Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

BaarishAvatar border
TS
Baarish
5 Alasan Kenapa Ane Betah di Dunia Literasi

Segala sesuatu yang dilakukan tentu punya alasan. Alasan-alasan itulah yang membuat kita bertahan. Penting sekali saat kita melakukan sesuatu kita bertanya pada diri 'untuk apa aku melakukan ini?'

Nah, berikut beberapa alasan kenapa ane betah di dunia literasi. Meskipun pemula, tapi ane merasa nyaman. Dunia literasi itu keren. Yuk, cekidot!


1. Ingin Menjadi Penulis

Ane rasa setiap orang yang terjun ke dunia literasi umumnya pasti karena ingin menjadi penulis. Ntah itu penulis novel, puisi, komik, blog atau artikel. Intinya ada tujuan utama kenapa seseorang belajar menulis. Namun, ada juga yang hanya sekadar ingin memperluas pengetahuan dengan membaca berbagai bacaan yang disajikan secara gratis di banyak media sosial.

2. Meningkatkan Kemampuan Memahami

Nah, kalau sudah terjun ke dunia tulis menulis itu otomatis harus banyak baca. Mau menulis ini itu harus memulai dengan banyak bacaan dulu. Kemudian mengumpulkan pemahaman di dalam otak. Ini menjadi tujuan ane juga, biar bisa memahami konteks bacaan. Yah, biar gak tumpul-tumpul amat ini otak. Pokoknya setiap hari harus ada yang ane baca. Jujur, ane memang memaksa diri untuk suka membaca biar terbiasa. Ala bisa karena dipaksa prinsip ane.



3. Mencari Teman

Anak literasi itu kebanyakan SKSD (sok kenal sok dekat). Aku suka pada sikap ini dalam literasi, maksudnya tidak membedakan mana senior mana junior. Semua care dan ramah kayak menemukam saudara aja gitu. Yah, meskipun ada juga yang songong, tapi jujur ane belum pernah nemu yang begitu. Kebanyakan mereka ramah dan sopan, bikin makin betah di dunia literasi. Saling krisan dan juga mengingatkan, penting sekali.

4. Terapi Diri

Dunia literasi membuat ane bisa terapi diri dari segala bentuk stres di dunia nyata. Dengan membaca dan menulis membuat pikiran terasa lebih lega. Apalagi setelah coret-coret catatan di note, work atau nulis di beranda media sosial, itu rasanya sesuatu banget. Plong!

5. Bergabung dengan Grup Literasi

Grup literasi memberikan banyak kontribusi untuk masyarakat luas sebagai wadah yang menampung ide-ide para penghuni grup. Dengan adanya grup, orang-orang yang memiliki hobi sama akan menyatu dalam kebersamaan. Betah juga membaca cerita-cerita di grup literasi, bikin nambah wawasan.



6. Mengenal Penulis-penulis Handal

Sejak masuk ke dunia literasi banyak sekali penulis handal yang ane ikuti. Meskipun belum bisa bertatap langsung, tidak berjabat tangan secara langsung, ngobrol langsung. Namun, dibalas komentar saja rasanya udah wow banget. Apalagi mampir untuk memberikan Krisan pada tulisan kita.

Sumber gambar : Google
Diubah oleh Baarish 25-12-2019 11:54
depata.prasetya
depata.prasetya memberi reputasi
1
462
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Buat Latihan Posting
Buat Latihan PostingKASKUS Official
35.6KThread1.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.