Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

.r4hma.Avatar border
TS
.r4hma.
Oasis Keren Di Dunia, Kok Bisa Ya Ditengah Gurun Ada Air?




Siapa yang sudah pernah melihat oasis? Bisa juga di bilang oase sih, nah tentu saja terkadang banyak orang bingung kok di tengah gurun yang gersang bisa ada air? Itu gimana ceritanya ya, apa disana tempat atau surganya habitat dari kadal gurun radikal?

Maklum saja di Indonesia sebutan kadal gurun seperti ingin memojokkan agama tertentu yang bersifat radikal, padahal habitat kadal gurun tak melulu padang pasir. Sudah banyak gurun berubah menjadi tanah yang hijau dengan kecanggihan di abad modern ini semua bisa terjadi, gurun telah di sulap sebagai surga. Bahkan di tanah Israel yang notabene daerah gurun menjadi pemasok sayur mayur yang berkualitas, upss apakah Israel masuk wilayah kadal gurun? Secara tak langsung wilayah Israel tempat bermukim kadal gurun jadi lucu ya bila ada sebutan kadal gurun untuk sindiran negatif kelompok tertentu, mereka tak lihat Israel negara maju dan cerdas juga masyarakatnya bahkan juga radikal termasuk bagian dari kadal gurun? Bahkan gurun bukan ada di arab saja loh 😁

Gurun terbentuk karena ada daerah bayang-bayang hujan, maka daerah gurun sangat sedikit sekali hujan yang terjadi di sana. Jadi bukan karena pohon di tebangi ya gan.



Lupakan tentang itu, yuk kita balik lagi tentang oase atau oasis, di gurun suhu udara cepat berubah kalau siang hari maka suhu sangat panas dan sebaliknya bila malam tiba suhu akan terasa sangat dingin. Disinilah bebatuan di gurun jadi mulai lapuk dan menjadi butiran pasir, nah butiran pasir tadi akan terbawa angin ke tempat yang rendah. Di wilayah rendah tersebut batuan tak bisa terbawa angin lagi hingga akhirnya menjadi dataran yang kedap oleh air.

Di gurun juga terkadang terjadi hujan, maka air hujan yang turun lalu berada di dataran yang kedap air tadi akan membuat sebuah danau. Maka ketika ada air otomatis tanah di area sekitarpun sangat subur, prosesnya ini bertahun-tahun jadi bukan simsalabim ya gan.



Nah, tapi bukan hanya air hujan saja tapi Oasis juga bisa terbentuk dari sungai bawah tanah atau biasa disebut akuifer seperti akuifer artesis, ini terjadi pada air zamzam yang ada di arab saudi, bisa disebut mata air yang keluar dari bawah lapisan tanah.

Ketika tanah menjadi subur maka tumbuhan lebih mudah untuk tumbuh dan lahan hijau di sekitar oasis pun, menjadi unik. Maka tak heran oasis yang terbentuk menjadi lahan untuk pemukiman penduduk masyarakat sekitar. Tak jarang banyak hotel-hotel dan perumahan juga berdiri di sekitar wilayah oasis.



Seperti hal yang sebutkan bahwa gurun hampir ada di semua wilayah dunia, inilah gambar oasis terkeren di dunia

Oasis Timia (Nigeria)



Oasis ini terlihat sangat cantik kan gan?

Oasis Huachachina (Peru)



Di peru oasis sudah menjadi tempat bermukim dan juga tempat wisata.

Oasis Maranhao (Brasil)



Ternyata di Brasil juga ada oasis, tapi belum banyak tumbuhan hijaunya ya.

Oasis Ubari (Libya)



Libya ternyata menyimpan oasis yang keren juga ya gan

Oasis Crescent (China)



Tak mau kalah sepertinya oasis juga ada di China.


Wah ternyata lokasi oasis yang keren bukan di arab sana ya, katanya mereka yang punya gurun hmmm sepertinya sebutan kadal gurun jadi salah sasaran sepertinya?


Referensi klikdan klik

Pic google

sebelahblog
4iinch
catros
catros dan 7 lainnya memberi reputasi
8
3.8K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.