thezahildaAvatar border
TS
thezahilda
Anti Mainstream! Ini Dia Makanan Berbahan Dasar Serangga Asli Indonesia!


Bukan rahasia lagi jika Indonesia memiliki beragam makanan yang berbeda dan khas disetiap daerahnya. Mulai dari olahan tumbuhan dan hewan semuanya ada. Perpaduan berbagai macam bumbu yang pas, membuat makanan di berbagai daerah memiliki cita rasa tersendiri yang benar-benar mencirikan daerah tersebut.

Namun bagaimana jika terdapat makanan dengan serangga sebagai bahan dasarnya? Tentu membuat kamu merasa jijik saat mendengar kata serangga. Tapi siapa sangka, di beberapa daerah justru serangga menjadi makanan favorit dengan kandungan gizi tak terduga. Serangga apa saja itu?

Berikut ini beberapa makanan Indonesia dari serangga anti mainstream, murah dan bergizi yang bisa kamu coba.

1. Jangkrik Goreng


Jangkrik merupakan hewan yang sering mengeluarkan bunyi-bunyi nyaring di persawahan. Keberadaannya pun jarang kita lihat dengan mudah seperti hewan-hewan lainnya. Bagi banyak orang, pasti tidak terlintas di pikiran bahwa serangga ini dapat dijadikan makanan. Faktanya, jangkrik memang benar-benar bisa menjadi makanan. Cukup dengan digoreng, olahan makanan dari serangga ini dapat menjadi pengganti protein harian.

Di Indonesia, orang yang mengkonsumsi dan menjual jangkrik goreng hanya terdapat di beberapa daerah, jadi bisa dikatakan masih langka. Berbeda dengan di beberapa negara Asia lainnya seperti Thailand yang sudah terbiasa menjual jangkrik goreng ini.

Bagi kamu yang ingin mencoba sensasi makanan anti-mainstream ini, langsung saja datang ke Ciamis, Jawa Barat. Di daerah tersebut sudah ada beberapa orang yang membuat olahan jangkrik goreng dengan ditambah bumbu balado. Makanan Indonesia dari serangga yang satu ini sangat nikmat dimakan dengan nasi putih hangat.

2. Kepompong Pohon Jati


Banyaknya pohon jati di Jawa Timur, banyak warga berinisiatif untuk memanfaatkan kepompong atau yang biasa dipanggil “enthung”untuk menjadi sebuah olahan makanan. Biasanya, kepompong pohon jati ini hidup di bawah daun-daun yang telah kering dan jatuh ke tanah. Kamu bisa mencari daun-daun kering lalu mengambil kepompongnya. Untuk memasaknya, tambahkan bumbu pedas setelah digoreng. Meskipun terlihat sederhana, rasa makanan ini tidak kalah gurih dengan udang ataupun ikan. Sayangnya, terkadang makanan Indonesia dari serangga yang satu ini dapat menyebabkan gatal-gatal. Jadi, pastikan sebelum mencoba makanan ini kamu tidak alergi terhadap kepompong dan olahannya benar-benar matang. 

3. Sate Ulat Sagu


Sate ulat sagu adalah makanan khas dari Papua. Jika sebelumnya ada kepompong dari pohon jati, kali ini ada ulat sagu dari batang pohon sagu yang sudah tua. Setelah mengambil ulat, lalu tusuk ulat-ulat ini dengan kayu dan bakar hingga matang. Makanan ini wajib dicoba bagi kamu yang memiliki nyali besar. Soal rasa, ada sensasi unik saat memakannya yaitu saat ulat dikunyah, cairan dalam ulat akan pecah dan menyebar di mulut. Meski begitu, banyak yang mengatakan makanan Indonesia dari serangga yang satu ini enak. Bahkan, suku asli Papua sering menjadikan ulat sagu sebagai cemilan saat mereka berada di hutan.

4. Rempeyek Laron


Laron merupakan metamorfosis terakhir dari rayap kayu. Pastinya kamu tidak asing dengan serangga ini. Laron sering bergerombol di lampu-lampu terang saat hujan turun. Jika biasanya laron digunakan sebagai pakan burung atau umpan memancing, di beberapa daerah di Jawa timur justru laron menjadi bahan utama rempeyek.

Rempeyek sering menjadi makanan tambahan yang biasanya dibuat dari tepung kemudian digoreng, kurang lebih sama seperti kerupuk. Rempeyek bisa dibuat dengan bermacam-macam bahan, seperti kacang-kacangan, ikan kali, atau juga daun-daunan. Uniknya, hewan serangga seperti laron juga bisa digunakan sebagai isian rempeyek. Untuk rasanya tidak perlu diragukan, banyak yang mengakui bahwa laron juga nikmat jika sudah digoreng.

Itulah beberapa makanan Indonesia dari serangga anti mainstream, murah dan bergizi yang bisa kamu coba. Gimana, berani coba?

Penulis: Prokonten
nurulnadlifa
nona212
tien212700
tien212700 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
4K
73
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Selera Nusantara (Indonesian Food)
Selera Nusantara (Indonesian Food)KASKUS Official
9KThread6.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.