ningdidienAvatar border
TS
ningdidien
Fakta Unik tentang Bubble Wrap, No.3 Paling Tidak Disangka!


Fakta Unik tentang Bubble Wrap yang Harus Kamu Tahu!

Hallo Gansis ada yang belum tau tentang bubble wrap? Di jaman yang serba instan ini tentu semua mengenal benda yang memiliki permukaan bergelembung ini, apalagi bagi para pelaku olshop untuk melindungi paket yang akan dikirim dari kerusakkan karena guncangan ,pasti sudah tidak asing dengan benda ini.


Yah benar sekali, babble wrap adalah lembaran plastik yang memiliki permukaan bergelembung yang sering kali kamu jumpai dalam bungkusan paket untuk melindungi agar barang kiriman tidak mudah rusak.


Terlepas dari fungsi itu, taukah Gansis bahwa ada fakta unik mengenai Bubble wrap tersebut? Yuuuk baca faktanya!


Fakta Unik tentang Bubble Wrap yang Harus Kamu Tahu!


1. Babble wrap pertama kali diciptakan untuk walpaper dinding


Gansis pasti nda percaya kan, bahwa produk inovasi untuk pengiriman barang tersebut ternyata merupakan salah satu produk gagal yang inovatif. Yah rasanya memang lebih cocok disebut produk gagal inovatif karena awal mulanya Alfred Fielding dan Marc Chavannes membuat desain plastik bergelembung untuk desain walpaper 3D pada tahun 1957.

Namun karena produk tersebut gagal, akhirnya mereka berfikir untuk memanfaatkan produk tersebut dengan anggapan bahwa produk itu akan bermanfaat untuk melindungi barang saat dikirim.
Dari pemanfaatan tersebut justru melahirkan trademark dari perusahaan Sealed Air yang mereka dirikan dengan nama babble wrap seperti yang kamu kenal saat ini.


Dokumen Pribadi


2. Terbuat dari bahan yang dapat didaur ulang


Melihat fenomena pencemaran lingkungan karena bahan plastik tentu akan membuatmu berfikir untuk menggunakan bahan tersebut kan? TS pun demikian. Tapi tenang, ternyata plastik itu sendiri bermacam-macam.

Jika dilihat dari desain babble wrap yang bergelembung  dan elastis tentu Gansis sudah bisa menebak bahan apa yang  digunakan, atau mungkin sekedar tau bahannya dari plastik aja, iya kan? hehehe TS pun demikian sebelum membaca info terkait babble wrap iniemoticon-Blue Guy Peace


Bubble wrap terbuat dari bahan polietilena berdensitas rendah (LDPE) yang dapat didaur ulang. LDPE sendiri merupakan bahan termopkastik yang terbuat dari minyak bumi yang dapat bertahan pada temperatur 90°C dalam waktu yang tidak terlalu lama.


Bubblle wrap  tahan terhadap bahan kimia seperti asam, basa, alkohol, dan ester karena terbuat dari bahan LDPE. Selain mudah untuk didaur ulang, salah satu keunggulan bahan LDPE adalah elastis sehingga biasa diaplikaskan menjadi wadah makanan dan bahan plastik lain yang elastis, termasuk babble wrap.

Jadi jangan khawatir yah Gansis untuk resiko pencemarannya karena mudah didaur ulang, selama penggunaannya masih diambang wajar tentu akan sedikit pula resiko pencemarannya, heheemoticon-Malu (S)


Dokumen Pribadi


3. Menjadi Media untuk Relaxsasi


Ada yang gemar memainkah gelembung babble wrap? Tentunya sudah menjadi rahasia umum kan kalau ada yang gemar memainkan bubble wrap, bahkan TS adalah salah satu pelakunya, hehe


Tapi tahukah kamu dengan memainkan bubble wrap akan mencipatakan efek tenang? Pasti Gansis tidak menyangkanya kan?

Faktanya hal ini telah diteliti oleh seorang profesor psikologi di Western New England Collage, Kathleen M.Dillon dengan sampel sejumlah mahasiswa untuk menyentuh dan meletuskan plastik babble wrap.

Dari hasil percobaan tersebut diperoleh perubahan yang signifikan dengan sensasi lebih tenang pada mahasiswa yang menyentuh gelembung babble wrap, hal ini diyakini dapat membatu relaxsasi dari berfikir keras, dibandingkan dengan mereka yang tidak bersentuhan dengan babble wrap tersebut.


Bahkan Robert E.Thayer, seorang Psikolog pun menjelaskan bahwa meletuskan bubble wrap yang dilakukan ketika sedang stres dapat mengurangi ketegangan otot, dan memberi efek lebih tenang. Luar biasa bukan? emoticon-Ngakak (S)



4. Menjadi Bahan untuk Membuat Kerajinan


Daripada bubble wrap yang nda terpakai itu menumpuk dan menjadi masalah nantinya, mending dimanfaatin saja buat mempercantik ruangan!


Pasti Gansis nda pernah menyangka kan bahwa plastik bergelembung ini bisa disulap menjadi dekorasi yang menkajubkan?
Yah, kembali lagi pada sejarah bubble wrap ini yang didesain sebagai walpaper dinding.

Ternyata dengan menggunakan tinta printer yang sudah tidak terpakai kamu bisa mengembalikan fungsi bahan ini kepada niat awal dibuatnya loh, yah.. sebagai dekorasi.
Caranyapun sangat mudah, kamu hanya tinggal menyuntikkan tinta printer ke gelembung-gelembung kecil tersebut sesuai kreasmu, kemudian lihat hasilnya tentu akan sangat menakjubkan!
Nda percaya? yuuuk buktikan sendiri, hehe emoticon-Blue Guy Peace




Itulah beberapa fakta terkait bubble wrap yang TS rangkum, barangkali Gansis mengetahui fakta lainnya, silahkan didiskusikan disini biar makin tahu tentang bahan ini.



Terima kasih buat yang sudah mampir dan mau berdiskusi



emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star


Share jika menurutmu bermanfaat

Jangan lupa tinggalkan jejak


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan


Oleh : Ningdidien

Referensi : Disini  DisiniDisini Disini
Diubah oleh ningdidien 22-12-2019 12:01
4iinch
AtkaHasena
tien212700
tien212700 dan 54 lainnya memberi reputasi
49
15.5K
138
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.