Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

IndriaandrianAvatar border
TS
Indriaandrian
Libur Telah Tiba, Saatnya Mengajak Anak Nikmati Liburan Sekolah
Liburan Keluarga yang Menyenangka

Libur Telah Tiba, Saatnya Mengajak Anak Nikmati Liburan Sekolah

Sebentar lagi liburan sekolah telah tiba, apakah ayah bunda sudah merancangkan bagaimana liburan tahun ini bersama anak-anak?

Selama ini orangtua disibukan dengan berbagai pekerjaan dan kesibukan yang banyak menyita waktu, sementara anak-anak juga sibuk dengan aktivitas sekolah, bahkan ada les juga kegiatan luar sekolah lainnya yang mungkin juga tak kalah padatnya.

Liburan sekolah tentu akan menjadi saat yang ditunggu anak-anak kita. Mereka dapat bersantai dari rutinitas sekolah dan melakukan hal mengasyikan yang tidak dapat dilakukan di masa sekolah.

Sebagian besar dari kita tentu dapat mengingat dengan baik bagaimana menyenangkannya masa kanak-kanak kita saat libur sekolah tiba. Kenangan indah saat libur sekolah yang membuat kita lebih semangat belajar saat ujian menjelang liburan.


Libur Telah Tiba, Saatnya Mengajak Anak Nikmati Liburan Sekolah


Kalau ane sangat mengingat bagaimana tiap liburan kami berkunjung ke kampung nenek di Kudus. Bertemu dengan banyak saudara sepupu dan bermain dengan kawan-kawan baru di sana.

Selain berkunjung ke tempat nenek, liburan di rumahpun tidak kalah seru. Bermain di sawah, di tanah lapang bahkan berkemah dengan teman-teman di halaman pernah ane alami.

Tentunya kita berharap dan harus mengusahakan agar anak-anak kita juga akan punya kenangan indah tentang liburan sekolahnya. Apalagi kenangan itu di buat bersama kita sebagai orangtua.

Kenangan tentang liburan dan kebersamaan, bermain bersama keluarga yang menyenangkan akan menjadi ingatan positif saat mereka dewasa.

Gunakan kesempatan liburan kali ini untuk mendekatkan diri dengan anak-anak dan memberikan liburan yang berkesan bagi mereka.

Berikut beberapa hal yang bisa kita jadikan dasar untuk merencanakan liburan yang menyenangkan bagi keluarga.


Anggaran

Libur Telah Tiba, Saatnya Mengajak Anak Nikmati Liburan Sekolah

Ini tentu akan menjadi dasar kemana dan bagaimana liburan kita nantinya. Jangan sampai liburan menjadi kacau karena kehabisan dana. Bila dana terbatas bisa mencari tempat liburan terdekat atau bisa juga di rumah dengan melakukan aktivitas yang kreatif dan menyenangkan untuk di lakukan bersama.


Minat/ keinginan anak.


Libur Telah Tiba, Saatnya Mengajak Anak Nikmati Liburan Sekolah

Pahami minat dan kesukaan anak. Misal anak suka aktivitas dengan air, ajaklah mereka ke pantai atau berenang. Meski ada beberapa anak yang cenderung menyukai kegiatan indoor tapi tentu ada aktivitas outdoor yang akan menarik minat mereka.


Kebersamaan.

Libur Telah Tiba, Saatnya Mengajak Anak Nikmati Liburan Sekolah

Liburan akan menjadi lebih menarik dan seru saat dilakukan bersama-sama atau beramai-ramai. Selain orangtua/keluarga inti bisa mengajak sepupu yang seumuran atau teman-teman dekat anak. Tentu mereka akan lebih senang dan semangat.


Keamanan

Kemanapun kita berlibur pastikan tempat yang dituju aman dan nyaman untuk keluarga terutama anak-anak.
Hindari daerah pantai dengan ombak besar atau daerah yang rawan.
Meskipun ada daerah yang sedang booming dan jadi trend untuk wisata, tapi bila kondisinya tidak nyaman untuk anak lebih baik dihindari.

Kondisi anak


Libur Telah Tiba, Saatnya Mengajak Anak Nikmati Liburan Sekolah

Pastikan kondisi anak/keluarga sehat. Jangan memaksa berlibur saat kondisi anak tidak fit, bukannya bersenang-senang yang ada justru akan membuat ribet karena kondisi anak makin turun.
Jangan hanya karena tiket dan persiapan sudah matang, kesehatan anak diabaikan.
Usahakan jauh hari persiapkan juga fisik anak-anak agar sehat saat libur tiba.

Bila rencana dan persiapan sudah matang, nikmatilah liburan dengan senang. Awasi anak dengan baik tanpa terlalu memaksa atau mengekang mereka.

Terimakasih kunjungannya dan selamat berlibur
emoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss


Sumber :
Opini pribadi
Diubah oleh Indriaandrian 13-12-2019 03:24
embunsuci
tata604
Gimi96
Gimi96 dan 20 lainnya memberi reputasi
21
5K
35
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kids & Parenting
Kids & ParentingKASKUS Official
4.1KThread5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.