Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

chemical.saptoAvatar border
TS
chemical.sapto
Kasus Bunuh Diri di Manggarai Terus Naik, Apa yang Mesti Dilakukan?
Menurut Jefrin Haryanto, upaya pencegahan terhadap kasus bunuh diri ini menjadi sangat penting untuk segera dilakukan. Sebab jika tidak demikian, pada tahun berikutnya, kasus seperti ini diprediksi akan mengalami peningkatan.

“Kalau kita bicara prediksi, tren-nya ini kan naik, maka tahun 2020 bisa akan lebih tinggi kalau tidak ada pencegahan, ” ujar Jefrin Haryanto.

Lebih lanjut, Jefrin Haryanto mengatakan, dengan merujuk pada tingginya angka kasus bunuh diri di Manggarai ini, sudah seharusnya semua pihak duduk bersama untuk mencari akar persoalannya.

Semua pihak mesti segera mencari tahu bagaimana cara untuk mengatasi persoalan ini. Dengan demikian, kasus bunuh diri ini tidak akan terjadi lagi.

“Semua pihak harus duduk bersama dan harus ada yang menginisiasi dan itu biasanya tugas pemerintah,” kata dia.

Adapun sejauh ini, demikian Jefrin Haryanto mengungkapkan, pihak YMP sendiri telah melakukan berbagai upaya sebagai bagian dari langkah pencegahan atas kasus bunuh diri yang terus terjadi ini.

Salah satu upaya yang telah dilakukan oleh pihak YMP ialah dengan membangun mitra bersama para jurnalis di Kabupaten Manggarai.

Sejauh ini, kedua belah pihak telah menyepakati beberapa hal seperti di antaranya ialah soal penghentian cara penulisan berita kasus bunuh diri yang menjelaskan secara detail proses seseorang melakukan tindakan bunuh diri.

“Kita harus sepakati beberapa rambu-rambu dan etika pemberitaan supaya pemberitaan tidak menjadi pembelajaran bagi orang jangan sampai publik melihat berita sebagai tutorial bunuh diri,” tutur dia.

Selain itu, dalam kaitannya dengan kasus bunuh diri, Jefrin Haryanto juga mengaku bahwa selama ini, para pengguna media sosial di Manggarai masih cukup banyak yang menyalahi kode etik bermedia sosial.


Ketika ada kasus bunuh diri misalnya, ada begitu banyak pengguna media sosial yang memosting foto orang yang bunuh diri secara vulgar di media sosial.

Karena itu, terkait dengan hal ini, Jefrin Haryanto berpendapat bahwa masyarakat Manggarai juga harus mendapatkan pencerahan khusus terkait literasi digital


https://www.dawainusa.com/kasus-bunu...sti-dilakukan/

Makin banyak orang stress
nomorelies
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 2 lainnya memberi reputasi
3
844
8
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.