Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

RifanNazhifAvatar border
TS
RifanNazhif
Hal Ghaib Yang Seharusnya Kita Syukuri









Rata-rata kita memang suka mencari tahu sesuatu yang akan terjadi di masa depan. Itulah mengapa kita sangat hobi mendatangi  dukun, paranormal, ahli perbintangan dan beragam lainnya. Apalagi di pengujung tahun seperti sekarang ini, fenomena keingintahuan tentang apa yang akan terjadi---khususnya pada diri kita---tentulah semakin merebak. Pasaran shio terkadang menyamai meriahnya pesta akhir tahun. Padahal ketika dipikir-pikir, apa untungnya bagi kita seandainya bisa tahu apa yang akan terjadi di tahun depan? Apakah kita mau menjadi pakar shio, paranomal, ahli bintang atau  apa?

Hal ini memang urusan masing-masing. Aku hanya ingin kita merenungkan bahwa Tuhan sudah sangat baik menjadikan masa depan itu sesuatu yang ghaib, sehingga hidup di dunia akan lebih mengasyikkan. 

Apa saja keuntungan bagi kita dengan adanya hal ghaib tentang masa depan?

1.      Semangat kerja

Apa hubungannya semangat kerja dengan masa depan? Tentu sangat ada hubungan. Kita ibaratkan si A dan si B sudah tahu masa depannya. Si A akan menjadi orang kaya raya. Si B akan menjadi orang miskin lagi fakir. Kemungkinan yang timbul di hati A adalah, “Ngapain gua kerja susah-susah, toh meski malas-malasan, gua kan tetap ditakdirkan kaya!" Sementara apa yang ada di benak si B? “Mending gua malas-malasan. Mau usaha kayak mana pun, takdir gua tetap fakir-miskin. Tiduran aja, ah?"

2.      Takut beraktivitas

Kenapa kita takut beraktivitas seandainya masa depan itu bukan sesuatu yang ghaib? Kita ambil contoh lagi, tentang si A yang memiliki rekan bisnis si B. Kebetulan ada objekan besar dari si B, dan mengajak si A ketemuan di sebuah hotel. Tapi pertemuan itu gagal akibat si A tahu bahwa dia akan kecelakaan ditabrak kereta api saat mengemudikan mobil menuju pertemuan itu.

Hal tersebut belum seberapa. Bagaimana kalau si A tahu bahwa objek yang ditawarkan si B akan merugi. Yang ada rekan bisnis hanya sebagai label, namun tak pernah bertransaksi.

3.      Jenuh hidup

Jenuh hidup akan memerangkap kita, bila tahu masa depan itu bagaimana. Pastilah tak asyik lagi mendiami dunia. Kamu tak percaya? Kita ibaratkan saja si A menonton pertandingan sepak bola antara  MU vs MC  tepat pukul dua belas malam. Sementara si B, karena pengantuk, ketiduran, dan terbangun saat mendengar Azan Shubuh. Dia memang bisa tahu dari mulut si A bahwa MU menang 2 : 1. Dan siaran tunda pertandingan bola itu jam sepuluh pagi.

Si B bisa saja menonton pertandingan sepak bola itu, tapi sudah tak asyik lagi seperti  yang dirasakan si A yang amat bergairah, bahkan layar ponselnya retak gegara semangat saat MU berhasil mengoyak gawang MC. 

Baru tiga poin saja aku ungkapin, rasanya tangan sudah letih. Bagaimana kalau aku menuliskan semua kenikmatan produk ghaib itu bagi kemaslahatan umat manusia. Sepertinya itu tak  tak terhitung. Dan tahukah kamu bahwa 4 contoh zat ini tak akan bisa bereaksi andainya Tuhan tidak menciptakan yang ghaib-ghaib?


Pertama,  dopamin. Zat satu ini berguna untuk memotivasi kita untuk menjalani hidup. Kedua, serotonin. Zat ini  memberikan rasa nyaman dan senang.  Ketiga, endorfin. Zat ini layaknya morphin membuat kita amat bahagia. Dan keempat, oksitosin. Zat ini berguna memunculkan efek psikologis antara laki-laki dan perempuan. Yakin bahwa 4 zat ini akan dapat bekerja dengan baik jika Tuhan tak membuat masa depan itu ghaib?


Baiklah, Teman. Jika  demikian, di pengujung tahun ini, usahlah kamu terlalu sibuk mencari tahu peruntunganmu di tahun depan. Selalulah bersprinsip bahwa masa lalu itu tak mungkin kembali, hanya bisa dikenang, dan masa depan itu bukan untuk diketahui, melainkan kita mempersiapkan resolusi apa yang akan kita capai di tahun depan. Bagaimana agar resolusi itu bisa kenyataan, maka jangan tunggu pergantian tahun. Mulailah resolusi itu dari detik ini. 

 




-----



anasabila
4iinch
sebelahblog
sebelahblog dan 11 lainnya memberi reputasi
12
2.7K
21
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread83.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.