Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dalledalmintoAvatar border
TS
dalledalminto
Hujan Tokek, Fenomena Alam Seperti Apakah Itu?
Hujan Tokek, Fenomena Alam Seperti Apakah Itu?
(ilustrasi: pixabay.com)

Assalamualaikum wr wb.
Hai, Agan dan Sista! Ketemu lagi di tread Ane. Bahasan kali tentang hujan. Mumpung mau musim hujan, iya kan? Jadi teringat masa kecil, suka main bola pas hujan. Baju dan celana kotor semua, pulang-pulang dimarahi orang tua. Hihihi.

Agan Sista pernah mengalami, nggak sih? Ketika panas terik tiba-tiba hujan melanda. Fenomena yang unik bahkan aneh menurut sebagian orang. Kejadian tersebut kerap terjadi di saat musim peralihan yang mana musim penghujan ke musim kemaraiu. Kira-kira apa ya, penyebabnya, Agan Sista ada yang tahu?

Hujan yang terjadi di saat matahari tengah bersinar, kalau di daerahku namanya hujan tekek atau hujan tokek. Aku sendiri juga nggak tau kenapa ada istilah tersebut. Sebenarnya kenapa bisa terjadi hujan tekek/tokek?

Penyebab pertamanya adalah karena tiupan angin yang kencang. Lho kenapa angin, apa hubungannya? Karena angin yang melintas di daerah yang lagi hujan tersebut bisa membawa uap air, dan pas melewati tempat sekitar Agan Sista, dikarenakan kelembaban yang berbeda uap air tersebut akan jatuh berintik di sekitar Agan dan Sista.

Adapun penyebab yang kedua ialah awan mendung yang tipis dan bergumpal-gumpal di langit. Penjelasannya begini, Gumpalan-gumpalan awan yang tipis tersebut terdapat sela-sela. Artinya awan mendung tersebut tidak menutupi seluruh permukaan langit. Dan bila hujan tiba, karena gumpalan awan yang tipis tersebut sinar matahari dapat menerobos dengan melalui sela-sela tersebut untuk menyinari tanah.

Hujan Tokek, Fenomena Alam Seperti Apakah Itu?
(ilustrasi: ilmugeografi.com)

Meskipun rintik hujan ada yang menjadi uap karena terpapar sinar matahari, tetapi saking banyaknya rintik air yang berinai tentunya ada saja yang bisa sampai ke permukaan bumi, walaupun ada sinar matahari. Untuk fenomena semacam ini dinamakan hujan zenithal kalau menurut ilmu fisika. Hujan yang biasanya lebat dan deras tetapi hanya sebentar.

Oke, GanSist. Sekian pembahasan tentang hujan tekek/tokek kali ini. Kalau di daerah GanSist, namanya apa hujan yang terjadi meskipun matahari tengah bersinar? Jawab di komentar ya, tetapi yang sopan dan yang wajar. Aku tunggu komenmu!
Wassalamu'alaikum wr wb

Note: sumber tulisan opini pribadi dan ini
4iinch
sebelahblog
faridatul.a
faridatul.a dan 7 lainnya memberi reputasi
8
4K
26
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread83.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.