Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ular Akh Serem, Tapi Kok Dipake Jadi Lambang Apotek Dan Ilmu Kedokteran

Fery.WAvatar border
TS
Fery.W
Ular Akh Serem, Tapi Kok Dipake Jadi Lambang Apotek Dan Ilmu Kedokteran


Fenomena kemunculan ular di berbagai tempat di Indonesia belakangan ini membuat banyak orang ketakutan.

Ular itu hewan yang menakutkan, secara fisik gerakannya nyaris tak terdeteksi. Jangan tanya bahaya yang ditimbulkannya jika ular mulai menyerang.

Gigitan dan lilitannya bisa mengakhiri hidup pihak yang diserangnya. Bisa, menjadi senjata utama ular dalam mempertahankan diri sekaligus menyerang mahluk yang dianggap akan mengancamnya.

Lilitan ular besar menjadi senjata lain dalam melumpuhkan mangsanya. Ular Phyton dan Anaconda merupakan ular yang menghabisi musuhnya melalui lilitan sebelum menelannya bulat-bulat.

Bisa ular, adalah merupakan ludah yang termodifikasi menjadi senyawa kimiawi yang dihasilkan oleh kelenjar khusus yang dimiliki oleh ular tertentu.

Kelenjar yang mengeluarkan venom merupakan suatu modifikasi kelenjar ludah parotid yang terletak di setiap bagian bawah sisi kepala di belakang mata yang dikemas dalam selubung otot.

Seram, ber-aura mistis itulah ular. Tapi kenapa kok hewan seseram itu dijadikan lambang untuk sesuatu yang berurusan dengan kesehatan, padahal ular hewan yang mengancam kesehatan manusia.

Ya ilmu kedokteran dan pengobatan menggunakan ular sebagai logonya, dan itu tak hanya di Indonesia saja, di seluruh dunia logo dunia kesehatan, rumah sakit dan apotek itu ya ular dan mangkok.

Bukan gelas, tapi mangkok! Tahukah agan-agan kenapa logo itu yang dipakai? Sebetulnya ada beberapa versi terkait sejarah logo dunia kedokteran dan apotek ini.

Menurut situs Britannica.con, Ular yang ada dalam logo Apotek di seluruh dunia itu ialah ular milik Aesculapius atau Asclepius, seorang dewa dalam mitologi Yunani.

Aesculapius merupakan dewa pengobatan memiliki hewan peliharaan berupa ular yang sangat setia, dan masyarakat Yunani meyakini bahwa ular itulah menjadi ilham bagi sang dewa dalam pengobatan.

Bisa ular memang dari dahulu kala menyimbolkan kehidupan dan kematian. Bisa atau venom ini bila memasuki pembuluh darah akan mematikan (fatal), tetapi bila diminum dapat merupakan obat untuk menyembuhkan sejumlah penyakit.

Saat itulah ular milik Aesculapius dilambangkan sebagai penawar atau obat segala macam penyakit. Awalnya lambang dunia kedokteran ini berupa tongkat dililit ular atau disebut Staff of Aesculapius.

Tongkat yang dililit ular itu merupakan tongkat milik sang dewa Penyembuh Aesculapius. Namun setelah Aesculapius meninggal, tongkat dalam lambang apotek itu berubah menjadi mangkuk.



Kenapa demikian, mangkuk tersebut adalah milik Hygea salah satu putri dari Aesculapius. Tak ada keterangan yang jelas mengapa Hygea yang dipilih sebagai pengganti Aesculapius dibanding 4 putri lainnya, yaitu:

Iaso atau Recureperation, Aceso atau Recovery, Aglaea atau Healthy Glow, dan Panacea atau Universal Remedy.

Hygea digambarkan sebagai seorang Dewi kesehatan, kebersihan dan sanitasi. Itulah makanya sekarang kita mengenal kata "Higienis" yang memiliki makna bersih.

Kata Higienis berasal dari kata Hygea seorang Dewi perlambang kebersihan.

Nah jadi clear yah, bahwa lambang apotek dan dunia kesehatan itu mangkuk dan ular, bukan gelas dan ular. Terkadang apotek -apotek yang ada disekitar kita memakai ular yang melilit gelas sebagai lambanya.

Logo mangkuk yang dililit ular kemudian menjadi logo apotek dan asosiasi apoteker di seluruh dunia semenjak saat itu.

Ular ternyata memiliki cerita tersendiri bagi kehidupan seluruh mahluk. Penuh mitos dan misteri.

Sumber.

https://www.britannica.com/topic/Asclepius
Diubah oleh Fery.W 22-12-2019 07:58
4iinch
sebelahblog
tien212700
tien212700 dan 46 lainnya memberi reputasi
45
21.9K
123
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.