dsturridge15Avatar border
TS
dsturridge15
Beras 'Rusak' Bulog Laku Rp23,8 miliar
Beras 'Rusak' Bulog Laku Rp23,8 miliar

Perum Bulog melelang 20.300 ton cadangan beras 'rusak' atau turun mutu dengan harga Rp23,8 miliar. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi).

Jakarta, CNN Indonesia -- Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) melelang kurang lebih 20.300 ton cadangan beras 'rusak' atau turun mutu dengan harga Rp23,8 miliar.

Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Bulog Tri Wahyudi menyebut lelang beras yang telah disimpan selama 3 hingga 4 bulan tersebut dimenangkan oleh salah satu perusahaan industri lem furnitur.

"PT Zona Eksekutif Linier menjadi pemenang lelang terbuka beras turun mutu. Perusahaan industri lem furnitur tersebut menang dengan harga lelang Rp23,8 miliar rupiah. Saat dilelang, harga minimal (dipasang) Rp23,75 miliar rupiah," ungkap Tri saat dihubungi CNNIndonesia.com, Senin (23/12).


Harga lelang yang dipasang perusahaan terpaut Rp50 juta dengan harga dasar yang dipasang oleh Perum Bulog.

Tri menjelaskan, dalam proses pelelangan yang dibuka sejak 13 Desember 2019, terdapat 12 perusahaan mendaftar lelang. Setelah diseleksi, terdapat 5 perusahaan yang lolos persyaratan administrasi.

"Yang mendaftar mengikuti lelang itu ada 12 perusahaan. Lolos administrasi dan persyaratan 5 perusahaan yang terdiri dari 2 perusahaan industri pupuk, 1 Industri lem furnitur 1 perusahaan industri sabun dan 1 perusahaan industri ethanol," Ujarnya.

Tri kemudian mengaku bahwa terdapat selisih harga antara harga beras yang dilelang dan harga beli beras yang dilakukan pemerintah

Berdasarkan paparannya, pemerintah membeli beras tersebut dengan harga sekitar Rp8 ribu per kilogram (kg). Menurut perhitungan CNNIndonesia.com, dari 20.300 ton beras yang dilelang akan menghasilkan harga sebanyak Rp1.172 per kg.

Harga tersebut memiliki selisih sebesar Rp6.828 dari harga beli. Menurut Tri, penyelesaian terkait selisih harga itu akan diusulkan dan diputuskan saat rapat koordinasi terbatas perum Bulog (rakortas) yang hingga saat ini belum diputuskan waktunya.

Kendati demikian, Tri belum menyebut kapan rakortas tersebut akan dilakukan oleh pihaknya.

"Kami akan mengusulkannya dan akan diputuskan dalam rakortas," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN] (ara/age)

https://m.cnnindonesia.com/ekonomi/2...u-rp238-miliar


Kemaren bilangnya target lelang itu diprediksi sekitar 60 miliar? Gimana sih? Ini aja barang yg turun mutu sebelumnya punya nilai 160 miliar? Logikanya kan gak nyampe jadi 23,8 miliar?

Nah nantinya itu selisih harga mau ditutup siapa? Kementerian keuangan? emoticon-Leh Uga

Ngurus surplus beras aja kagak becus kok mau ekonomi meroket, bong bong

Emang jaenudin visioner bong, visioner dungunya emoticon-Ngakak
Diubah oleh dsturridge15 25-12-2019 12:30
alizazet
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 7 lainnya memberi reputasi
8
1.7K
39
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.6KThread40.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.