extreme78Avatar border
TS
extreme78
Nestapa Korban Penipuan Rumah Syariah Bodong di Tangsel
Jakarta, CNN Indonesia -- Keinginan Dwi Arianto untuk memiliki rumah dalam waktu dekat harus ditunda. Uang yang dikumpulkannya hilang karena dia menjadi korban penipuan perumahan syariah.

Pria berusia 33 tahun itu tak menyangka, dengan menggunakan embel-embel syariah, PT Wepro Citra Sentosa, pengembang perumahan yang berkantor di wilayah Bintaro, Tangerang Selatan, diduga menipu sekitar 3.680 orang yang tersebar di beberapa wilayah.

"Awalnya itu lagi lihat Facebook, sekitar 2017 dan ada promo perumahan yang ditawarkan oleh pengembang itu, dicantumkan juga nomor kontak yang bisa dihubungi," kata dia memulai cerita kepada CNNIndonesia.com, Jumat (20/12).



Dengan harga yang ditawarkan jauh dari pasaran, Dwi pun tertarik. Ia lantas menghubungi nomor kontak tersebut dan diarahkan untuk langsung datang ke kantor PT Wepro Citra Sentosa.

Di sana, ia bertemu dengan tim marketing perusahaan yang menjelaskan konsep perumahan syariah, syarat-syarat yang mudah, hingga fasilitas-fasilitas yang nantinya akan dibangun.

"Dijelaskan tanpa riba, tanpa BI Checking, tinggal datang membawa KTP, Kartu Keluarga, dan booking fee, nanti akan langsung ditempatkan di cluster yang diinginkan," ujar dia.

Lihat juga: Marak Penipuan Rumah Syariah, Polri Minta Warga Cek ke PUPR
Saat itu, ia dijanjikan akan menempati rumah tipe 22/36 di perumahan Amanah City yang akan dibangun di kawasan Lebak, Banten.

"Saya sehari-hari kerja sebagai ojek online, bang, memang niat ngumpulin uang untuk rumah, pas lihat yang murah, cocok, dengan iming-imingi manis, langsung berani saja saya," ungkap dia.

Hingga angsuran ke delapan, Dwi mendengar kabar yang makin tak pasti soal pembangunan perumahan itu. Sementara uangnya sudah 'melayang' Rp32 juta.
Mendesak Pengembang

Koordinator para korban, Achmad Sokib, mengatakan iklan perumahan syariah yang ditawarkan oleh PT Wepro Citra Sentosa tidak hanya di media sosial. Pengembang itu bahkan sempat membuka stand di JCC.

"Sebelum melakukan transaksi, saya cek juga ke lokasi, sudah ada rumah contoh. Saya cek juga, bahwa perusahaan sudah punya izin usaha, izin prinsip, karenanya saya tentu tidak curiga," kata dia.

Saat itu, Sokib melakukan transaksi untuk dua unit rumah di Perumahan Maja Indah yang rencananya akan berlokasi di Maja, Lebak, Banten. Total ia sudah menyetorkan sekitar Rp75 juta.

Ia dijanjikan serah terima kunci rumah setelah bulan keenam angsuran. Namun hingga waktu yang ditentukan, rumah tersebut tak kunjung dibangun.


Sokib lantas mengajak konsumen lainnya mendesak kejelasan dari pihak pengembang. Para konsumen bahkan sempat berdemo di Kantor Pemasaran PT Wepro Citra Sentosa pertengahan tahun lalu. Para korban, kata Sokib, kebanyakan dari kalangan menengah ke bawah.

"Memang itu korban banyak sekali, jadi berkelompok kelompok juga, ada yang lapor polsek terdekat, polres, namun tidak ada tindak lanjut. Hingga akhirnya belum lama ini ditangkap oleh Polda Metro Jaya," ujar dia.

Dalam kasus tersebut, Polda Metro Jaya menangkap Komisaris Utama PT Wepro Citra Sentosa, M Ariyanto, dan istrinya, Sofiatun. Polisi juga menangkap Direktur Utama PT Wepro Citra Sentosa, Iswanto, serta Direktur PT Global Muslim Property atau Madinah Property Indonesia, Cepi Burhanudin.

Dari sindikat tersebut, polisi mengatakan korban berjumlah sekitar 3.680 orang dengan total kerugian sementara mencapai Rp40 miliar.

Berdasarkan penuturan Sokib, sejak mengetahui ada yang tidak beres dengan PT Wepro Citra Sentosa, ia dan korban-korban lainnya mencari tahu proyek-proyek yang digarap oleh pengembang tersebut.

"Ternyata memang sudah ada proyek gagal (lainnya)," kata dia.

Menurut dia, proyek tersebut antara lain, Apartemen di Buaran, Jakarta Timur, Perumahan Maja Indah dan Amanah City yang terletak di Banten, hingga Apartemen di wilayah Serpong, Tangerang Selatan.

CNNIndonesia.com mencoba untuk melihat lokasi apartemen yang berada di wilayah Serpong, Tangerang Selatan tersebut. Berdasarkan lokasi di google map, Samarra Tower berada di Lengkong Gudang Timur.

Lihat juga: Pengakuan Korban-korban Penipuan Berkedok Perumahan Syariah
Saat didatangi, akses masuk ke lokasi tersebut tertutup oleh pagar. Dilihat dari kejauhan, lokasi hanya berupa lahan kosong yang penuh dengan rumput dan pepohonan, di bagian tengah lahan, juga ada bangunan kecil yang berbentuk memanjang.

"Dulu katanya mau dibangun, tapi saya kurang tahu mau dibangun apa," kata Wardini, salah seorang warga sekitar, Sabtu (21/12).

Sementara itu, Kantor Pemasaran PT Wepro Citra Sentosa yang berada di ruko Kebayoran Square Business Park Blok C01 Jln Boulevard Bintaro Jaya Sektor 7, Tangsel, sudah tidak ada aktivitas sejak Lebaran 2019 lalu.

"Habis lebaran sudah gak ada aktivitas, sudah banyak korban yang datang ke sini," kata salah seorang petugas keamanan, Jumat (20/12).

Pendampingan Hukum.

Sebelum kasus ini mencuat ke publik, LBH Keadilan Bogor Raya mendapatkan laporan dari lima korban, yang juga diduga tertipu karena ingin membeli rumah di wilayah Maja, Banten.

"Masing-masing korban itu sudah menyetor sekitar Rp14-Rp39 juta, namun sesuai dengan waktu yang dijanjikan, tidak ada kejelasan," kata salah seorang pendamping hukum dari LBH Keadilan Bogor Raya, Delon Frensco Lauterboom kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (21/12).

Pihak LBH pun melakukan berbagai upaya hukum termasuk upaya ke Badan Perlindungan Sengketa Konsumen terkait pengembalian uang, namun pengembang tak kunjung punya iktikad baik. Hingga akhirnya melapor ke Polda Metro Jaya pada Agustus 2019 lalu.

"Kami akan dampingi sampai (kasus) selesai. Harapannya korban pasti uang kembali," tegasnya.


https://m.cnnindonesia.com/nasional/...ong-di-tangsel

Hidup di jaman skrg ini kalo kedengaran murah banget dari harga biasanya kudu waspada....tong

Jangan terbuai syariah,non riba dsb....tong

Karena uang kagak kenal kaya gituan tong...

Belajar dari kasus first travel ama abu tour tong...

Dimana umroh nya murah bgt taunya....nipu

Akal di pakai tong karena itulah yang membuat manusia lebih hebat di banding ciptaan tuhan yang lainnya.emoticon-Cape d...
Diubah oleh extreme78 24-12-2019 03:55
sebelahblog
4iinch
Somad.Monyong
Somad.Monyong dan 29 lainnya memberi reputasi
30
4.9K
62
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.6KThread40.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.