo untuk pengoperasiannya.

2. Mesin jahit Highspeed.

Mesin ini banyak digunakan oleh para pengusaha di bidang garmen. Selain memiliki kecepatan tinggi, mesin ini juga memang memiliki daya tahan yang baik jika digunakan dengan durasi yang cukup lama.

 

3. Mesin jahit obras.

Mesin ini memiliki fungsi yang berbeda dan tidak semua penjahit membutuhkannnya. Khususnya penjahit atau konveksi yang memproduksi selain pakaian. Mesin obras biasanya dipakai untuk menjahit/menggabung badan depan dan belakang dalam kemeja,kaos dan produk lainnya.

 

4. Mesin lubang atau pasang kancing.

Dilihat dari nama mesinnya, mesin ini termasuk ke dalam mesin khusus karena hanya memiliki kegunaan khusus, dan tidak semua penjahit membutuhkannya. Namun mesin ini sangat membantu mengefesienkan waktu produksi pakaian.

 

 

5. Mesin Jahit portabel

Mesin ini memiliki fungsi yang sama dengan mesin jahit hitam dan mesin jahit highspeed. Namun mesin juga memiliki fungsi yang hampir sama dengan mesin jahit obras dan mesin lubang dan pasang kancing.

 

Sebenarnya masih ada lagi beberapa jenis mesin jahit yang lain, tapi untuk awalan, cukup lima jenis mesin yang wajib kalian ketahui jika ingin memasuki dunia jarum dan benang. Sebagai rekomendasi dari saya, Mesin jahit portabel sangat cocok dan pas untuk menemani para pemula yang ingin menyelami dunia jejahitan.

Sekian info dari saya, semoga suka dan bermanfaat.
Terima kasih.

Sumber : Opini Pribadi
Diubah oleh fitrijunita 12-10-2019 11:16
ferdyromadhon
ummusaliha
nurulnadlifa
nurulnadlifa dan 28 lainnya memberi reputasi
29
2.4K
157
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
KASKUS Kreator Lounge
KASKUS Kreator LoungeKASKUS Official
1.2KThread993Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.